09/26/12

Cara Membuat Deterjen Cair Untuk Laundry


Setelah tulisan sebelumnya membahas tentang cara membuat deterjen cair (rinso), maka kali ini saya posting bahan untuk memperkaya pemahaman tentang cara membuat deterjen dari sumber dan materi yang lain. Beda bahan bukan jangan membuat anda bingung, tetapi jadikan ini untuk memperkaya wawasan tentang sabun deterjen bagi teman2 yang ingin mendalami bidang yang satu ini. Khusus buat pengusaha laundry (binatu), membuat deterjen yang ekonomis tetapi bermutu tinggi adalah idaman. Jadi selamat mencoba..

Deterjen adalah jenis sabun digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Sabun deterjen yang efektif untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari logam seperti sendok, garpu dan wajan. Deterjen bisa dalam bentuk bubuk (deterjen bubuk). Bila dilarutkan, deterjen bubuk bisa menjadi deterjen cair.

Kuantitas bahan dalam rumus berikut ini cukup untuk menghasilkan satu kilo deterjen cair. Ini adalah salah satu resep pilihan untuk membuat deterjen. Semua bahan-bahan ini tersedia di toko-toko menjual bahan kimia .

Bahan-bahan:

Qty (gram) %
SLES 80-130 8-13
CDEA 50 5
STPP 30 3
Garam atau natrium klorida (NaCl) 5-10 0.5-1
wangi lemon 5-8 0,5-0,8
air 772-830 77,2-83
Jumlah 1000 gram 100%

Difficulty: Medium.
Cara Membuat Deterjen Cair.


Things You Need:
Sendok teh.
Gelas Silinder
Stainless steel
wadah dan mixer listrik.
Pengaduk kayu
Mangkuk atau ember kecil.

Prosedur
Ambil silinder yang bisa menampung 80-130g SLES. Ukur juga 772-830g air .
Masukkan SLES dalam gelas dan tambahkan sedikit air. Aduk SLES dengan baik sampai tercampur sempurna..
Tambahkan CDEA 50g ke SLES. Aduk dengan pengaduk .
Lanjutkan mengaduk campuran sampai menjadi krim. Tambahkan air perlahan-lahan untuk mencegah campuran dari berbusa sambil diaduk .
Sementara itu, larutkan 30g STPP dalam jumlah kecil air. Aduk rata dan sisihkan.
Jika campuran CDEA-SLES sudah kental, masukkan ke ember kecil atau wadah stainless steel. Tambahkan jumlah sedikit air sambil diaduk terus menerus .
Pindahkan campuran ke mixer. Ketika campuran sudah berbusa, tambahkan STPP terlarut perlahan-lahan sambil terus diaduk. .
Larutkan garam dalam jumlah kecil air. Tambahkan ke campuran utama dan perlahan disatukan semuanya. .
Selanjutnya, tambahkan 5-8ml pewangi lemon sebagai pewangi .
Lanjutkan pencampuran sampai campuran mengental. Pisahkan. .
Setelah mengental, tuangkan campuran ke dalam wadah bersih dan sisihkan selama sekitar 2 jam .
Bila tidak ada busa lagi, tuangkan deterjen cair ke dalam botol yang bersih .
deterjen cair dapat digunakan setelah 24 jam.Deterjen cair untuk LAUNDRY

Sabun cuci cair bisa digunakan untuk mencuci seperti pada umumnya dan bisa digunakan untuk deterjen di mesin cuci. Itulah mengapa disebut sabun cuci.

Dalam campuran ini, jumlah bahan yang akan digunakan adalah makanan untuk 2 liter sabun cuci cair. Bahan-bahan:


Qty (ml) %
Minyak kelapa 1000 50
Cairan ley 560 28
EDTA 5 0,25
air 428-432 21,4-21,6
CDEA 1-2 0,5-0,1
Lemon minyak esensial 2-5 0,1-0,25
Jumlah 2000 ml 100%
Peralatan:
Timbangan
Ember
Baskom atau ember besar
Stainless steel wadah dan mixer listrik
Kompor
Termometer
Pengaduk
botol plastik (untuk wadah sabun cuci cair)

Prosedur:

A. Membuat Cairan Lye - Proporsi satu solusi berkonsentrasi ley liter:. 45% atau kalium kaustik 450ml dan 55% atau air 550ml
Timbang kalium kaustik 450ml akurat dan larutkan dalam air 550ml ini. Aduk dalam ember. Ini adalah solusi ley .
Tempatkan ember dengan larutan alkali pada ember besar berisi air panas sehingga cairan ley menjadi sedikit hangat. Biarkan dingin .

B. Membuat Sabun:
Campurkan satu liter minyak kelapa dan solusi alkali 560ml dalam wadah stainless steel dari mixer listrik .
Ketika campuran sudah sedikit dicampur, transfer kontainer steel untuk kompor. Lanjutkan pencampuran sementara campuran direbus atau sampai suhu mencapai 180 ° F. Matikan kompor untuk mempertahankan 180 °F .
Sementara itu, campuran EDTA dengan sedikit air dalam wadah terpisah. Kemudian menambahkan ini ke campuran di atas kompor . Perlahan-lahan tambahkan
428 untuk 432ml air mendidih ke dalam campuran sambil diaduk terus menerus .
Lanjutkan mengaduk campuran selama satu jam sampai menjadi jelas .
Biarkan 10-15 menit lalu menambahkan CDEA. Bahan CDEA membuat sabun menghasilkan busa lebih banyak.
Tambahkan 2-5ml aroma lemon sabun cair. Aduk rata .
Ketika semua bahan sudah dicampur, matikan kompor dan mixer listrik. Hapus wadah stainless steel dari kompor dan biarkan sabun cuci cair dingin sendiri..
Ketika sudah dingin, tuangkan sabun ke dalam botol plastik. Sebelum menggunakan sabun, sisihkan untuk beberapa waktu untuk membiarkan soda kaustik kehilangan efeknya. Sabun cuci cair sekarang siap untuk digunakan

Membuat Deterjen Cair

Cara Membuat Deterjen Cair

Sabun pertama yang diproduksi pada zaman kuno melalui berbagai metode, paling sering dengan lemak mendidih dan abu. Para arkeolog menggali situs di Babel kuno telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa sabun tersebut digunakan sejauh 2800 SM Pada abad kedua Masehi, bangsa Romawi membuat sabun secara teratur, yang mereka mungkin sudah mulai menghasilkan bahkan lebih awal.

Di Eropa, penggunaan sabun menurun selama Abad Pertengahan. Namun, pada abad kelima belas, penggunaan dan pembuatan telah kembali, dan sabun minyak zaitun berbasis diproduksi di Castile, Spanyol, sedang dijual di banyak bagian dunia yang dikenal. Castile sabun, yang masih tersedia saat ini, tetap mempertahankan reputasinya sebagai produk berkualitas tinggi.

Selama periode kolonial dan abad kedelapan belas, orang Amerika membuat sabun sendiri di rumah, di mana sebagian terus menghasilkan sampai pembuatan sabun bergeser jauh dari rumah individu menjadi suatu industri selama 1930-an. Deterjen pertama, atau sabun buatan, diproduksi di Jerman selama Perang Dunia I. Pada tahun 1946, deterjen dibangun pertama kali muncul, yang terdiri dari surfaktan (permukaan-bertindak agen atau sabun) dan pembangun (bahan kimia yang meningkatkan kinerja surfaktan serta rendering proses pencucian lebih efektif dengan cara lain). Mendorong bersama dengan kemakmuran ekonomi dan pengembangan mesin cuci relatif murah setelah Perang Dunia II, penjualan deterjen melonjak; dengan 1953, mereka telah melampaui penjualan sabun di Amerika Serikat.
Bahan Baku

Meskipun orang sering sebut deterjen sebagai “sabun,” itu sebenarnya merupakan kombinasi sintetis yang berfungsi seperti sabun, dengan perbaikan besar tertentu. Sabun membersihkan karena setiap molekul sabun terdiri dari rantai hidrokarbon dan gugus karboksilat (asam lemak) yang melakukan dua fungsi penting. Akhir karboksilat dari molekul sabun adalah hidrofilik, yang berarti bahwa ia tertarik pada air, sedangkan ujung hidrokarbon dari molekul bersifat hidrofobik (ditolak oleh air) dan menarik untuk minyak dan lemak dalam kotoran. Sementara ujung hidrofobik molekul sabun menempel pada kotoran, akhir hidrofilik menempel pada air. Kotoran yang menempel pada akhir karboksilat molekul secara kimia diseret dari pakaian dibersihkan dan ke dalam air cuci. Benar mengagitasi dan membilas pakaian furthers proses pembersihan.

Kesulitan utama dengan menggunakan sabun untuk cuci bersih muncul bila digunakan dalam air-air keras yang kaya akan mineral alam seperti kalsium, magnesium, besi, dan mangan. Ketika bahan kimia ini bereaksi dengan sabun, mereka membentuk dadih tidak larut disebut endapan. Sulit untuk berkumur, endapan meninggalkan deposito terlihat pada pakaian dan membuat kain terasa kaku. Bahkan air yang tidak terlalu keras pada akhirnya akan menghasilkan presipitat selama periode waktu.

