03/19/12

Sedikit Tips Cara Membandrek FLYBACK

 

Hampir semua teknisi TV pastilah pernah mengalami sedikit kesulitan dalam mencari serial FBT yang pas dengan yang mau diganti, kadang harus masuk banyak Toko elektronik tapi ternyata barang yang kita cari belum tentu ada, walhasil hanya memakan waktu, biaya, dan tenaga saja ... alias cuapek ... he he he ...
Gimana mau pembayaran wong cari sparepartnya aja nggak nemu. Tentunya kita sejenak berpikir untuk alternatif pengganti lainnya, satu-satunya jalan harus dengan Membandrek nya, atau mengganti dengan serial part yang lain kalo memang benar-benar nggak ada.
Disini saya akan memberikan sedikit gambaran membandrek FBT dengan hasil gambar yang bagus dan mudah2an hasil akhirnya awet .... biar nggak mengecewakan konsumen.
Okelah langsung saja, untuk dapat membandrek FBT langkah awal kita harus tahu data pin yang akan mau kita bandrek dulu, saat tidak ada tulisan di PCB-nya tentunya kita harus mengurut jalur masing2 sehingga dapat diketahui berapa voltase pada masing2 pin. Kita pastikan bahwa datanya sudah benar.
Alangkah lebih baik kalau kita punya banyak skema FBT, sehingga mempermudah pemilihan FBT sebagai penggantinya dengan kita tahu karakteristiknya terlebih dahulu.
Untuk pemilihan FBT sebagai pengganti janganlah asal, karena nanti berpengaruh pada hasil gambarnya nanti dan tentunya banyak kendala2 yang mempersulit kita sendiri pada proses pemasangannya. Untuk lebih mudahnya kita harus memperhatikan hal2 sebagai berikut:

1. Tegangan FBT / B +, ini adalah hal yang terpenting dalam pemilihan FBT pengganti, karena tiap2 FBT memiliki B + lain2, misalnya: 90V, 115V, 125V, 135V, harus disesuaikan, suatu contoh: B + 115V diganti dengan B + 125 ini nanti akan berakibat voltase yang keluar pada sekunder FBT menurun, dengan demikian gambar akan sedikit gelap karena tegangan Heater menurun, dan tegangan sekunder lainnya.

2. Motif Lingkaran Pin FBT , pilihlah motif yang sama lingkarannya, hal ini agar instalasi pada PCB-nya lebih gampang, tinggal tancap dan terlihat rajin, meskipun kita harus potong jalur karena voltase Pin yang berbeda.

3. Ukuran Inch CRT , ini juga berpengaruh lebih baik menggunakan FBT untuk ukuran Inch CRT yang sama, ukuran model TV sekarang misal: 14 ", 20" / 21 ", 29".

4. Merk TV , ini memang tidak begitu berpengaruh, hanya saja kalo menggunakan FBT yang dipakai dengan merk yang sama tentunya lebih mudah, karena biasanya Pabrikan untuk update produknya hanya ada perubahan sedikit, nah ini tentunya mempermudah kita dalam mengoplos Pin atau modifikasi. Misalnya TV merk Samsung menggunakan FBT FTK-14A004F (S) diganti dengan FBT FSV-14A001 milik Samsung ini, nah tentunya ini hanya perlu sedikit modifikasi saja.

5. Mungkin ada yang mau nambahin ....? Untuk tegangan AFC saat pada FBT pengganti nggak ada bisa diambil pada tegangan Heater, atau digulung membuat lilitan ekstra pada inti ferit FBT.Bila gambar melebar atau menyempit secara Horisontal, Anda bisa memodifikasi capasitor pada Yoke misal nilai2: 334/400V, 474/400V dengan menambah atau mengurangi. Janganlah merubah nilai capasitor Resonansi atau capasitor pada colector Transistor Horisontal, karena sangat beresiko. Saya juga sering mengganti FBT TV Cina dengan yang lain karena memang di pasar hanya sebagian saja yang ada, jatuh pada pilihan 154-177B milik Goldstar, karena serial ini banyak kecocokan dan harganyapun nggak terlalu mahal, banyak dipasaran dan lumayan awet meskipun kualitas biasa.

