04/07/12

Daftar Kode Error Canon Ir5000/6000/5570/6570

Mesin Digital pada umumnya telah dilengkapi system memory dimana terdapat semua kode - kode kerusakan yang mengalamatkan ada gangguan pada sensor.CPU pada control utama dan CPU pada controler DC dimana tujuannya untuk mempermudah menganalisa dibagian mana yang sedang mengalami gangguan/kerusakan,berikut adalah daftar kode error serta daerah komponen yg bermasalah.

E- 000
The main thermistor (TH1) has poor contact or an open circuit. The thermal switch (TP1) has an open circuit. The fixing heater has an open circuit. The SSR is faulty. The DC controller PCB is faulty.

E- 001

The main thermistor (TH1) has a short circuit. The sub thermistor (TH2)
has detected overheating. The SSR is faulty. The DC controller PCB is
faulty.

E- 002
The main thermistor (TH1) has poor contact or an open circuit. The thermal switch (TP1) has an open circuit. The SSR is faulty. The DC controller is faulty.

Mode of Detection
0000 The temperature of the upper fixing roller does not reach 100°C within 2 min after it has exceeded 70°C.Caution The error must be reset in service mode (COPIER>FUNCTION>
CLEAR>ERR).


E- 003
The main thermistor (TH1) has poor contact or an open circuit. The thermal switch (TP1) has an open circuit. The fixing heater has an open circuit. The SSR is faulty. The DC controller PCB is faulty.


Mode of Detection
0000 The temperature detected by the main thermistor is 70°C for 2 secor more after it has reached 100°C. Caution The error must be reset in service mode (COPIER>FUNCTION>
CLEAR>ERR).


E- 004
The SSR has a short circuit. The DC controller PCB is faulty.


Mode of Detection
0000 The SSR used to drive the fixing heater is found to have a short circuit (hard circuit detection).Caution The error must be reset in service mode (COPIER>FUNCTION>
CLEAR>ERR).


E- 005
The fixing web has been taken up. The fixing web length sensor (PS45) is faulty. The DC controller PCB is faulty.


Mode of Detection
0000 The length of fixing web that has been taken up is in excess of the specified length.
Caution After replacing the fixing web, be sure to reset the two web counters in service
mode: COPIER>COUNTER>MISC>FIX-WEB and COPIER> COUNTER>DRBL-1>FX-WEB.

E- 010
The main motor (M2) is faulty. The DC controller PCB is faulty.

Mode of Detection
0000 The clock pulses do not arrive for 2 secs or more after the main motor drive signal (MMFG) has been generated.

E- 012
The drum motor (M1) is faulty. The DC controller PCB is faulty.

Mode of Detection
0000 The clock pulses do not arrive for 2 secs or more after the drum motor drive signal (DMFG) has been generated.

System Mekanis Canon Ir






KETERANGAN

[1] Fixing assembly
[2] Fixing web
[3] Feeding assembly
[4] Laser mirror 3
[5] Laser mirror 2
[6] Laser mirror 1
[7] Drum cleaner assembly
[8] Primary charging assembly
[9] Photosensitive drum
[10] Laser mirror 4
[11] Lens unit
[12] Dust-proofing glass
[13] Developing cylinder
[14] Pre-transfer charging assembly
[15] Manual feed pull-out roller
[16] Manual feed feed roller
[17] Manual feed separation roller
[18] Registration roller
[19] Transfer charging assembly
[20] Separation charging assembly

[21] Right deck feed roller

[22] Right deck separation roller
[23] Right deck pickup roller
[24] Right deck
[25] Cassette 3 pickup roller
[26] Cassette 3 feed roller
[27] Cassette 3 separation roller
[28] Cassette 4 pickup roller
[29] Cassette 4 feed roller
[30] Cassette 4 separation roller
[31] Cassette 4
[32] Cassette 3
[33] Left deck
[34] Left deck separation roller
[35] Left deck feed roller
[36] Left deck pickup roller
[37] Fixing lower roller
[38] Internal delivery roller
[39] External delivery roller
[40] Fixing upper roller

Blok Digram Foto Copy Canon Image RUNNER


Gambar Blok Diagram Canon Digital / Ir

Cara Reset Kode Error Canon Ir5000-6000-5570-6570-400-300

Cara Reset

Contoh Kode Error : E-001,E002,E003,E-004,E-005.....dst
Hidupkan Mesin Foto copy
Tekan * 2 ' 8 * (angka 2 dan 8 ditekan bersamaan)
Dilayar Muncul SP Mode pilih "Copyer"
Tekan Function - Clear - Errr lalu akhiri dengan menekan "OK" pada sudut kanan bawah
Matikan dan hidupkan kembali mesin.
Ctt : Jika kode error belum hilang/mesin tidak mau Ready kemungkinan besar ada sparepart yang rusak dan harus diganti. setiap kode error yang muncul memiliki pengkodean di bagian mana yang bermasalah/ada gangguan untuk mengetahui arti setiap kode segera miliki buku service manual nya,lengkap dari penjelasan proses copy,daftar kode kerusakan serta cara perbaikan. Dapatkan Buku Manualnya pada Blog ini...........