Sedangkan hidrokarbon digunakan dalam sabun umumnya berasal dari tanaman atau hewan, yang digunakan dalam deterjen dapat diturunkan dari minyak mentah. Menambahkan asam sulfat ke hidrokarbon diproses menghasilkan molekul mirip dengan asam lemak dalam sabun. Penambahan alkali pada campuran tersebut membuat molekul surfaktan
Dalam metode blender untuk membuat bubuk deterjen, bahan-surfaktan, kontraktor, agen antiredeposition, dan parfum-hanya dicampur bersama dalam mixer, dirilis ke ban berjalan, dan dikemas sesuai. Metode ini disukai oleh perusahaan kecil.



yang tidak akan ikatan dengan mineral dalam air keras, sehingga menghindari akumulasi endapan.

Selain surfaktan, deterjen modern yang mengandung bahan lainnya. Di antara yang paling signifikan adalah pembangun, bahan kimia yang melayani beberapa tujuan. Yang paling penting, mereka meningkatkan efisiensi surfaktan. Mereka juga menyerap mineral dalam air keras, yang berarti bahwa mereka menahan mereka dalam larutan, mencegah mereka dari mempercepat keluar. Selanjutnya, pembangun dapat emulsi minyak dan lemak menjadi gelembung-gelembung kecil yang dapat dibersihkan. Beberapa, seperti natrium silikat, menghambat korosi dan membantu memastikan bahwa deterjen tidak akan merusak mesin cuci. Masih pembangun lainnya memberikan kontribusi pada keseimbangan kimia dari air cuci, pastikan bahwa conduces untuk mencuci efektif.

Deterjen modern memiliki beberapa bahan lain termasuk agen antiredeposition, bahan kimia yang membantu mencegah tanah dari menetap kembali pada pakaian dicuci. Agen pemutih fluorescent juga umum. Dengan mengkonversi sinar ultraviolet yang tak terlihat menjadi terlihat warna biru terang, ini membantu untuk mempertahankan kecerahan atau putih. Oksigen pemutih seperti perborate natrium meningkatkan detergensi campuran, terutama dalam produk rendah fosfat-fosfat atau tidak, serta membantu untuk menghapus beberapa jenis noda. Alat bantu pengolahan seperti natrium sulfat juga digunakan untuk mencegah penggumpalan dan untuk membakukan kepadatan produk.

Enzim dan parfum juga ditemukan dalam deterjen komersial. Enzim (sejenis protein) memecah beberapa noda untuk membuat mereka lebih mudah untuk menghapus dan merupakan unsur penting dalam berbagai pra-merendam produk yang digunakan untuk mengobati pakaian yang sangat kotor sebelum pencucian. Parfum atau wewangian menutupi bau kotoran dan setiap bau kimia dari deterjen itu sendiri. Busa agen kontrol juga memiliki peran dalam deterjen-terlalu banyak busa dapat menyebabkan masalah mekanis dengan mesin cuci.
Manufaktur
Proses

Meskipun ada tiga cara untuk pembuatan deterjen kering, hanya dua yang umum digunakan saat ini. Dalam proses blender disukai oleh perusahaan kecil, bahan dicampur dalam tong besar sebelum dikemas. Mesin yang digunakan sangat besar: blender umum menyatakan £ 4.000 (1.816 kilogram) bahan campuran, tetapi blender dapat menampung beban mulai dari 500 sampai 10.000 pound (227 untuk 4.540 kilogram). Dengan standar industri, ini adalah batch kecil yang proses blender ideal. Sementara penyelesaian beberapa mungkin terjadi, deterjen yang dihasilkan berkualitas tinggi dan dapat bersaing dengan deterjen yang dibuat oleh proses lainnya. Metode yang umum digunakan kedua produksi disebut proses aglomerasi. Tidak seperti proses blender, adalah terus menerus, yang membuat pilihan produsen deterjen yang sangat besar. Proses aglomerasi dapat menghasilkan antara 15.000 dan 50.000 pound (6.800 dan 22.700 kilogram) dari deterjen per jam. Dalam metode ketiga, bahan kering dicampur dalam air sebelum dikeringkan dengan udara panas. Meskipun produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, biaya bahan bakar dan masalah teknik terkait dengan ventilasi, pemanasan kembali, dan menggunakan kembali udara telah menyebabkan metode ini sedang digantikan oleh aglomerasi.
Blender proses

* 1 Pertama, bahan dimuat ke salah satu dari dua mesin: blender jatuh atau blender pita. Blender jatuh, berbentuk seperti sebuah kotak persegi panjang, dihidupkan dan terguncang dari luar oleh mesin, pada saat blender pita adalah silinder dilengkapi dengan pisau untuk mengikis dan campuran bahan. Setelah bahan-bahan di dalam blender telah dicampur, sebuah pintu di bagian bawah mangkuk dibuka. Dengan blender ini masih gelisah bahan, campuran diperbolehkan untuk berjalan keluar ke ban berjalan atau perangkat penyaluran lainnya. Sabuk kemudian bergerak deterjen ke daerah lain dari pabrik tempat yang dapat dijatuhkan dalam kotak atau karton untuk pengiriman ke pedagang grosir atau distributor.

Proses aglomerasi

* 2 Dalam metode ini, bahan-bahan kering untuk deterjen yang pertama dimasukkan ke dalam mesin besar yang dikenal sebagai agglomerator Shuggi (Shuggi adalah produsen). Di dalam agglomerator, tajam, pisau berputar mencampur bahan untuk konsistensi yang baik, proses menyerupai makanan yang bertekstur dalam food processor.
* 3 Setelah bahan-bahan kering telah dicampur, bahan cair yang disemprotkan pada campuran kering melalui nosel dipasang ke dinding agglomerator itu. Pencampuran berlanjut, menyebabkan reaksi (panas yang memproduksi) eksotermik terjadi. Campuran yang dihasilkan adalah cairan panas kental mirip dengan gelatin yang belum mengeras.
* 4 Selanjutnya, cairan tersebut dibiarkan mengalir keluar dari agglomerator tersebut. Saat meninggalkan mesin, ia mengumpulkan pada sabuk pengeringan mana panas sendiri, paparan udara, dan blower udara panas membuat itu gembur-mudah untuk menghancurkan atau runtuh. Deterjen yang baru dibuat ini kemudian ditumbuk dan didorong melalui ukuran layar yang memastikan bahwa tidak ada benjolan besar produk tidak dicampur pergi ke pasar. Hasil dari proses ini adalah deterjen kering terdiri dari butiran deterjen campuran.

Metode bubur

* 5 Dalam proses ini, bahan tersebut dilarutkan dalam air untuk membuat bubur. Dengan pompa, bubur ditiup melalui nozel di dalam bagian atas wadah berbentuk kerucut seperti panas, udara kering bersamaan dipaksa ke bagian bawah kerucut. Sebagai mengering bubur, “manik” jatuh deterjen kering untuk bagian bawah kerucut, di mana mereka dapat dikumpulkan untuk kemasan.

Deterjen

* 6 Jika deterjen adalah menjadi cair daripada bubuk, itu hanya dicampur kembali-setelah semua bahan dicampur-dengan larutan yang terdiri dari air dan berbagai bahan kimia yang dikenal sebagai pelarut. Para pelarut membantu air dan deterjen campuran bersama-sama lebih lengkap dan merata.

Quality Control

Produsen terus-menerus memantau kualitas deterjen mereka, dan mereka menggunakan metode pengujian yang sama untuk menilai efektivitas produk baru. Dalam satu metode, cahaya bersinar ke sepotong kain yang sudah kotor dan kemudian dicuci dengan deterjen uji. Itu
Untuk membuat deterjen cair, bubuk kering hanya dicampur kembali dengan larutan yang terdiri dari air dan bahan kimia yang dikenal sebagai “pelarut”. Bahan kimia ini membantu air dan deterjen campuran bersama-sama lebih merata.



jumlah cahaya yang dipantulkan, dibandingkan dengan jumlah yang dicerminkan oleh sampel dari kain asli, adalah ukuran kebersihan. Tingkat refleksi dari 98 persen dianggap cukup baik dan menunjukkan bahwa deterjen telah dibersihkan dengan benar.

Metode lain melibatkan pembakaran laboratorium dari sejumlah kecil bahan yang telah kotor dan kemudian dicuci. Berat abu, ditambah berat gas dari hasil pembakaran, mengungkapkan berapa banyak kotoran tetap di kain setelah pencucian. Sebuah hasil yang jauh lebih tinggi dari sampel tes yang bersih menunjukkan bahwa sejumlah besar kotoran dipertahankan dalam sampel dicuci. Tentu, tujuannya adalah untuk datang sedekat mungkin dengan berat sampel kontrol sebersih mungkin.
Produk sampingan

Dalam beberapa tahun terakhir, industri deterjen telah dihadapkan pada dua tantangan lingkungan, yang keduanya telah tampaknya telah ditangani dengan sukses. Pencinta lingkungan khawatir bahwa pembangun fosfat ditambahkan dalam jumlah besar senyawa fosfor untuk saluran air bangsa. Bertindak sebagai pupuk, fosfor dapat memacu pertumbuhan ganggang, dan tanaman ini tidak wajar besar ganggang signifikan habis jumlah oksigen terlarut dalam air. Penurunan oksigen bebas dirugikan kehidupan laut lainnya, sehingga mengancam akan mengganggu pola ekologi normal.