Salah satu trik mengakali SHARP Universe Protek


Tv keluaran tahun 2000 keatas rata-rata sudah dibekali dengan teknologi protek yg sangat komplit, ini memang sengaja dibuat oleh pabrikan dengan tujuan-tujuan tertentu,termasuk diantaranya melindungi dari bahaya kebakaran akibat dari korslet komponen didalamnya dan masih banyak lagi penyebab lainya. Nah kali ini saya akan memberikan salah satu trik mengakali SHARP Universe yang menggunakan IC IX 3368, IX 3410 yang mengalami protek akibat dropnya voltase 3,3v pada pin no 54, 56, 61, dengan tanpa mengganti IC-nya. Masing-masing pin semuanya bisa terjadi drop, tapi kebanyakan yang sering pada pin no 61(B+).Untuk ukuran drop voltasenya itupun bervariasi,diukur dengan multitester dari 3v, 2v bahkan sampai 0.Semakin kecil voltasenya semakin panas temperatur IC nya, makanya langsung terjadi protek. Droping voltase terjadi biasanya karena ada salah satu komponen yang bocor didalam IC yang sudah terintegrasi dalam satu cetakan pabrikan dari Phillips ini. Kebanyakan para teknisi tidak ambil pusing langsung mengganti IC, hasilnyapun langsung jreng tv langsung normal, namun kalo kita mengetahui harga IC tersebut didaerah saya harganya masih mahal sekitar 200 ribu, itupun sulit didapat harus pesan dulu di servis resminya,entah di daerah lain saya kurang tahu, jadi repot juga kan kalo konsumen kita nggak kuat untuk membelinya, belum termasuk jasa kita.
Coba kalo kita bisa mengakali dengan tanpa mengganti IC, lebih hemat/irit kan? konsumen pun akan terbantu dengan penghematan tersebut. Eksperimen yang saya jalankan sudah berjalan dua tahun lebih dan ternyata belum ada keluhan dari konsumen yang saya tangani alias aman2 saja, makanya ini saya beranikan untuk memposting disini, mudah2an bermanfaat bagi rekan2 teknisi semuanya, atau Anda sudah bereksperimen sebelumnya? Mari kita sama-sama belajar.

Untuk langkah pertama: kita siapkan resistor bernilai 10 ohm sampai 56 0hm (nilai resistansi yang bervariasi, ini nanti disesuaikan tergantung tingkat droping voltasenya) resistor cukup pakai 1/2 watt

Untuk langkah kedua: Kita pastikan pin mana yang mengalami drop, pin 54, 56, atau 61( selama ini saya belum mengalami drop voltase lebih dari satu pin, biasanya hanya salah satu), tetapi ada juga 2 pin yg sekaligus drop.

Langkah berikutnya: setelah kita jalankan langkah pertama dan kedua langsung saja ambil itu resistor. kita solder salah satu kaki resistor dengan pin yang mengalami drop, terus solder lagi kaki yang satunya menghubung ke output IC 7805 atau output IC 7808. Artinya resistor tersebut berfungsi sebagai jumper. Dengan kesimpulan pin yang drop membutuhkan suplai tambahan dari suplai lain akibat kehilangan voltase yang drop tadi. Dan ini yang menjadi catatan penting sebelum kita menjalankan langkah diatas, kita ukur dulu seberapa drop voltasenya karena hanya paling kecil 2V yang berhasil, kalo lebih kecil dari itu misal 1V bahkan lebih kecil, sebaiknya langkah diatas abaikan saja dan segera ganti IC yang baru. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini



Pada gambar diatas menggunakan 2 resistor sekaligus dengan nilai 30 ohm, karena memang ada 2 pin yang drop. SEMOGA BERMANFAAT

TV PHILIP 29 GAMBAR KOTOR

S atu masalah rumit yang pernah aku jumpa tentang tv philip 29'' nak kata susah pun tak la berapa susah tapi rumit, bila di on suis tv hidup gambar separuh (vertical) beserta dengan garis-garis halus berwarna hitam hampir memenuhi layar setelah diketuk ok pulak .. ini harus dry join .. aku pateri semua kat bagian vertical
kondisi masih sama aku ganti ic vertical TDA8359J tapi masih sama bengang kepala otak.Aku ganti capasitor tapi tak jadi-jadi jugak ... pening-pening aku ketuk dekat heatsink ok gambar elok lepas tu jadi balik .... puas pikir dah masalah bertambah rumit ... rupa-rupanya tak nak pakai silicon compound (yang berwarna putih macam kapur) aku buang semua kat ic dan kat heatsink penyebabnya baru aku tahu bila di alas dengan silicon maka putuslah ground ic vertikal ....