Komponen Semi Konduktor Foto Copy

Semi Konduktor Komponen
Dioda Biasa
Dioda terdiri dari positif tipe semi conductor yang dihubungkan ke negatif tipe semi conduktor. dioda hanya dapat melewatkan arus satu arah saja.apabila tegangan yang dihubungkan sesuai dengan tipenya maka arus dapat dilewatkan. apabila tidak maka arus tidak akan dilewatkan.

Dioda Zener

Dioda zener dihubungkan cara kebalikan dari dioda biasa. Dioda normal tidak bisa melewatkan arus jika dihubungkan dengan cara ini, dan mungkin bisa rusak. dioda zener dapat dihubungkan terbalik dan dapat melewati arus, jika voltase ke seberang dioda melebihi suatu nilai tertentu, maka tegangan diuraikan. Setelah tegangan diuraikan, voltase diseberang dioda tidak akan berubah banyak, sekalipun tegangan ditingkatkan. dioda zener dapat digunakan untuk menstabilkan voltase pada suatu sirkuit ( Vz di dalam diagram) tidak melebihi suatu nilai tertentu. Diagram dikanan adalah curva dioda yang khas. Selagi dioda normal beroperasi di bawah tegangan tertentu dan mungkin akan rusak jika tegangan terlewati, dioda zener dimaksudkan untuk beroperasi pada voltase tertentu.

Varistor

Varistor adalah dua dioda zener yang dihubungkan antar punggung. ini bahwa mempunyai maksud tegangan positif dan negatif di uraikan. satu dioda zener hanya dapat menguraikan tegangan negatif. Varistors digunakan untuk tegangan AC. vasitor juga bermanfaat melindungi sirkuit terhadap tegangan berlebih . Contoh di sebelah kanan menunjukkan suatu varistor menghubungkan tombol untuk menghapuskan sparking. Ilustrasi di bawah menunjukan karakteristik double-breakdown kurva varistor.

Laser Dioda

Cahaya alami adalah suatu campuran cahaya dengan panjang gelombang berbeda. Sedangkan berkas cahaya laser terdiri dari cahaya pada panjang gelombang, dan tinggi yang sama semua (puncak dan bawah di dalam gelombang semua bersamaan waktu).

Transistor

suatu transistor berisi dua gabungan antara P(positif) dan N(anegative) dari semikonduktor, dan tiga electroda ( kolektor, basic, dan emitor). Penggunaan umum suatu transistor adalah sebagai tombol, juga digunakan sebagai penguat dan pembetulan. Ada dua jenis transistor yaitu NPN transistor, dan PNP transistor. NPN Transistor adalah yang paling banyak digunakan saat ini.
Diagram di sebelah kanan menunjukkan lambang untuk kedua jenis transistor, konstruksi dan arah arus.

Photo Transistor

Cara kerja phototransistor sama dengan Trainsistor biasa. Perbedaanya transistor ini di aktifkan Dengan cahaya. Dimesin biasa disebut photointeruptor Dan reflective photosensors.

Reflective photosensors

Reflective photosensors adalah sensor dengan cakupan pendek yang terdiri dari LED dan phototransistor. Reflective photosensors bekerja dengan pemantul cahaya dari suatu obyek. Ada dua jenis photosensor yang memantulkan cahaya. Jenis yang paling sederhana ada atau tidak ada suatu obyek menutupi sensor.

ID Sensor

ID sensor adalah suatu aplikasi yang khusus dari reflective photosensor . Ada dua jenis ID sensor yang digunakan sebagai bagian dari sistem proses kontrol di mesin fotocopy.

jenis ID sensor dengan cara pemantulan langsung. disini LED memantulkan langsung ke detector. Ini adalah salah satu dari jenis ID sensor.
Jenis ID sensor dengan cara pantulan lansung dan tetapi tidak terfokus pada detektor saja tetapi juga di pantulkan ke difuse llight Penggunaan sensor jenis ini untuk meningkatkan ketelitian pengukuran sensor dari pola kepadatan toner terutama sekali untuk kuning, cyan, dan warna merah keungu-unguan pada toners.

Photointerrupter


photointerrupter terdiri dari dari LED dan phototransistor yang dipisahkan oleh suatu slot. Sensor mendeteksi ketika suatu benda masuk atau meninggalkan slot. cahaya dari LED mengaktifkan phototransistor, dan arus mengalir dari phototransistor. jika suatu benda masuk ke slot tersebut, cahaya dari LED terhalangi dan tidak bisa menerobos phototransistor membuat sensor aktif atau sebaliknya.photointerrupter biasanya digunakan sebagai detektor posisi benda bergerakkan seperti lensa v dan untuk mendeteksi jalannya kertas.

Termistor

Termistor adalah suatu alat yang mengalami perubahan nilai tahanan dengan temperatur. Termistor dibuat dari suatu semipenghantar atau oksida metal sintered. Kebanyakan jenis mempunyai suatu koefisien suhu negatif yang berkurang ketika terjadi peningkatan temperatur. Termistor digunakan sebagian besar untuk mengukur temperatur pada pemanas agar stabil. Termistor berguna untuk memutuskan hubungan ketika panas yang di inginkan tercapai, dan menyambungkan hubungan pemanas pada saat nilai sudah dibawah yang diinginkan.

Microswitch

Microswitch berfungsi seperti saklar yang biasa kita pakai dirumah, hanya saja berbentuk kecil. Apabila diaktifkan akan terdengan bunyi klick.