Masalah ini, dan tekanan lingkungan dan undang-undang itu diminta pada akhir tahun 1960, dipimpin produsen untuk mengembangkan pembangun efektif yang tidak mengandung fosfat. Hari ini, deterjen dijual di banyak negara yang bebas fosfat. Meskipun penyesuaian ini tidak memerlukan perubahan dalam proses manufaktur, hal itu memerlukan upaya penelitian yang mengambil beberapa bulan untuk merancang alternatif yang memuaskan.

Masalah lingkungan sebelumnya adalah bahwa busa deterjen berlebih muncul di saluran air bangsa. Pada awal 1950-an, ketika rumah menggunakan mesin cuci dan deterjen laundry tumbuh pada tingkat ledakan, ada beberapa contoh dalam jumlah besar busa muncul di sungai dan sungai, meskipun deterjen mungkin tidak satu-satunya penyebab dari berbusa. Selama periode lima tahun, 1951-1956, ditemukan bahwa surfaktan umum, ABS (alkil benzena sulfonat), bahan deterjen yang memberikan kontribusi terhadap berbusa, bertanggung jawab. Struktur kompleks molekul ABS ini tidak terurai dengan cepat cukup untuk menjaga dari berbusa setelah air cuci habis. Penggantian terbukti tidak segera tersedia. Mulai tahun 1956, namun, produsen digantikan ABS dengan LAS (linier Alkylate sulfonat), yang biodegrades cepat, dan sejak saat itu, LAS telah menjadi agen berbusa utama dalam deterjen.

CARA MEMBUAT DETERJEN CAIR MURAH

 

Formulasi deterjen cair untuk mesin cuci/ cuci pakai tanganberikut ini bisa rekan2 gunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau mungkin dijual kecil2an… karena mutunya cukup bagus dan secar ekonomis masih memungkinkan untuk dipasarkan…

Deterjen cair ini memiliki kemampuan anti noda, anti apek dan mencegah kotoran menempel kembali… dan menghindarkan bau tak sedap meski direndam dlm waktu agak lama.

catatan: ini hanya formulasi dasar/generik… anda bisa menambahkan bbrp bahan lain utk memodifikasinya.

Bahan:
Texapon (100 gram)
Sodium Sulfat (125 gram)
Oxalic Acid/citric acid (20 gr)
Water glass (100 gram)
parfum (secukupnya)

Prosedur pembuatan:
larutkan 125 gram Sodium Sulfat dan 20 gram Oxalic Acid dalam 1 liter air bersih (gunakan tempat bejana berbahan plastik).. aduk hingga benar2 terlarut sempurna (+/- 10 menit)
Di tempat terpisah (teko/bejana berbahan plastik) siapkan 100 gram texapon
Tuangkan larutan sodium sulfat dan oxalic acid secara bertahap kedalam bejana texapon sambil terus diaduk perlahan (jgn terlampau kencang utk menghindarkan terjadinya busa)
tuang dan dan aduk terus hingga merata sampai semua larutan sodium sulfat dan oxalic acid habis… anda akan memperoleh larutan kental.
Setelah cairan kental deterjen telah jadi, tambahkan 50 gram waterglass sbg redeposisi agent (mencegah kotoran menempel kembali)
tahap akhir tambahkan parfum secukupnya sesuai selera anda.

HOLAAA….. anda berhasil membuat deterjen cair sendiri…. selamat mencoba.

Catatan: Anda bisa memakai deterjen ini sbg sabun cuci piring cair.. tentunya dgn menambahkan warna dan parfum yg sesuai…… selamat bereksperimen…. dan nikmati kepuasan membuat sendiri kebutuhan anda!

TIPS MELIHAT PENYEBAB PROTEK PADA TV



Tips ini saya bahas karena banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai masalah pada sistem proteksi tv.Biar dapat di baca oleh semua penanya,maka makalah ini saya susun tersendiri agar dapat lebih memahami kondisi bagaimana sebenarnya jika tv terprotek oleh sistem,dan bukan stanby karena ada kerusakan hardware/komponen.
Satu patokan bahwa pesawat TV berada pada status “protek ” adalah jika tv mau menyala(sebentar) dan kembali ke posisi standby.( sistem “membaca” dulu semua keadaan blok secara fungsional dan mendeteksi parameter masing-masing blok untuk disamakan dgn standard yg diisi didalam IC memory).Karena kalau baru dinyalakan tv hanya diam di posisi standby,mungkin disebabkan rangkaian regulator yang tidak normal atau juga tegangan untuk horisontalnya tidak ada ( karena TR HOR. short).
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
Nyala led berwarna merah (standby) terus berubah menjadi hijau (start) dan kembali ke posisi merah,sistem gagal untuk start ( protek )
Nyala led merah dan kemudian berkedip,ada kerusakan blok ( vertikal/audio/horisontal) maka sistem akan mem-protek.
Nyala led berubah warna (kuning) EEprom atau IC memory error atau corrupt ( kehilangan data).ganti atau bisa di setting ulang.
Nyala led merah saja, bisa juga karena protek dan ini disebabkan macetnya perintah ‘on’ di IC memory.keadaan ini bisa di atasi dengan me-reset IC memory ( reset menu code).

Salah satu cara kita dapat men-skip (melewat posisi protek ) adalah:

Pastikan semua tegangan dari power supply normal,baik untuk horisontal (115V) IC program (5) audio,vertikal(jika dari regulator) ,IC HOR.oscillator dan tegangan untuk trafo driver horisontal.
Karena sarat utama agar tv dapat menyala adalah :tegangan B+,tegangan ke IC osilator horisontal ( 5v-8v),tegangan untuk IC program dan memory,serta tegangan untuk driver horisontal.Sinyal dari oscillator horisontal adalah jantung utama untuk menggerakan fungsi Flyback dan ini wajib ada.
Pastikan semua tegangan ini ada,jika tidak anda harus memberinya secara manual ( external )

Cara lain agar kita dapat “melihat” sumber penyebab protek adalah:
Memberi tegangan external pada Filament atau Heater CRT dengan menggunakan trafo !ampere sebesar 6 Volt.Dengan maksud agar kondisi crt sudah panas (ready) ketika tv baru dinyalakan pertamakali.Putuskan dulu jalur tegangan asli heater dari flyback. Sehingga tampilan di layar CRT dapat kita lihat meski hanya sesaat.
Nyalakan dulu trafo nya sebentar untuk memanaskan filament,terus nyalakan tv dan segera anda lihat kondisi tampilan di layar, apakah hanya garis vertikal ,apakah hanya blank atau ada gambar tanpa sinkronisasi dan lain sebagainya.


Minimal anda sudah dapat menduga sumber kerusakan pada “pasien” anda dan “mereka” pun sudah sangat siap untuk anda operasi dalam waktu secepat mungkin.

TV CHINA PROTEK


Protekter adalah satu bahagian pada peralatan elektronik untuk mengelakkan dari satu akibat atau bahaya.Kadang kala bahagian protek ini amat memeningkan kepala.Kemajuan teknologi dalam bidang
elektronik menyebabkan perbagai penemuan baru ditemui.Kalau barangan elektronik pada masa dulu begitu senang untuk dibaiki.Bayangkan kalau tv rosak bahagian vertikal mungkin kerana ic atau transistornya shock tapi tv masih mampu beroperasi cuma tiada gambar yang kelihatan hanya garisan horizontal,tapi kini ada setengah tv yang mungkin tak akan beroperasi sepenuhnya,hanya beroperasi pada bahagian power regulator sahaja sedangkan horizontal tak mahu osc disebabkan kerana protek.


Kekerapan menemui tv yang mengalami masalah protek begitu memeningkan.Sebuah tv China yang berjenama C-Tech yang regulatornya hanya melepasi sekitar 30 volt sahaja berserta bunyi bingit.Langkah yang pertama aku memeriksa diode dan kondenser dibahagian secondary tapi tak ada kebocoran atau shock,aku lepaskan C transistor horizontal dan suplly ke FBT tapi hasilnya sama.Aku pasang tv selama beberapa minit tiba-tiba ada bau hangit kepanasan dan hasilnya diode suplly ke RGB yang panas,aku lepaskan dan periksa teryata masih ok...bingung aku sejenak.Dalam keadaan yang kalut tiba-tiba aku tertekan suis power ...praaak! bunyinya,berterabur semuanya.Transistor C3807,perintang 4.7ohm 6watt,transistor regulator C5299 hancur semuanya.Rupanya penyebab asalnya ialah condenser mylar 471 1kv(series dengan diode supply RGB) aku ganti,untuk pengetahuan korang condenser tersebut boleh dibuang terus tak jadi apa-apa masalah pun.