Mengatasi " Tidak Ada Sinyal " Pada Antena Parabola Digital FTA


Pada Artikel sebelumnya ( Mengatasi " Tidak Ada Sinyal " Pada Antena Parabola Digital FTA ), kita sudah membahas tentang kasus Antena Parabola Digital yang tidak dapat menerima sinyal Televisi dan Radio dari Satelit.

Pada artikel bagian ke dua ini, kita akan melanjutkan pembahasan tentang hal tersebut. namun indikasi yang muncul sedikit berbeda dengan kasus sebelumnya.

Sebenarnya Indikasi yang ditampilkan tetap sama, yaitu munculnya pesan " Tidak ada Sinyal " pada layar Televisi, yang berbeda adalah Informasi yang muncul ketika tombol Info pada Remot Kontrol ditekan, seperti yang terlihat pada Gambar 01 di bawah ini :


Gambar. 01

Di sini terlihat Intensitas sinyal sudah menunjukkan Persentase tertentu, sedangkan Kualitas sinyal tetap terbaca 0 persen dengan status sinyal terbuka. Informasi yang seperti sebenarnya sudah cukup menggembirakan, namun tetap saja semua saluran Televisi dan Radio pada daftar siaran tidak dapat di nikmati, karena pesan " Tidak ada Sinyal " akan kembali muncul pada layar Televisi ketika Informasi tersebut di tutup.

Berikut ini faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan tersebut, beserta cara memperbaikinya.

Pergeseran posisi Antena.

Antena Parabola Digital sebenarnya sangat peka dengan perubahan posisi, bergeser beberapa milimeter saja maka Kualitas sinyal nya akan menurun, bahkan bila pergeseran tersebut sudah mencapai ukuran sentimeter Kualitas sinyal bisa turun sampai 0 persen.

Terpaan angin kencang, dan Erosi di sekitar tiang antena, adalah Faktor utama yang menjadi penyebab pergeseran posisi tersebut terjadi. Seharusnya faktor-faktor tersebut bisa di antisipasi sejak awal, yaitu dengan cara memilih lokasi yang aman.

Tapi bagaimana kalau kejadiannya sudah begini, apa perlu lokasi Antena tersebut dipindahkan ? Sebaiknya memang begitu keputusan yang harus diambil, tapi tidak ada salahnya kalau kita mengusahakan perbaikannya terlebih dahulu.

Untuk melakukan perbaikan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tiang Antena sudah berdiri dengan tegak lurus, yaitu dengan cara menempelkan Waterpas pada tiang Antena tersebut. Setelah yakin tiang Antena sudah tegak lurus, lakukan penimbunan pada pangkal tiang untuk menjaga posisi nya agar tidak berubah. Supaya posisi tiang terkunci secara permanen, sebaiknya dipasang siku penyangga seperti yang terlihat pada Gambar. 02 di bawah ini.


Gambar. 02

Bila tiang Antena sudah berdiri dengan tegak lurus, tetapi kualitas sinyal belum juga mengalami peningkatan, lakukan penyetelan ulang posisi Antena. Sebelumnya, atur terlebih dahulu posisi Televisi dan Receiver sedemikian rupa, sehingga dapat akses dengan mudah pada saat melakukan penyetelan Antena tersebut, dan bila memungkinkan sebaiknya Televisi dan Receiver ditempatkan di luar ruangan tidak terlalu jauh dari lokasi Antena.