Reed Switch

Reed Switch adalah switch yang dioperasikan secara Magnetis, dengan kontak yang dilindungi kapsul kedap Udara. Reed switch diaktifkan dengan mendekatkan magnet. Reed switch bebas dari dari perawatan karena tidak Terpengaruh dengan cuaca.

Thermoswitch atau termal switch atau thermistor

Thermoswitches dibuat dari dua metal berlainan yang secara molekul mengikat bersama-sama. atau disebut bi-metal . Dua metal memperluas dan mengontrak pada tingkat suhu berbeda dengan perubahan pada temperatur. pada temperatur tertentu, kontak akan terbuka. Pada saat suhu lebih rendah, temperatur, kontak akan menutup lagi.

Clutches

Torque limiter sering dipergunakan pada reverse roller Torque limiter berfungsi sebagai penahan reverse roller Agar waktu mesin menarik kertas tidak terjadi penarikan Kertas yang doble. Gerakan torque limiter berlawanan dengan feed roller yang Membuat severse roller menahan lembaran kertas yang dibawah Tertahan dan tetap ada ditempatnya.truktur Torque limiter menggunakan Spring dan atau magnet. Torque limiter yang menggunakan magnet tidak perlu diberi pelumas .

Motor DC

Motor electrik didasarkan pada 2 dasar1.Saat tegangan mengalir sepanjang kawat,maka suatu medan magnet muncul diseliling kawat 2. Ketika dua medan magnet saling mendekat dengan
masing-masing lain, saling menarik atau saling menolak, inilah yang menyebabkan putaran.

Komponen Mesin Foto Copy Bag2

Toner

Toner adalah kombinasi dari plastic resin, wax, Karbon dan partikel-partikel lain yang mempunyai karakteristik magnet.

Developer

Developer biasa juga disebut dengan carier atau stater. Gunanya untuk membawa toner ke drum/photoconductor.

Drum Charge

Di dalam ruang gelap charge corona memberikan tegangan Negatif ke permukaan Drum.

Exposure ( penyinaran )

Bayangan dari original di pantulkan ke drum melalui lensa yang membuat drum menghilangkan tegangan negatif.Pada bagian yang terkena sinar. Sedangkan yang tidak terkena sinar tetap mengandung tegangan negatif.

Erase ( penghapusan )

Penghapusan tegangan yang ada di Drum pada bagian yang tidak terpakai.

Development ( pembuatan )

Developement mengirimkan toner ke Laten image di drum yang Membuat drum mengandung toner.

Image Transfer ( pengiriman bayangan )

Bayangan yang ada di Drum di tranfer ke kertas yang telah diberikan tegangan negatif yang sangat tinggi sehingga bayangan yang ada di drum ada di kertas.

Cleaning ( pembersihan )

Karet pembersih membersihkan sisa toner yang ada di drum agar drum dapat dipergunakan kembali.

Quenching ( penetralan )

Lampu menyinari drum agar sisa sisa tegangan yang ada drum hilang dan membuat drum menjadi netral.

Komponen Mesin Foto Copy Bag1

Komponen Dasar Foto Copy

Exposure Lamp

Halogen Lamp

Lampu Halogen adalah lampu yang diisi dengan gas halogen ( yodium atau brom). Gas Halogen menekan penguapan kawat pijar yang menggunakan suatu proses regenerasi bahan kimia yang disebut “ perputaran halogen”. Halogen Lampu mempunyai umur efektif yang panjang dan keluaran cahayanya kuat.

Karakteristik Lampu Halogen

Distribusi spectrometric luas
Tingkatan Kekuatan penerangan tinggi
sinar stabil dari temperatur sumber cahaya dan hanya terjadi perubahan yang kecil
umur lampu yang panjang
Konsumsi Listrik besar
Keluaran Panas besar

Fluorescent Lamp

Fluorescent lamp adalah tabung kaca tertutup yang mempunyai electroda pada masing-masing ujungnya. pada permukaannya dilapisi suatu material mengandung fosfor. Tabung diisi dengan gas argon ( atau argon/krypton gas) yang dicampur dengan sejumlah kecil uap air raksa. Pada saat tegangan tinggi dialirkan maka electroda bereaksi, dan busur cahaya terbentuk dan mengionisasikan uap air air raksa . Air raksa yang terionisasi memancarkan radiasi ultra ungu, lalu membentur dinding kaca dan mengaktifkan fosfor pelapis, yang menyebabkan munculnya cahaya.

Karakteristik

Cahayanya tidak terlalu terang.
Hasil pemanasan dari kawat pijar.
Untuk penerangan jangka pendek.
Lapisan fosfor yang menentukan keluaran warna dari lampu tersebut.
Intensitas perubahan kekuatan penerangan tergantung pada temperatur tabung.
Kekuatan penerangan tidak seimbang pada bagian ujung tabung, maka memerlukan plat pembungkus.

Xenon Lamps

Lampu xenon adalah tabung lampu yang diisi dengan gas xenon. Ketika voltase dialirkan ke seberang terminal lampu, gas xenon diionisasikan dan arus mengalir sepanjang gas dengan pemacaran rendah. Terminal tidak harus dipanaskan dulu. tidak sama dengan lampu pendarfluor. Ada banyak macam lampu xenon. Lampu Xenon banyak digunakan pada mesin digital. output yellowish-green cahaya dengan puncaknya pada 543 nm. Lampu Xenon digunakan juga pada mesin copy warna. seperti lampu fluorescence juga yaitu memanfaatkan lecutan gas untuk menghasilkan cahaya putih.