Setelah diganti semuanya aku cuba on tv tapi tak ada regulator yang keluar dan didalam kondenser 450uf,400 volt tersimpan charge dan penyebabya adalah perintang pada E transistor regulator putus (turun ke ground,tak semua tv ada ada yang jumper terus ke ground).Aku ganti dan cuba lagi tapi satu lagi masalah baru yang timbul,regulator pula tak cukup dan penyebabnya ialah perintang 1k yang putus.Setelah masalah demi masalah akhirnya berjaya juga,syukur Alhamdulillah.

kerusakan TUNER



Sebuah tv china rosak sekejap ada siaran sekejap tiada,aku chek pin AGC,MB,B1,B2 semuanya beres.Aku sambung aerial dan cuba fine tapi tak ada apa-apa yang keluar.Aku cuci board dan pateri takut-
takut ada crack dan cuba fine tapi tetap tak ada apa-apa dan langkah yang seterusnya tinggal pada bahagian tuner.Tv ini menggunakan tuner
keluaranNational,Panasonic bernombor ENV59068F1.Aku selongkar dalam bekas simpanan dan terjumpa sebuah tuner yang aku buang dari tv Panasonic yang terpakai dan langkah seterusnya aku gantikan,aku fine maka terhasil lah kerja-kerja aku...Alhamdulillah akhirnya berjaya.

TUNER DATA PIN:
1-IF
2-GND
3-MB(5v)
4-AFC
5-N/C
6-MB
7-VL/B1
8-VH/B2
9-U
10-TU/VT
11-AGC

TV CHINA DROP VOLTAGE REGULATOR



Sebuah tv China menggunakan ic choroma TMP8823,kerusakan awwal gambar lambat keluar,yang pasti penyebabnya mungkin CRT soket.Penyakit sekarang dah jadi lain,standby saja.. bila di on dengan remote...chreeek bunyinya.Masa standbye regulator okey tapi bila horizontal osc voltage jadi drop sehingga 15 volt sahaja.Menurut pengalaman aku mungkin TR Horizontal atau FBT.Aku periksa TR Horizontal okey dan langkah kedua aku free pin
FBY(+BIN) teryata sudah tak drop tapi bila sambung balik pin tersebut dah jadi drop balik dan sahlah FBT buat hal.Aku coba cari kt board yang terpakai ada lah jumpa,no FBT asal BSC25-1003A yang aku jumpa BSC25-Z1003A ala sama la tu ,aku ganti dan pateri dan seterusnya aku on tv...alamak serupa macam juga...pening-pening.Langkah terakhir aku cabut soket yoke tv pun okey cuma takder gambar....