Karakteristik

Cahaya tidak terlalu terang
Lebih murah dibanding fluorescent atau lampu halogen
Umurnya lebih panjang dan tidak mempunyai umur penggantian.
Panas rendah sehingga tidak memerlukan pendingin
Lebih ringkas dibanding fluorescent lamps .


LED Arrays


LED (light emitting diode) nama menyiratkan, suatu LED adalah suatu dioda yang memancarkan cahaya dengan arus listrik kecil . yang Biasanya digunakan sebagai alat indikator, tetapi mereka dapat juga digabungkan menjadi suatu array dan digunakan sebagai suatu sumber cahaya.


Karakteristik


LED array dapat di hubungkan dengan kable
Agar dapat diaktifkan masing masing atau per blok untuk menyediakan cahaya yang Presisi. LED array sangat berguna jika kita mebutuhkan Componen yang kompak.

Cara Perbaiki hardisk canon ir5000/6000/6020/4570/5070/6570 dll

Erorr E- 602 -001 s/d 004 adalah pengalamatan permasalahan pada hardsik canon seri ImageRunner atau yang biasa disebut IR. namaun masalah ini dapat dikenali dengan dua kemungkinan kerusakan dimana pertama kerusakan fisik pada hardisk dan yang kedua kerusakan pada isi/sistem pada hardisk. untuk memeperbaiki masalah ini kita bisa lakukan dengan menggunakan program dari canon yaitu SST (service Support Tools).program ini dapat mengontrol semua data didalam hardisk.dapat menggcopy isi hardisk dan membackup pada Pc kemudian di Restore kembali pada Hardisk yang baru. berikut cara menggunakan Program SST canon.

Instal Program SST pada Pc
Jalankan Program SST



3.Hubungkan Mesin dengan komputer dengan menggunakan kabel Rj-45 atau paralel
4. Seting pada mesin mode "Download mode". clik conect lalau pilih download.
tunggu proses hingga selesai.

Butuh Program SST dapat dipesan Di - 0852 1820 5183

Cara cloning/perbaiki hardisk canon ir 5000.6000.5020.6020 dll - bag2

Dikarenakan bayak pertanyaan yang masuk ke E-mail maupun sms yang masuk dari rekan teknisi maupun para pengguna mesin yang berkunjung ke web ini. yang menayakan bagai mana kejelasan dari cara cloning/gandakan hardisk mesin foto copy agar bisa dibuat sebagai hardisk cadangan jika nantinya rusak.Maka dalam kesempatan yang baik ini kita akan membahas jelas cara kerja hingga selesai.

Lepas hardisk yang masih bagus/normal dari mesin foto copy

Sediakan hardisk kosong dengan kapasitas 20GB usahakan jangan ada yang badsector,format hardisk dengan satu partisi saja.

Hubungkan hardisk yang baru/kosong ke komputer,dapat menggunakan kabel yang untuk cd room dilepas sementara.jika sudah terhubung dengan benar komputer akan mengenali hardisk dengan 1partisi.


Hardisk Yang Kosong di hubungkan ke komputer dengan memakai kabel IDE CD ROM
Hubungkan Hardisk asli yang dari mesin dengan menggunkan kabel converter IDE to USB.jika sudah terhubung dengan benar maka akan tampil 4 partisi dari hardisk mesin,tetapi isi dari hardisk tidak akan bisa dilihat langsung karena sistem pada hardisk akan diprotek/dikunci oleh canon sehingga tidak dapat dilihat isinya kecuali dengan menggunakan program khusus./MASTER CLONE



Kabel Converter Hardisk To Usb

Buka program MASTER CLONE,didalam program akan tampil 4 partisi yang dari hardisk mesin dan 1 partisi dari hardisk yang kosong ,lalu lakukan langkah selanjutnya dan tunggu proses clone/duplikasi sampai selesai.proses copy memakan waktu 8 menit.


Setelah complit,selesai sudah proses duplikasi matikan komputer dal lakukan uji coba hardisk yang baru di clon pada mesin.


* . Program Master Clone Dapat di Pesan Pada Web ini atau di line - 08520 18200 5183
*. Program lengkap dengan buku panduan pemakaian yang detail.




" Back up sekarang hardisk Mesin foto copy anda sebelum bawaan mesin rusak,membuat backup lebih untung/lebih murah dari pada kita beli HDD yang sudah jadi, atau buat rekan teknisi yang ingin jual hardisk sendiri. dapat menggunakan program ini yang khusus menagani hardisk mesin foto copy canon seri IR.







Gambar hardisk canon Ir 5000-6000-5020-6020



Ganbar hardisk 4570-5070-5570-6570

Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total

Bagi Anda yang mempunyai Printer Canon IP 1980, mungkin suatu saat akan mengalami pinter yang Anda pakai tidak bisa langsung mencetak dokumen, lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”.



Solusi sementara yang mungkin Anda lakukan adalah menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Untuk sementara Anda bisa mencetak dokumen, tetapi kejadian ini terus berulang dan bahkan mungkin sampai printer tersebut hanya menampilkan lampu indikator yang nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekali.

Kondisi tersebut sebenarnya umum terjadi pada printer inkjet. Pada printer tersebut terdapat tempat pembuangan tinta atau biasa disebut waste ink tank, didalam tempat pembuangan ini terdapat bahan semacam busa (ink absorber) untuk menyerap tinta buangan dari Catridge, misalnya ketika printer melakukan proses cleaning head.

Untuk mencegah melubernya tinta buangan tersebut, maka pihak pabrikan membuat semacam counter yang akan menghitung jumlah print out dari printer, ketika telah mencapai batas tertentu itulah kondisi “waste ink tank full” atau “ink absorber is full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan dengan cara mereset printer secara manual atau dengan menggunakan tool resetter printer. Kekurangan dari mereset printer secara manual yaitu ketika listrik mati akan terjadi lagi kondisi “ ink absorber full” atau semacamnya dan printer harus di-reset kembali.

Dalam artikel ini saya akan coba berbagi pengalaman tentang cara mereset Canon IP1980 secara total dengan cara manual dan dilanjutkan dengan menggunakan tool resetter sehingga printer bisa normal kembali.

Cara Reset Canon IP1980 Secara Total
Download terlebih dahulu General Tool Canon IP1900 series, Anda bisa mendownloadnya disini
Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
Lepaskan kedua tombol.
Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar dibawah.

Setelah printer terdeteksi, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.

Sekarang Anda telah melakukan reset Canon IP1980 secara total. Untuk mencobanya silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi, klo Anda berhasil maka printer akan kembali normal dan bisa dipake untuk ngeprint kembali tanpa terganggu pesan error seperti diatas

Tips & Trik Mengatasi Gangguan Koneksi Oleh Mikrotik

Sebelumnya pasti banyak yang bingung akan mikrotik, kami sampaikan dulu logikanya, ” misalnya anda bermain di Game Station atau istilah kerennya Game Online , nah sewaktu anda ingin mendownload file lagu atau film, kecepatan dari internet hanya 200kb/mbps.” Semua itu terganggu oleh mikrotik yang membatasi kecepatan internet. Pastinya ingin koneksinya stabil tanpa ada batasan dari mikrotik. Ingin tau caranya?? Langsung saja kepada tahapnya :
Bukalah New Terminal atau anda bisa menggunakan winbox. Dan kemudian cobalah lihat source berikut ini :


/ip firewall filter
add chain=forward src-address=10.10.10.0/24 protocol=tcp content=.mp3 action=add-dst-to-address-list address-list=downloads address-list-timeout=01:00:00


Penjelasan :
IP addres 10.10.10.0/24 adalah IP untuk klien, untuk semua IP yg melewati protokol TCP yg berekstensi *.mp3 yg ada di addres list mikrotik akan terkena rule, istilahnya kena sorot dari mikrotik lah .

Timeout menunjukan waktu 1 menit,terserah mau dirubah keberapa digit, tapi kalau bisa pakai standarnya saja.
Untuk content ekstensi, temen-temen bisa tambahin dan bikin rule lagi,

Contohnya : *.iso,*.mp4, *.rar, *.zip, *.flv, *.mpeg dan lain-lain, tapi ingat jangan buat ke *.html ya.
Untuk yang kedua silahkan kita lihat Source berikutnya :

/ip firewall mangle add chain=forward protocol=tcp src-address-list=downloads action=mark-packet new-packet-mark=download-paket


Penjelasan :
Ini artinya semua paket yg ada di rule pertama tadi akan di sorot dan dipisahin oleh mikrotik untuk siap-siap dilimit di queue nya.
Nah ini yang terakhir dan paling penting, kita lihat lagi Source kode untuk yang terakhir ini :

/queue simple add name=download-files max-limit=64000/64000 packet-marks=download-paket


Penjelasan :
semua paket yg di mark tadi dilimit hanya 64 Kbps saja,di mikrotik ukurannya per bits, jadi dimasukin angka 64000 atau 64K.
Untuk lebih maksimal dan bisa memonitor trafic, target IP addressnya di isi per IP aja.

Nah saya rasa semua sudah bisa mengerti logikanya. Hanya tinggal implementasi saja. Semoga berguna buat semua pengunjung fastncheap.
Jika Ingin bergabung di Komunitas Group BBM FastNcheap yang di buat oleh penulis, dapat di scan barcode di bawah ini. Di harapkan bisa menjadi sarana tukar informasi seputar berita-berita TI
.

Membuat Jaringan Komputer Sederhana (virtual) dengan Virtual Box

VirtualBox adalah aplikasi virtual mesin yang memungkinkan Anda untuk menginstall Sistem Operasi (SO) lain, dan dijalankan bersamaan di atas sistem operasi induknya. VirtualBox adalah aplikasi open source keluaran Sun MicroSystem (sekarang diakuisisi oleh Oracle) yang ditargetkan untuk Server, desktop dan penggunaan embedded.


Selain digunakan untuk mencoba aplikasi OS lain, virtual box juga bisa digunakan untuk membuat virtualisasi jaringan komputer sederhana.