Aneka Kerusakan TV 03-Dec-11

AIWA A14-S1 GAMBAR GELAP MESKIPUN BRIGHT DAN CONTRAST DI BESARKAN,TETAP SAJA TIDAK KONTRAS.GANTI R ABL R614 :150K AIWA C20 KER GAMBAR HANYA RASTER ATAU JIKA ADA ,HANYA SEBENTAR DAN LANGSUNG HILANG. ATAU WARNA HANYA HITAM PUTIH.GANTI IF AFT : 656 SHARP C14JO GAMBAR KECIL HANYA BEBERAPA SENTIMETER DITENGAH SAJA.RASTER HANYA KOSONG/BINTIK.KESALAHAN TERJADI PADA JALUR 12V.GANTI Q604 UNTUK CATUAN 12VOLT YG JUGA MENUJU KE TUNER. SHARP EXPRESSION 51X220 TAMPIL TANPA GAMBAR DENGAN POSISI SUARA HIDUP.KADANG KEMBALI KE STANDBY ( PROTEK ).GANTI R PEMBATAS UNTUK 180V R621 :1 OHM SANSUI SV-2050J GAMBAR TAMPAK FILCKER DAN BERGETAR DI SERTAI GARIS-GARIS TEBAL BERWARNA GELAP.GANTI c 708 : 220/50V, C 517 DAN 518 : 100/160V.JIKA DISERTAI TIMBULNYA KILATAN -KILATAN CAHAYA KECIL DARI ATAS KE BAWAH ,GANTIGANTI CF902 : 503 ATAO 500 SANYO CAP3002 MATI.DENGAN KONDISI TR.HOR SHORT. BILA DIGANTI TR.REG NYA ,TEGANGAN B+ MELUNJAK HINGGA 200V LEBIH.KERUSAKAN PADA R555 47KOHM BAGIAN OPTOCOUPLER SANYO CG21 XS2 TV TERKUNCI PADA POSISI STANDBY.POWER MAU START TAPI KEMBALI PROTEK.PUTUSKAN JUMPER J830 ATAU GANTI FBT. DIGITEC DM172021 TIDAK DAPAT MENYIMPAN PROGRAM SAT DI SEARCH MESKI TRAFO AFT (9074) DAN VIF(9073) BAGUS.GANTI D712 ZENER 5VOLT DEKAT IC MEMORY MN12C201D DIGITEC BLACK BEAUTY BB2071 TEGANGAN 300V DAN 115V ADA,FBT START HANYA SEKEJAP,TEG 12V UNTUK IC OSC.HOR ADA.TV TETAP TIDAK START.GANTIC76 :180N DI REGULATOR DIGITEC / POLYTRON DM 143031 LAMBAT UNTUK START , DI SERTAI GAMBAR YG BERKEDIP DAN BERGOYANG SERTA MENYEMPINYA LEBAR GAMBAR.GANTI C518 :100/35V. c514 : 330/35V. C515 :680/560pF. R511 :5KOHM/1%. R517 : 15KOHM/1% DIGITEC DM143031A PERTAMA KALI DINYALAKAN GAMBAR TAMPAK PUTIH POLOS.DENGAN SEMUA TOMBOL PANEL TAK BERFUNGSI.TERUKUR TEGANGAN UNTUK 22V HANYA ADA 12V DAN TEGANGAN 12V HANYA TERUKUR 10VOLT.GANTI R557 :330 OHM/1 WATT POLYTRON/DIGITEC BLACKBOX SERIES TV HANYA GARIS VERTIKAL BERDIRI.DENGAN KONDISI KOMPONEN BAGIAN HORISONTAL; C 2,2/160V DAN R 3K9/2W PUTUS.GANTI C 390 ATAU470n/250V POLYTRON GRANDMASTER GM 1481 GAMBAR TIDAK SINKRON DAN TAMPAK LOGO DARI STASIUN TV TAMPAK DI TENGAH-TENGAH DI BATASI GARIS HITAM TEBAL ATAS BAWAH.GANTI R452 :50KOHM 1/8 WATT POLYTRON/DIGITEC MENGGUNAKAN IC TDA 8360/61.KERUSAKAN HANYA GARIS HORISONTAL MENDATAR SAJA.MESKI IC VERTIKALNYA NORMAL.GANTI R 401 : 2M2 OHM POLUTRON MINIMAX SERIES MX1452G TV HANYA KADANG KADANG MAU START DAN SULIT UNTUK MENYALA.GANTI C507 : 10/50 DENGAN 47/100V SOLITRON SM37-98 POWER SUPPLY TIDAK START.B+ HANYA 45 VOLT.GANTI D81 : ZENER 4V7 FUJITEC FTC 1459 GAMBAR/RASTER MENGECIL DI KIRI DAN KANAN.WARNA MENJADI HITAM PUTIH.TERJADI DROP DI TEGANGAN B +.GANTIC 517 :33/160V JVC K SERIES AV-KT21T2 RASTER BAGIAN ATAS TERDAPAT GARIS- GARIS BLANKING PUTIH SETEBAL 2 CM.GANTI C 428 :100UF/50V. JVC C 20 RNS TV SERING KEMBALI KE POSISI STAND BY.MESKI TOMBOL POWER DAN PROGRAM DI TV DI PENCET TV TETAP TIDAK DAPAT START.GANTI R751 : 100KOHM AKARI 20M88R RASTER MEMBESAR DAN MENGECIL TAK KARUAN.GANTI D809 IN4148 REGULATOR AKARI CTV14 TIDAK ADA SUARA,KERJA IC ZILOG NORMAL.IC TA 8690AN BAGUS.GANTI Q06 : C3289. AKARI14-20 TRANSISTOR REGULATOR (D1710) SELALU PUTUS BILA BARU DI GANTI TANPA SEMPAT MENYALA.KERUSAKAN TERJADI PADA BAGIAN FEDBACK OPTOCOUPLER YAITU R810 : 47KOHM YANG NILAINYA MEMBESAR. JIKA GAMBAR TIDAK STABIL SERING TIMBUL GARIS-GARIS SEPERTI OSC HOR TIDAK TEPAT.GANTI C DRIVER HORISONTAL 10uF/100V JHONSON CTV147 GAMBAR CACAT BAGIAN VERTIKAL DI SERTAI GARIS -GARIS BLANKING DI 3/4 BAGIAN ATAS.DAN BILA VOLUME DI BESARKAN,GAMBAR TAMPAK SEMAKIN PARAH BERGOYANG TAK STABIL.GANTI C119 :470/50V SONY KV20XXX JIKA POWER DIHIDUPKAN GAMBAR KOSONG HANYA RASTER DAN SUARA LANGSUNG FULL.GANTI R627 : 4,7 OHM UNTUK SUPPLY 5,5V SAMSUNG CS 5085 GAMBAR VERTIKAL BAGIAN BAWAH KURANG DISERTAI DENGAN GARIS-GARIS TAK MENENTU.SERTA TIMBUL SUARA MELENGKING PADA SAAT STANDBY. GANTI C407 : 330/50V PANASONIC GOLDSOUND TC-SERIES GAMBAR HANYA GARIS VERTIKAL MENDATAR JIKA KONDISI TERANG/ NORMAL.TAPI NORMAL JIKA KONDISI BRIGHT DI REDUPKAN. GANTI R 525 : 120K / 470K GOLDSTAR SOUNDMAX TV STANDBY DENGAN POSISI LAMPU LED BERKEDIP-KEDIP.GANTI DIODA RU2K DI DEKAT STR 6707 DENGAN D IN4007.GANTI PULA C 330ATAU470/35. GOLDSTAR/LG TV SERING MATI SENDIRI KE POSISI STANDBY,JIKA POWER REMOTE DI NYALAKAN TV DAPAT KEMBALI HIDUP.TAPI KEMBALI MATI SETELAH SEKIAN JAM KE POSISI STANDBY.GANTI ELCO DRIVER HOR 10UF/100V CRYSTAL TV HANYA STANDBY TANPA TAHU PENYEBABNYA. GUNAKAN REMOTE,TEKAN TOMBOL POWER PADA REMOTE DAN TOMBOL OK BERSAMAAN DAN TAHAN HINGGA TV DAPAT START DENGAN SENDIRINYA. PHILLIPS GR1225 TV LAMBAT UNTUK START.TERDENGAR SUARA MENCUIT PADA FBT.KEMUDIAN TIMBUL GAMBAR TAMPAK GELAP DENGAN DI SERTAI GARIS -GARIS HORISONTAL.DI SUSUL KEMUDIAN SUARA YG BELAKANGAN MUNCUL.ganti c5524 :82n/100V DAN C254 :220uF/35V SHARP 21 BN1 GAMBAR TAMPAK KURANG KONTRAS.DI SERTAI WARNANYA YANG TAMPAK SMEARING.KERUSAKAN TERJADI PADA JALUR 9v YANG HANYA TERUKUR 6v.GANTI Q605 882 REGULATOR DARI 16V KE 9 VOLT.DARI PIN 7 KAKI FBT FUJI ELECTRIC FCH-2100 GAMBAR DAN SUARA SANGAT LEMAH SEPERTI TANPA MEMAKAI ANTENNA.AUTO SEARCH TIDAK BEKERJA,FINE TUNING JUGA TAK BERPENGARUH.WARNA TETAP HITAM PUTIH.GANTI X-TAL 4,43 INDOTECH 20" PADA SAAT PERTAMA DINYALAKAN GAMBAR TERANG SESAAT DAN LANGSUNG GELAP.PENGATURAN KONTRAS TIDAK BERFUNGSI.KERUSAKAN TERJADI PADA BAGIAN ABL R314 : 12OKOHM SANTEC C1428 TV POSISI STANDBY TOMBOL PANEL DAN REMOTE TAK BERFUNGSI.GANTI X-TAL PROGRAM : 10M ( 10.000 ) SANKEN BAZZONEYE ST 2181 TV HANYA POSISI STANDBY.REMOTE DAN TOMBOL PANEL TAK BERFUNGSI.TEGANGAN UNTUK 24 V DAN 12V DROP.GANTI C 541 :100/35 DAN C 553 : 470/16V AIWA A14-S1 GAMBAR GELAP MESKIPUN BRIGHT DAN CONTRAST DI BESARKAN,TETAP SAJA TIDAK KONTRAS.GANTI R ABL R614 :150K AIWA C20 KER GAMBAR HANYA RASTER ATAU JIKA ADA ,HANYA SEBENTAR DAN LANGSUNG HILANG. ATAU WARNA HANYA HITAM PUTIH.GANTI IF AFT : 656 SHARP C14JO GAMBAR KECIL HANYA BEBERAPA SENTIMETER DITENGAH SAJA.RASTER HANYA KOSONG/BINTIK.KESALAHAN TERJADI PADA JALUR 12V.GANTI Q604 UNTUK CATUAN 12VOLT YG JUGA MENUJU KE882 REGULATOR DARI 16V KE 9 VOLT.DARI PIN 7 KAKI FBT FUJI ELECTRIC FCH-2100 GAMBAR DAN SUARA SANGAT LEMAH SEPERTI TANPA MEMAKAI ANTENNA.AUTO SEARCH TIDAK BEKERJA,FINE TUNING JUGA TAK BERPENGARUH.WARNA TETAP HITAM PUTIH.GANTI X-TAL 4,43 INDOTECH 20" PADA SAAT PERTAMA DINYALAKAN GAMBAR TERANG SESAAT DAN LANGSUNG GELAP.PENGATURAN KONTRAS TIDAK BERFUNGSI.KERUSAKAN TERJADI PADA BAGIAN ABL R314 : 12OKOHM SANTEC C1428 TV POSISI STANDBY TOMBOL PANEL DAN REMOTE TAK BERFUNGSI.GANTI X-TAL PROGRAM : 10M ( 10.000 ) SANKEN BAZZONEYE ST 2181 TV HANYA POSISI STANDBY.REMOTE DAN TOMBOL PANEL TAK BERFUNGSI.TEGANGAN UNTUK 24 V DAN 12V DROP.GANTI C 541 :100/35 DAN C 553 : 470/16V TV POLYTRON juga kadang mempunyai masalah di sistem memori internalnya ( pada ic program seri STVxxxx). Gejalanya adalah pada saat di nyalakan ,beberapa detik mau menyala sekitar 10-15 detik.Timbul suara sebentar ,setelahnya protek/standby. Ini di sebabkan sedikit error pada data memory yg terdapat di dalam IC program. Untuk mengatasi hal seperti ini , anda cukup melakukan trik yg akan saya berikan berikut ini: Nyalakan pesawat TV seperti biasanya, dan tunggu posisi tv dalam keadaan protek/standby,gunakan remote orsinilnya ,tekan tombol menu pada remote dan tahan sekitar 3 - 5 detik hingga tv menyala secara otomatis. Biasanya Tv langsung normal kembali,karena data dalam memory telah di reset ulang secara otomatis ke keadaan PP ( pactory preset ). Kenapa bisa terjadi begitu? sebab kalau pada posisi TV standby.tombol power memberi sinyal perintah hidupkan ( ON ) pada IC program.Kalau pada posisi standby, tombol menu yg ditekan terus dalam sekian detik akan memberikan input RESET data memory ( flash).Dan jika kondisi memory normal,maka dalam hitungan 'timing' tertentu perintah tersebut akan di artikan sebagai sinyal masuk ke posisi MENU SERVICE.Dan sistem secara otomatis akan meminta passcode untuk masuk kedalam sub menu service. Kode passcode nya adalah 1013 untuk setelan dasar ( fitur) dan 1014 untuk mengatur parameter -parameter utama ( H-frek, V-amp, AGC, AFC dll) Dan jika anda mendapat problem seperti yg saya utarakan di atas,cara tersebut adalah yg paling mudah untuk mengatasinya.Tapi sebelumnya pastikan dahulu bahwa semua titik solder dalam mesin TV tidak bermasalah, ada baiknya anda teliti dulu semua titik solder sebelumnya. Karena apa? sebab sistem proteksi juga akan membaca keadaan rangkaian sebelum tegangan-tegangan normalnya akan diaktifkan.jika ada masalah di titik solder ( biasanya terdapat pada titik kaki IC vertikal ,kaki FBT, regulator) sistem akan tertahan ke posisi protek. Saya rasa cukup sekian dan mudah- mudahan bisa berguna bagi anda....terima kasih. Problem klasik POLYTRON MINIMAX series . TV POLYTRON MINIMAX series mempunyai masalah klasik, yaitu kerusakan yang pertama kali terjadi sejak tv baru di operasikan / dibeli. Mulai generasi minimax produsen polytron ( PT.Hartono istana electronic ) membuat rancangan power supply jenis baru dari yg sebelumnya menggunakan TR reg type: D1877/78 dengan rangkaian baru menggunakan trafo jenis baru dan transistor power reg. nya berjenis FET yaitu :FS5KM/FS 7UM / FS 10UM. Masalah yg sering terjadi pada regulator jenis ini adalah : kalau boleh saya katakan "cacat produksi " karena pada komponen regulator untuk mensupply tegangan driver horisontalnya menggunakan kapasitas 10uF/63Volt.Padahal kalau kita lihat di mainboard nya, ukuran untuk kapasitor ini cetakan nomor komponen dan jarak kaki kapasitor tersebut seharusnya menggunakan kapasitas yg lebih besar lagi ( contoh pada type MINIMAX MX 1452 MG ) terlihat di kapasitor nomor : C 507 ( 10uF/63V). Akibatnya kadang terjadi drop supply tegangan 50Volt untuk driver horisontal setelah melewati dua buah resistor 470 ohm/2watt ke tarfo driver horisontal.menyebabkan kondisi pesawat TV selalu dalam keadaan standby. Inilah kerusakan yg sering terjadi dan pertamakali sebelum kerusakan yg lain. Jika anda mendapatkan kasus seperti ini dimana kadang tv sangat sulit dinyalakan,meskipun pada kondisi tertentu bisa hidup,tapi lebih sulit menyala,maka ikuti tip's saya berikut ini. Ganti kapasitor tersebut ( c507 pada seri MX1452MG) atau sangat mudah anda cari untuk type yg lain, yaitu elco yf terdekat dengan dua buah elco besar ( 1000 uF/50v) di depan regulator berkapasitas 10uF/63V, di ganti dengan elco 100uf/63V atau 100uF/100V. Saya jamin tv dapat beroperasi secara normal... TUNER TV : TIP'S cara mengetahui kerusakan TUNER TV ini adalah jawaban untuk saudara Ian di http://answer.yahoo.co.id yang menanyakan bagaimana ciri - ciri kerusakan pada tuner tv. Cara nya adalah sebagai berikut : coba perhatikan pesawat TV anda ,apakah masih ada sedikit saluran yang masih terlihat atau tidak dengan cara berpindah-pindah saluran,terus lakukan langkah berikut ini : Anda masuk ke MENU lalu ke modus cari (TUNING) manual / semi auto dan bukan fine tuning.coba anda search ( cari program ) dan amati apakah ada saluran atau siaran yang dapat terkunci??Bila tidak , dan siaran terlihat terus lewat tanpa berhenti terkunci, maka kerusakan ada di komponen trafo IF ( 6019, 498U, Eo8L, 9074 dll).Tapi bila siaran berhenti atau terkunci dengan baik maka kemungkinan besar atau bisa dipastikan TUNER rusak. Tapi apabila setelah pergantian IF sudah benar ,dan siaran TV sudah terisi penuh,matikan TV minimal 1jam.Setel kembali, perhatikan apakah siaran tidak berubah dan tetap bagus seperti pada saat prose searching ,maka selesai .Dan bila ada sedikit perubahan warna atau suara ,berarti tuner mengalami kerusakan dalam hal ini di sebut terjadi pergeseran.Ganti segera tuner. Komponen Tuner tidak berjalan sendiri.Pastikan supply tegangan untuk tuner adalah normal .Baik untuk VCC-nya (5V/9V/12V) ada dan tegangan 33V untuk tuning ada dan stabil,serta tegangan AGCnya normal sekitar 50-75% dari tegangan catu. Masalah pada komponen IF menyebabkan TV tidak dapat mengunci, masalah pada tegangan 33V menyebabkan pergeseran siaran atau tidak ada sama sekali jika 33Voltnya tidak ada. Masalah pada IC program pun bisa menyebabkan tuner tidak bekerja karena setelan besaran tuning ada pada IC program. Saya rasa cukup untuk sekedar menambahkan pengertian ke arah : ciri - ciri kerusakan pada tuner dan mudah- mudahan sedikit dapat membantu anda. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih salam