Dalam artikel ini penulis akan membahas bagaimana langkah-langkah membuat jaringan komputer sederhana (virtual) dengan Virtual Box, sebelum memulai langkah, kita harus menginstal dulu aplikasi virtual box, caranya ada di artikel ini, (catatan = penulis menggunakan host Mac OS X, guestnya Windows XP dan Linux Ubuntu 10.10), kemudian setelah itu kita merencanakan bagaimana model jaringan yang akan kita buat, penulis akan memberi contoh sebagai berikut untuk model jaringannya.



sebagai komputer induk yaitu komputer yang ber-OS MacOS X, kemudian guestnya yaitu sistem operasi Windows XP dan Ubuntu 10.10.

kita langsung mulai saja bagaimana langkah-langkahnya membuat jaringan komputer sederhana dengan model diatas.
Jalankan aplikasi virtual box anda


Pilih setting, kemudian pilih network, ganti piliha Attached to menjadi Bridged Adapter (lakukan di kedua guest, XP dan Ubuntu)




Kemudian buat wireless add-hoc di komputer host




Atur penomeran IP seperi contoh pada gambar model


Jalankan komputer guest, Windows XP dan Ubuntu


Masuk ke guest XP, atur IP guest XP dengan cara Control Panel -> Network Conncetion -> klik kanan pilih properties padanetwork yang sedang aktif -> pilih TCP/IP




Atur IP guest XP sesuai dengan model.


Cek koneksi jaringan dengan cara buka Command Prompt, terus ketikkan ping ip dari host Mac OS. Jika sukses maka akan muncul pesan sebagai berikut.


Sukses! Buat yang windows XP, sekarang waktunya konfigurasi guest Ubuntu.
Masuk ke System -> Preferences -> Network Configuration


Pilih wired, kemudian Auto Ethernet, lalu pilih tombol Edit


Atur IP guest Ubuntu sesuai dengan gambar model.


Oke, konfigurasi selesai, saatnya mengecek sukses atau tidak, dengan masuk ke terminal, kemudian ping IP ke host Mac OS atau ping ke guest Windows XP.




Done!, untuk mengecek keseluruhan jaringan, maka kita ping dari satu ke yang lainnya.







Jadi, virtual box banyak sekali manfaatnya, salah satunya tutorial diatas, yaitu membangun jaringan sederhana, daripada kita beli PC / laptop secara fisik hanya untuk belajar jaringan, dengan virtual box kita tidak mengeluarkan sepeser uang pun untuk belajar jaringan sederhana karena Virtual Box juga berlabel freeware alias software gratis. Selamat Belajar

Memperbesar Virtual Memory Pada Windows 7

Beberapa waktu yang lalau ada yang beratanya melalui YM bagaimana cara memberbesar pada Windows 7? Sebenarnya pada artikel terdahulu kami pernah membahas bagaimana membuat virtual memory pada Windows XP, tetapi karena pengoprasiannya sedikit berbeda, tidaka ada salahnya kami akan membuatkan panduannya di sini.



Berikut ini adalah langkah demi langkah cara memperbesar virtual memory pada Windows 7:
Pertama, buka Windows Explorer.
Setelah jendela explorer terbuka, klik tombol System Properties yang terletak di sebelah tombol Organize pada bagian kiri atas. (Dua langkah pertama ini bisa digantikan dengan menekan tombon Windows + Pause Break pada keyboard).

Selanjutnya, klik tombol Advanced system settings.

Pada bagian tab Advanced, cari bagian performance dan klik tombol Settings.
Klik tab Advanced sekali lagi dan pada bagian Virtual Memory klik tombol Change.
Hilangkan tanda (Check Box) pada bagian Automatically manage paging file size for all drivers.
Pada bagian Custom size masukkan kapasitas yang dipakai untuk Virtual Memory. Kapasitas memory yang normal digunakan adalah Initial size berkapasitas 2 kali memory internal dan 4 kali lipat dari internal memory pada bagian maxumim size. Sebagai contoh, jika RAM pada komputer/notebook anda berkapasitas 1GB maka maka sebaiknya anda setting 2GB pada Initial size dan 4 kali lipat pada bagian Maximum size.

Setelah anda mengisi besarnya memory virtual, klik tombol Set dan lanjutkan dengan klik tombol OK. System kadang meminta anda untuk merestart komputer dan coba restart komputer anda.

Perlu diketahui, jika memory internal anda memang terlalu kecil, jauh dari kapasitas normal jangan berharap banyak kalau trik ini bisa membantu anda mempercepat kinerja komputer. Trik ini bekerja apabila komputer anda masih berjalan normal dan membutuhkan sedikti tweaking. Jika menginginkan komputer/notebook anda bekerja lebih cepat lagi, membeli internal memory adalah pilihan terbaik.

Selamat mencoba dan perkaya wawasan anda tentang dunia IT dengan membaca artikel di FastNCheap Blog.

Memeriksa Kondisi Hardisk dengan Aplikasi HD Tune

Hardisk merupakan komponen yang harus mendapat perhatian lebih pada sistem komputer. Baik atau buruknya kinerja hardisk akan sangat mempengaruhi performance komputer secara keseluruhan. Dalam artikel ini saya akan men-share tentang cara memeriksa kondisi hardisk komputer menggunakan aplikasi HD Tune Hardisk Utility. Aplikasi HD Tune dapat Anda download dari situsnya di www.hdtune.com.



Pada aplikasi HD Tune ini terdapat 4 menu utama yang dapat kita gunakan untuk memeriksa kondisi hardisk, yaitu:


Benchmark, digunakan untuk mengukur kinerja hardisk
Info, menampilkan informasi lebih detail dari hardisk
Health, memeriksa status kesehatan hardisk dengan memanfaatkan fitur SMART
Error Scan, memeriksa ada tidaknya error atau bad sector dengan malakukan scan disk.

1. Benchmark Hardisk

Membenchmark hardisk bertujuan untuk mengukur kinerja hardisk . Dalam menu benchmark ini kita dapat mengetahui transfer rate, acces time, burst rate dan CPU Usage. Untuk memulai mem-benchmark hardisk, klik tab Benchmark dan klik Start, tampilannya kurang lebih seperti berikut:


Transfer Rate adalah kecepatan hardisk mengirimkan data ke komputer atau bisa juga disebut sebagai kecepatan baca hardisk. Kecepatan baca diukur dalam megabyte per detik (MB / detik). Kecepatan maksimum dan minimum rata-rata ditampilkan di sebelah kanan. Garis biru pada grafik menunjukkan kinerja membaca seluruh disk.
Acces Time, yaitu waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut. Waktu akses rata-rata diukur dan ditampilkan dalam milisecon (ms). Acces Time pada grafik ditampilkan sebagai titik-titik kuning dimana semakin kecil nilainya menunjukkan kinerja hardisk yang semakin baik.
Burst Rate, adalah kecepatan tertinggi (dalam megabyte per detik) di mana data dapat ditransfer dari interface drive (misalnya IDE, SATA atau SCSI) ke Sistem Operasi.
CPU Usage, menunjukan berapa banyak waktu yang dipakai oleh CPU (dalam %) untuk membaca data dari hardisk.

Dibawah ini adalah contoh ketika menjalankan benchmark pada hardisk yang sudah rusak, terlihat bagaimana kecepatan transfer turun menjadi hampir nol di beberapa titik selama pengujian.



2. Mengetahui Informasi Detail Hardisk

Untuk mengetahui informasi detail dari hardisk dapat kita lihat pada tab Info. Beberapa informasi seperti partisi pada hard disk, firmware version, nomor seri, kapasitas hardisk dan lain sebagainya dapat kita peroleh seperti pada gambar dibawah.



3. Mengetahui Kondisi Kesehatan / Health Status Hardisk

Kondisi kesehatan hardisk dapat kita ketahui pada tab Health. Fungsi ini memanfaatkan fitur SMART (Self Monitoring Analisis and Reporting Teknologi) . Contoh status kesehatan hardisk dapat dilihat pada gambar dibawah.



Dalam table terdapat berbagai parameter yang diukur, termasuk temperatur hardisk saat ini. Untuk temperatur hardisk sebaiknya dibawah 50 derajat celcius dan tidak boleh melebihi 60 derajat celcius. Disini juga kita bisa mendapatkan informasi tentang power on time atau work time hardisk, dalam gambar diatas hardisk saya ternyata sudah beroperasi selama 11518 jam.

4. Mengecek adanya Error pada Hardisk

Hal terakhir yang dapat kita lakukan dengan aplikasi HD Tune ini adalah melakukan Scandisk untuk memeriksa terdapat tidaknya error atau bad sector pada hardisk. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal jalankan Error Scan dengan meng-uncheck opsi quick scan. Apabila terdapat error atau bad sector pada permukaan disk, akan ditandai dengan adanya blok berwarna merah seperti pada gambar dibawah.



Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana cara mengetahui kondisi hardisk komputer dengan menggunakan aplikasi HD Tune Hardisk Utility. Dengan aplikasi ini setidaknnya dapat memberikan gambaran kepada kita kondisi hardisk saat ini, apakah masih layak atau sudah saatnya diganti baru. Selamat mencoba…

Hitung Kecepatan USB Flashdisk Anda Dengan USBFlashSpeed

Sudah menjadi pengetahuan yang umum bahwa Flashdisk adalah media penyimpanan yang bisa dibilang sudah menjadi sangat populer saat ini untuk menyimpan portabilitas, keamanan data, file-file penting, serta praktis dan kecepatan yang ada pada FlashDisk menjadikannya sebagai device andalan.



Tapi, tidak semua Flashdisk yang kita temui mempunyai kecepatan yang sama dan di atas rata-rata. Salah satu cara untuk mengetahui kecepatan USB adalah melalui Aplikasi USB FLashSpeed yang akan kami paparkan berikut ini.

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi ini tidak cuma untuk menguji seberapa cepat read dan write USB flashdisk yang anda punya, tapi juga bisa di manfaatkan untuk untuk mencari tahu perbandingannya dengan device lain secara tidak langsung atau pun secara online melalui situs http://usbflashspeed.com/. Pada halaman Index anda bisa melihat beberapa Merk FlashDiks yang sudah di test dan memiliki peringkat kecepatan.



Bagaimana cara melakukannya? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Sebelumnya, Download dahulu program yang akan kita butuhkan. Arahkan Browser ke http://usbflashspeed.com/static/FlashBench.zip.
Ekstract file ZIP yang sudah Anda download tadi, jalankan aplikasi yang bernama FlashBench.exe.