Mengecek Kerusakan Televisi Cepat dan Tepat


Trik mengecek secara cepat kerusakan Televisi bisa menjadi alternatif awal dalam menganalisa kerusakan yang terjadi. Banyak terjadi kerusakan-kerusakan yang secara umum sama untuk semua merk TV. Misalnya pada kasus kerusakan Televisi seperti di star hidup lalu mati, Raster Tidak ada, gambar tidak penuh, Gambar menyusut kanan dan kiri, Blooming, Raster Tidak ada, Bright,contras tidak berfungsi dan lain-lain. Berikut trik mengecek secara cepat kerusakan Televisi untuk berbagai merk.

Cara mengukur tegangan TV

* Hubungkan kabel hitam(-) ke ground negatif PCB dibagian skunder trafo Switching (untuk TV china) atau selipkan di kawat tanpa pembungkus pada tabung CRT.

* Kabel merah ke titik berikut:
- Tegangan 180v : Kaki + elko 250v di PCB RGB.
- Tegangan 110v / 130v : B+ Flyback/FBT atau kaki + Elco 160v
- Tegangan 12v : Kaki paling kanan IC 7812.
- Tegangan 5v : Kaki paling kanan IC 7805.
- Tegangan 33v : B+ Kaki Tuner blog

___________________

Mengecek Secara Cepat Kerusakan Televisi, berbagai merk:

AKARI- IC 14M88R
Regulator tidak berfungsi. Cek transitor tegangan optocoupler.

AKARI- IC 1437RMD
Regulator tidak bekerja.
Cek dioda zener ZD812 (18v), C815 (100uf/25v), C820 (1uf/100v)

AKARI 20M88R
Raster tak karuan, kadang membesar dan mengecil ganti; IN4148 (D809) Regulator

AKARI 14-20
TR regulator (D1710) selalu putus bila diganti, kerusakan di fedbeck oftocoupler yaitu; R801; 47k ohm, nilai berubah.
Gambar tidak stabil, timbul garis-garis seperti OSC horisontal tidak tepat, ganti C driver horisontal 10uf/100v

AKARI- IC 14M88R (sakura)
Regulator tidak stabil, kadang-kadang standby.
Cek dioda Zener 6v2 di VR B+ (Short)

AKARI-IC1439 RMD
B+ drop,heater tidak ada suara normal: cek C561, R443

AKARI-IC1439 R2N
-Tidak ada Raster , Vcc normal: cek R411

AKARI- CT14W9
-Vertikal tidak terbuka AN 5534 Dingin.Defleksi vertikal putus

AKARI 20M88R
Raster kadang membesar kadang mengecil Ganti D809 IN4148 Reg.

AKARI CTV14
Suara mati IC ZILOG bagus .IC TA 8690AN bagus. GANTI Q06 = C3289.

AKARI14-20
TR Reg. selalu mati (D1710) saat baru diganti. Fedback Optocupler rusak ganti R810 = 47k. Jika gambar tidak stabil ganti C driver Hor. 10uF/100V

AKIRA-CT21PF9
AV tidak bisa, coba periksa pin 42 IC LA76810

AIWA A14-S1
Gambar gelap meski brightness dinaikkan. Ganti R ABL R614= 150k

AIWA C20 KER
Gambar hanya raster dan hanya sebentar warna jadi hitam putih Ganti IF AFT = 656

AIWA A14-S1
Gambar gelap meski brightness/kontras dinaikkan, coba ganti R ABL R 614 (150K)

AIWA C20 KER
Hanya muncul raster sebentar kemudian hilang, warna jadi hitam putih. ganti IF AFT : 656

AIWA-C142KER
Garis vertikal saja. cek tegangan 12v

AIWA-C143/203
Picture merah. Ganti Eprom dan Adjust RGB.

TV AIWA C20 KER
Hanya raster, sebentar langsung hilang, warna hitam putih. Ganti: IF AFT;656 AIWA A14-S1
Gambar gelap, ganti; R ABL 150k

TV Advante 21″
TV menyala / ada blue screen / gambar kunci di kiri bawah.
Tekan dan tahan tombol display remote TV 5 detik lalu lepas

DIGITEC DM1720A1
Tak bisa menyimpan program. Cek Travo AFT (9074) dan VIF (90P3), D712 zener 5v dekat ic memory MN12C20ID

DIGITEC BLACK BEUTY BB2071
TV tak mau star, ganti C76;180N di regulator

DIGITEC/POLITRON DM14303
Star lambat gambar berkedip dan goyang serta lebar gambar menyempit, ganti C518;100/35v, C514;330/d5v, C515;680/560pf, R511;5k ohm/1%, R517;15k ohm/1%

DIGITEC DM15031A
Gambar tampak putih saat pertama dinyalakan, tombol panel tidak berpungsi, tegangan turun, ganti R557; 330 ohm/1watt

DIGITEC BLACK BEAUTY BB2071
TV tidak mau start, Tegangan 300V dan 115V normal, FBT nyala hanya sebentar,Teg 12V ke IC Oscilator.Hor normal Ganti C76 =180N regulator

DIGITEC / POLYTRON DM 143031
Gambar berkedip/goyang, start lambat, lebar berkurang, ganti C518 =100/35V. C514 = 330/35V. C515 :680/560pF. R511 = 5k. R517 = 15k

DIGITEC DM143031A
Saat dinyalakan gambar tampak putih polos, tombol panel tak berfungsi tegangan 22v turun dan tegangan 12V juga anjlok.Ganti R557 = 330 ohm

DIGITEC DM172021
Tidak bisa menyimpan program. Trafo bagus AFT (9074) dan VIF(9073) juga bagus .cek Dz 712 5v dekat IC Memory MN12C201D

FUJITEC FTC 1459
Gambar mengecil di kiri/kanan, warna B/W , tegangan B+ turun Ganti 517 = 33/160v

FUJI ELECTRIC 29″ TA8659
Warna tak karuan, warna merah hilang ganti R729 di pin 2 (8k2)

FUJI ELECTRIC 21″ TA7680
Tuning bergeser, searching jalan terus Cek Capasitor di PIF (68 PF)

FUJITEC-FTC1499
Horizontal geser kekanan. Cek trafo driver horizontal

GOLDSTAR SOUNDMAX
TV standby, led berkedip Ganti D RU2K dekat STR 6707 dengan D IN4007 dan C 330= 470/35.

GOLDSTAR/LG
TV sering mati sendiri. saat dihidupkan nyala tetapi tidak lama. Ganti elco Hor 10UF/100v

GRUNDIG-T22-3229
Tombol panel tidak berpungsi, OSD normal. Ganti R140 (820k) dengan 486k

GOLDSTAR-Soudmax
Warna hilang. Ganti cramic pin 11 dari IC TDA8690

GOLDSTAR-C14D22
Tidak ada suara, tuning menual tidak berhenti. Cek Q06 (C3198)

GOLDSTAR-C14D22
Standby / protek, led berkedip.
Cek dioda zener 6v8 di bagian PSU, cek SE 110

GOLDSTAR-CA14A95C
Tuning menual tidak berhenti. Ganti uCOM GS8334-02B

GOLDSTAR-CA14A62
Gambar menipis diganti PIF Tetap sama: cek Z201 (CF5,5Mhz)

GOLDSTAR-CF14D20
Gambar kadang berwarna / tidak. Cek R73 dikaki basis Q07

GOLDSTAR-CF14D20
Di star led nyala, terus mati.
Cek pin 9 S6707, FR813 (1ohm) dan ZD803 (9V1)

GOLDSTAR-CBS4821
Warna hilang, ketika panas baru ada warna. Ganti MC144111.

GOLDSTAR-CF14A170D
Tidak ada suara. Cek L201 (SIF 6,0 Mhz),capasitor (82pf)

GOLDSTAR-Soudmax
Blanking, RGB VCC bagus. Ganti TA8690

GOLDSTAR-Soudmax
Standby,lampu led berkedip-kedip.
Ganti dioda RU2k dengan D IN4007,C330 (470uf/35v)

GOLDSTAR/LG
TV hidup sebentar lalu kembali stanby.
Ganti Elco Driver Horizontal (10uf/100v).

TV Goldstar sinema 20″
TV mati sendiri (standby) dan bisa dihidupkan kembali namun hanya sebentar.
Ganti elko yang ada di sekitar driver Horisontal.

JVC K SERIES AV-KT21T2
Terdapat garis garis blanking putih dilayar atas Ganti C 428= 100UF/50v

JVC C 20 RNS
TV nyala dan kembali ke standby. ganti R751 = 100k

JVC- AV-G201
Horizontal meleset, gambar jadi belang-blang ganti C550 (100uf/16v)

JHONSON CTV147
Gambar cacat di vertikal. saat vol. ditambah gambar tambah goyang ganti C119 = 470/50v



****

PANASONIC-TC20T8
Regulator tidak bekerja (mati):
Cek Q8 1 (C5253/C4804) dan Q805 (A1512/A733)

PANASONIC (AN5601)
Tak ada warna, jika di Fine tuning ada.
Cek Trans penguat delay (C1685)

PANASONIC-TC1613R
Tuning geser (meleset) dan tidak syncron, suara bagus.
Cek R125 (3k3) ganti dengan 1k2

PANASONIC-TC2088DX
Kontras tidak berpungsi, kadang muncul garis vertikal, picture bagus.
Cek Resistor ABL (37K)

PANASONIC-TC1450
Blanking / protek. ganti AN 5600
Tak ada suara. Cek Q1112, Q1113 (N4212), ganti C114

PANASONIC-TC2088
Bright, contras, warna tidak berpungsi / OSD normal
Ganti Resistor ABL (63k).

TV Panasonic Quintrix F series 21″
Tidak mau star.
Ganti C832 dengan 470mf/16v di sisi regulator 7805

PANASONIC GOLDSOUND TC-SERIES
Gambar ada jika hanya saat TV diredupkan Ganti R 525 = 120k / 470k

PHILLIPS GR1225
TV lambat untuk start dan ada suara derit di FBT gambar gelap dan suara muncul agak lama. ganti C5524 = 82n/100v dan C254 = 220uF/35v

POLYTRON/DIGITEC
Hanya ada garis horizontal, IC TDA 8360/61.Ganti R 401 = 2M2 ohm

POLUTRON MINIMAX SERIES MX1452G
TV sulit menyala Ganti C507 = 10/50 dengan 47/100v

POLYTRON/DIGITEC BLACKBOX SERIES
TV ada garis vertikal berdiri. Bagian Hor. C 2,2/160V dan R 3K9/2W putus cek C 390 dan 470n/250v

POLYTRON GRANDMASTER GM 1481
Gambar tidak sinkron, logo TV ada ditengah. Ganti R452 :50k1/8 watt

****

TV Politron Minimax MX5203R
TV standby, lampu power berkedip-kedip.
Cek tegangan B+, ganti dioda D505 dan C507 pada B+

POLITRON-GM1483
OSD tidak ada. Buka R723 dan D732

POLITRON-P in P
Tuning geser dan blanking, OSD bagus. Cek tuner (digital 5v)

POLITRON (Regulator TDA8380)
B+ tidak stabil. naikkan Filter 15v bagian priner regulator ke 2200uf

POLITRON-GM1492
Menual Tuner jalan terus. Ganti Trafo AFT dengan E08L

POLITRON (AN5435=TDA3565)
Vertikal goyang, V.hight kurang . Ganti AN5435 dan R127 (13k)

POLITRON-BB1740
Tuning geser, VIF bagus. cek Transistor Band switch T708 (BC548)

POLITRON-PN20123K
Protek, star hidup lalu mati (Vcc bagus) Ganti IC 4558, penguat Vertikal

POLITRON-GM1490
Phase Horizontal geser (garis hitam), cek R449 (68) ke pin 12

POLITRON-LFS1465
Preset tidak berpungsi, cek R18 (10k) di pin 19 (UPC 1363)

POLITRON-PN14123KAG
Tidak bisa star, VCC bagus, ganti TDA 8841

POLITRON – Lama
Garis-garis hitam tebal naik turun baik posisi AV maupun di Channel.
Ganti Plyback (FBT).

POLITRON/DIGITE BLACK BOX SERIES
Hanya garis vertikal berdiri, ganti komponen bagian horisontal C 2,2/160v dan R 3k9/2watt, C390 ato 47n/250v

POLITRON GRAND MASTER GM1481
Gambar tidak sinkron, tampak logo dari stasiun TV ditengah dibatasi garis hitam. ganti R452; 50k ohm 1/8 watt

TV Politron Minimax 21″
Kadang star, kadang tidak.
Ganti Capasitor bagian regulator yang menuju ke Trafo driver horisontal ini dengan nilai 100mf/100v.


****

SHARP C.14JO
Hanya muncul seperti cahaya/bintik, ganti: Q604 u/ catuan 12v dan yang menuju ke tunernya.

SHARP EXPRESSION 51X220
Hanya suara, tanpa gambar, kadang ke standby. Ganti: resistor pembatas u / 180v R621 1 ohm

SHARP-51R200
Di star hidup lalu mati/led jadi merah. Cek R502 tegangan Vertikal

SHARP-14R20MKII
Di star led hijau hidup, lalu mati jadi merah. Cek Trafo driver horizontal

SHARP-20U200
Suara kresek-gresek,gambar bagus, suara terkunci pada D/K.
Ganti dan adjust, eprom 24C08

SHARP-14S20B/14R/B
OSD tidak ada, gambar geser kekanan. cek jalur AFC Pin 5 FBT

SHARP-20A2-S
Picture Blooming, warna bagus.cek parameter servis Adjustment

SHARP-C1424AU
B+ naik Jadi 250v (resitor,elco,dioda transistor,Vcc bagus).
Ganti STR 41090.
Regukator tidak bekerja. cek TR3279, D706, R705, R706, R707

SHARP 20X20
TV terprotek, ketika dihidupkan lampu indikator merah nyala,lalu hijau, kembali merah lagi.
- Reset IC EEPROM. caranya lakukan Jumper J137 dengan J138, lalu nyalakan TV, tunggu sesaat untuk wiriting IC EEPROM, sampai TV menyala normal.
- Matikan TV, lepaskan jumpernya.

SAMSUNG-CB3339Z
Blanking: cek bagian tegangan 5v (7805)

SAMSUNG-BIO-CB3366Z
Blanking (Vcc normal). Ganti IC chroma M52309SP

SAMSUNG-CB2039Z
Tak ada channel (33v,VT Normal). cek tegangan 12v

SAMSUNG-CB3862X
Gambar hanya ditengah, cek IC Vertikal, elco vertikal out 1000uf/35v

SAMSUNG- CB3366Z
SMR 40000 Rusak, di ganti rusak lagi, ganti modul driver HIS 6169

SAMSUNG CS5085
Vertikal bagian bawah kurang, ada garis tak menentu, suara melengking saat standby, ganti C407 330/50v

Samsung plano 21″
Hanya chanel frekuensi bawah yang bisa diterima, frekuensi yang di atas tidak bisa.
Ganti Diode zener 30v yang menghubungkan 100v ke VT Tuner





****

SONY-KV1415GE
Tidak bisa simpan channel. Ganti uCom M34302M8-712SP

SONY- KV G14P1
Layar gelap, OSD ada. Cek ABL R857 (82K)

SONY- KV1415GE
Tr Horizontal panas,Cek Horizontal OSC pin 27,ganti CXA1213BS

SONY-KV1430E
Vertikal cacat garis putih tengah gambar ada, Cek C854 (220uf/25v) filter 12v

Sony KV29MNT 29″
Layar di bagian bawa vertikal kurang penuh, gambar bergetar, lama-lama normal kembali
Ganti trimpot vertikal

Sony KV29MNT 29″
Pertama gambar normal, lama-lama gambar meleset/hanya raster saja
Ganti TUNER.