Pada pilihan menu combo box dibagian sebelah kiri atas, Anda bisa memilih Drive mana yang akan anda uji (jika belum ada list nama flash disk anda, anda bisa menekan pilihan refresh list.. secara otomatis nama dan data-data dari device anda akan terbaca).
Klik Tombol Benchmark untuk memulai pengujian FlashDisk Anda. Perlu diketahui juga, bahwa test ini akan dilakukan secara bergantian secara ber-urutan. Dan jika sudah selesai, akan muncul hasil test yang berbentuk grafik diagram. PS: disarankan sewaktu melakukan pengujian FlashDIsk, anda tidak melakukan kegiatan apa-apa di komputer/laptop anda, termasuk menjalankan atau sekedar membuka aplikasi.
Untuk mengirimkan hasil pengujian ke website resmi USBFlashSpeed, sebelum melakukan pengujian berikan tanda centang pada pilihan Send Report.
Jika keluar Link yang di berikan dan anda membukanya, maka hasil test anda sudah masuk ke dalam website FlashSpeed dan siap bertarung kecepatan dengan yang lainnya di kancah Internasional.

Tertarik untuk beradu kecepatan USB di kancah Internasional? Jika tertarik baca artikel ini sekali lagi dan praktekkan di rumah anda. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di FastNCheap Blog
.

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca




Flashdisk yang tidak terbaca saat kita masukkan ke port di komputer merupakan masalah klasik. Bukan sesuatu hal yang baru. Tak jarang, sewaktu kita sudah membawa flashdisk ke warnet untuk mengeprint data yang ada didalamnya, tetapi flashdisk tidak dapat dibaca.

Tentu itu sangat mengesalkan. Apalagi, saat akan melakukan presentasi dari file yang ada didalam flashdisk, dan ternyata flashdisk tidak terbaca. Bukan hanya kesal, tetapi juga bercampur panik karena situasi yang mendesak.

Flashdisk yang tidak terbaca biasanya ditandai dengan tidak munculnya warning “removable hardware” di taskbar (sebelah kanan bawah) tampilan monitor anda. Atau dengan kata lain pada system tray. Kadang ada pula yang ikonnya telah muncul, tetapi ketika diklik muncul jendela baru yang memberikan pesan error, dan sebagainya.

Jika flashdisk tidak terbaca tidak akan muncul drive USB (Universal Serial Bus) baru dibawah drive my computer ketika kita membuka windows explorer. Biasanya, masalah mengenai tidak terbacanya flashdisk ini dijumpai pada PC yang memiliki daya sistem yang tinggi (salah satunya RAM) sehingga menganggu proses pembacaan eksistensi perangkat yang baru.

Berikut adalah masalah-masalah yang ditemukan dalam pendeteksian dan pembacaan flashdisk, tetapi pastikan terlebih dahulu yang rusak bukanlah flashdisk itu sendiri, melainkan drive USB yang terdapat dalam suatu PC.

Masalah yang paling lazim terjadi adalah konflik sistem pada hardware, konflik pada hardware tersebut menimbulkan kerusakan dalam proses pembacaan flashdisk. Pada kasus ini, flashdisk terdeteksi oleh PC tetapi tidak bisa dibaca. Cara untuk mengatasinya :
Colokkan flashdisk pada port
Restart komputer
(Jika masih tetap tidak terbaca) uninstall USB drive
Bukalah My Computer
Klik Control Panel
Klik sistem
Jika sistem sudah terbuka, perhatikan tab hardware
Klik device manager dan carilah tulisan “Universal Serial Bus Controller”
Jika anda melihat hardware berwarna kuning, klik hardware tersebut
Klik “uninstall”
Lalu restart kembali komputer anda

Biasanya setelah cara diatas dilakukan, flashdisk anda dapat dibaca kembali. Dan apabila setelah cara diatas telah dilakukan namun tidak menunjukkan hasil apapun, kemungkinan besar itu adalah kerusakan hardware. Kerusakan hardware dapat ditimbulkan oleh banyak sebab, tapi faktor utama yang menyebabkan kerusakan hardware adalah mencabut flashdisk secara langsung dari komputer. Banyak orang yang ingin cepat dan praktis menyepelekan Safety Remove USB dan melakukan hal (mencabut flashdisk secara langsung, tanpa konfirmasi dari PC) tersebut, padahal Safety Remove USB adalah sesuatu hal yang penting untuk mencegah kerusakan hardware.



Jenis kerusakan lain adalah, saat flashdisk diklik akan muncul sebuah jendela baru yang meminta kita untuk mem-format flashdisk tersebut. Satu-satu jalan untuk tetap memakai flashdisk tersebut adalah mem-format flashdisk tersebut, walaupun harus mengorbankan data yang ada didalamnya.

Menganalisa Kerusakan Laptop



Menganalisa kerusakan laptop membutuhkan kejelian dan kesabaran. Jangan terburu-buru memutuskan sebelum melakukan cek secara keseluruhan kondisi laptop anda. Berikut ini adalah beberapa permasalahan laptop yang sering terjadi :

Mati atau Power Failure

Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda. Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.

Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.

Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.

Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.

Masalah Pendinginan Laptop

Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.

Masalah Port dan Konektor Power

Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.

Semoga bermanfaat!

Posting Lebih Baru Posting Lama

Blogger templates

sponsor