SANYO-CG20SR1G (Glaxy)
Blanking. Cek Eprom (A81DC-PD07), Ganti dengan 24C08

SANYO-KV-G14B1
Protek, di star hidup lalu mati: Cek C623 (220uf/50v)

SANYO- C14C11U (14U)
Standby terus, tidak mau star Cek R555 (47k)

SANYO CAP 3002
Transistor horisontal short, tegangan B+ naik hingga 200v lebih, ganti R555; 47k ohm di optocoupler

SOLITRON SM37-98
Tidak mau star B+ hanya 45v, ganti D 81 zener 4v7

SOLYTRON-SM3725
Di posisi AV suara chnnel muncul: cek Q1006 ke pin 12 dari IC 4053

SOLYTRON-SM3792
Tuning bisa berhenti,tapi channel tidak tersimpan: cek -30v supply memori

SOLYTRON-SM3730
Kadang bisa star kadang mati, cek 15v, C853 (4,7uf/50v)

SABA-MF522
Gambar Blanking, suara normal, ganti AV switch TE2014 cek juga jumper pin 10-13

SABA-MT5253
Protek, di star hidup terus mati, tegangan 9v normal: Cek IC Vertikal TDA 1771

SABA-MF5222
Tuning bergeser coba ganti LA7550 dengan LA7555

SAMSUNG CS 5085
Gambar bawah berkurang + garis-garis tak menentu, suara dengung sat standby Ganti C407 = 330/50v

SANKEN BAZZONEYE ST 2181
TV hanya standby, tombol tak berfungsi. Tegangan 24 v dan 12v turun. Ganti C 541 = 100/35v dan C 553 = 470/16v

SANSUI SV-2050J
Gambar bergetar, muncul garis-garis tebal berwarna gelap. cek C 708 = 220/50V, C 517, C 518 = 100/160V. cek juga CF902 = 503

SANYO CAP3002
TV Mati , Bila TR regulator diganti, maka TR Horizontal short, tegangan B+ naik ganti R555 47k di OPTOCOUPLER

SANYO CG21 XS2
TV tekunci di STANDBY. power bisa start tetapi kembali protek putuskan jumper J830 dan ganti FBT.

SHARP C14JO
Raster hanya kotak kecil ditengah coba cek jalur 12V.ganti Q604 untuk arus 12VOLT ke tuner

SHARP EXPRESSION 51X220
Protek(suara ada sebentar lalu kembali standby) cek R pembatas 180V R621= 1ohm

SHARP WONDER 14 “.
IC sering Vertikal terbakar cek R503 = 220 Ohm dan R (508)=1,5 ohm

SOLITRON SM37-98
Power supply mati. B+ 45 v. ganti Dz 81= 4v7

SONY KV20xxx
Gambar kosong suara langsung besar Ganti R627 = 4,7ohm dengan nilai 5,5v

SUKIRA-CE1493
TV standby B+ normal. ganti D606

SUKIRA-CE1493
Vertikal kurang full gangguan pada tegangan 33v yang drop cek tegangan pin 42 dari IC TDA8361



****

TOSHIBA-2545DE (TA8808)
Regukator dan relay tidak stabil.
Cek Horizontal oscilator out,ganti crystal 503F30 dengan 500F2.

THOSIBA-20N3XE (BOMBA)
Warna hilang, picture normal. Ganti IC TB1231.

THOSIBA-1450XNE (Dramatik Vision)
Regulator tidak stabil: Cek D873 (zener 16v) regulator.

THOSIBA-2955DE
Pencarian otomatis bagus, gambar tidak berwarna, suara jelek
Cek Adjust L671 di modul SIF

TOSHIBA-2840XH
Vertikal cacat. Cek Resistor, capasitor elco, IC,Vertikal feedback driver out tegangan normal 3-4 volt

Tohsiba bomba 21″
TV standby sendiri, kadang bisa star
Cek tegangan B+ di regulator, jika tak normal ganti optocoupler.

TV CINA
Regulator diam meski tanpa beban, Cek capasitor di basis power (15n)

TV Cina MASDA.
Warna hijau hilang, tegangan khatoda R,G,B normal dan seimbang tapi tegangan di R-out, G-out dan B-out dari IC LA76818 tidak seimbang.
Ganti IC LA76818



*********



Kerusakan secara umum pada TV China

- Jika TR sering mati akibat sangat panas cobalah ganti komponen pendukung, mungkin elco sudah aus.
- Jika tegangan naik, coba ganti R pada rangkain Adjusment Reg. 100K, 150K, R 47K
- Tegangan perlahan-lahan naik, coba ganti TR A1015.
- TV kadang bisa hidup dan sering drop, gambar menyempit dan tidak karuan , coba ganti Trimpot 2K2.
- TV bisa ON dan layar nyala tetapi hanya sebentar lalu layar menutup, kemudian menyala kembali begitu terus secara bergantian coba ganti dioda IN4148
- Tegangan tidak ada atau tidak muncul, atau juga tegangan drop dan ada bunyi pada trafo inverter, atau juga TR selalu jebol setelah diganti coba ganti optocoupler dan C 2kv .
- TV menyala normal, tiba-tiba TR mati tetapi tidak panas, coba ganti R1K2 dan C dumper(2000kv).
- Gambar tidak bisa disimpan/di auto search, coba ganti C 60pf atau 30pf tetapi bisa juga ada kesalahan data di VIF.SYS.SW atau VIF38,9.
- Gambar tidak sinkron, ganti elco 1uf 50v kopel pada IC gambar.
- TV hanya standby dan tidak bisa ON, OSD tidak ada, remote tidak berfungsi, coba cek IC eeprom
- Warna hilang bisa karena kerusakan data atau coba ganti elco 0,47uf 50v bagian croma
- TV hanya ada blue screen tidak ada OSD, satu warna hilang, cek IC gambar
- Tidak ada OSD, tombol TV tidak berfungsi. coba cek R 150K dan TR C1815 untuk sinkronisasi vertikal.
- Gambar hanya garis mendatar, cek IC vertikal
- Flyback rusak: TR horizontal ikut Short, Tegangan B+ jadi drop, Flayback mengeluarkan api, R hangus.

Kerusakan TV Goldstar

- STR S6707 sering mati / short, cek elco 35V220uf (suply STR), R 37 ohm
- Tegangan drop/pump-up, cek IC SE110/115. Opto coupler PC817
- B+ Drop dan tidak mau menyala, ganti elco B+ 160V220UF dan 100uf.
- Tv bisa menyala sebentar terus ke posisi Standby, cek semua elco tegangan drive, oscilator horizontal
- Gambar bergeser, tidak bisa menyimpan secara otomatis, cek coil Gambar dan AFT, ganti C ceramic 60pf
- Hanya OSD, gambar dan suara tidak ada, cek IC swicth AV/TV LA7222 dekat tuner.
- Gambar bloming atau terang sebagian coba ganti elco 180v untuk tegangan video
- TV selalu pada Channel tertinggi,tombol panel jadi berubah fungsinya, biasanya IC Memory rusak.

Gangguan pada Tuner

Gangguan pada Tuner mungkin yang terjadi adalah saluran tak mau terkunci dan saluran yang hanya tertentu saja. Coba Anda lakukan cari program semi auto, amati apakah mau berhenti atau tidak ataukah program jalan terus. Jika siaran tidak bisa terkunci maka kerusakan ada pada komponen trafo IF ( contoh 6019, 498U, Eo8L, 9074 dan lainnya). Jika siaran bisa berhenti dan terkunci dengan baik maka kerusakannya pada TUNER-nya. Coba ganti IF-nya lalu cek kembali dan perhatikan apakah program bagus atau tidak atau apakah sudah bisa terkunci. Jika ada perubahan warna dan suara berarti Tuner telah rusak. Tegangan pada Tuner juga harus pas dan stabil. Gangguan pada komponen IF membuat TV tidak dapat mengunci saluran TV, gangguan pada tegangan 33V akan membuat pergeseran siaran. Selain itu gangguan pada IC program juga menyebabkan tuner tidak bekerja.

Demikian trik mengecek secara cepat kerusakan Televisi dan beberapa masalah kerusakan yang sering terjadi pada TV dan solusi perbaikannya. Periksa secara teliti tiap-tiap komponen yang berhubungan dengan kerusakan yang ada, termasuk solderan yang mungkin sudah lepas dan goyang. Sekian dahulu ulasan saya mengenai Trik mengecek secara cepat kerusakan Televisi.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Blogger templates

sponsor