Gambar . 03

Kalau posisi Televisi dan Receiver sudah mantap, pilih salah satu kanal pada daftar siaran dan tampilkan Informasi sinyal pada layar televisi dengan cara menekan tombol info pada remot kontrol. Kemudian Longgar kan Mur M12 Nomor. 40 dan Nomor. 42, yang menjepit dudu kan baut pengatur kemiringan Timur dan Barat ( Nomor 41 ), longgar kan kedua mur tersebut saling menjauhi, sehingga keduanya mencapai jarak +/- 5 cm.


Gambar . 04

Gerakkan Solid Dish ke atas dan ke bawah, sambil mengamati perubahan kualitas sinyal yang pada layar Televisi. Bila terjadi peningkatan kualitas sinyal pada kemiringan tertentu, per tahankan posisi tersebut pada persentase sinyal yang tertinggi, kemudian jepit kembali dudu kan setelan kemiringan Timur dan Barat ( Nomor 41 ) dengan Mur 40 dan Mur 42.
Kalau sudah selesai, sekarang coba kontrol semua kanal Televisi yang ada pada daftar siaran Televisi satu persatu dan pastikan semunya sudah dalam status terkunci. Jika ada kanal televisi yang masih belum bagus kualitas sinyal nya, lakukan kembali penyetelan antena sampai semua kanal terkunci status sinyal nya.


Gambar . 05
Kerusakan Solid Dish

Solid Dish sebenarnya sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah mengalami kerusakan, tetapi perlakuan yang ekstrem pada saat pemindahan antena dan faktor usia tetap saja dapat mengakibatkan kerusakan Solid Dish tersebut.

Umumnya, kerusakan pada Solid Dish terjadi pada pertemuan tiap sisi lembaran nya. Karena pertemuan sisi lembaran ini sekaligus berfungsi sebagai kerangka Solid Dish, maka perubahan bentuk pada bagian tersebut akan mempengaruhi bentuk Solid Dish secara keseluruhan.



Gambar . 06

Bagian pertemuan sisi Solid Dish yang mengalami perubahan bentuk biasanya terlihat bergelombang di beberapa bagian seperti yang di tunjuk oleh panah merah dalam lingkaran putih pada gambar. 07 di bawah ini.


Gambar . 07

Kecil memang perubahan bentuk pada sambungan sisi tersebut, namun itu sudah lebih dari cukup untuk menggeser titik fokus Solid Dish yang seharusnya tepat mengarah pada LNB. Agar lebih meyakinkan kalau hal tersebutlah yang menyebabkan persentase kualitas sinyal menjadi 0 persen, lakukan pengujian berikut ini, tapi sebelumnya lakukan penempatan Televisi dan Receiver seperti pada perbaikan pergeseran posisi antena. Selanjutnya perhatikan Gambar. 08 di bawah ini.



Gambar . 08

Begini cara mengujinya. Pertama tahan bagian yang ditunjuk oleh panah a, kemudian tarik bagian-bagian yang ditunjuk oleh panah b secara bergantian dengan perlahan ke arah bawah. Perhatikan persentase kualitas sinyal, bila terjadi peningkatan pada saat salah satu bagian b ditarik, ini membuktikan kalau perubahan bentuk pada sambungan sisi Solid dish tersebut memang bersamalah.

Untuk melakukan perbaikan, longgar kan semua mur dan baut yang terdapat pada sambungan sisi Solid Dish yang mengalami perubahan bentuk tersebut. Dengan sebuah palu, pukul bagian sambungan sisi Solid Dish yang bergelombang sampai rata. setelah itu kencang kan kembali semua mur dan baut yang sudah di longgar kan tadi.
Kerusakan Mounting

Selain menjadi Pondasi Solid Dish, Mounting juga berfungsi sebagai pengatur arah kemiringan antena ( Baik itu arah kemiringan Timur-Barat atau pun arah kemiringan Utara-Selatan ).




Gambar . 09

Kerusakan pada Mounting umumnya terjadi karena faktor usia, akibat sudah terlalu lama terkena panas dan hujan, maka di beberapa bagian Mounting menjadi keropos dan patah. Bagian yang paling fatal akibatnya apabila mengalami kerusakan adalah bagian Mounting yang berfungsi sebagai poros ( Penyangga Utama ).


Gambar . 10

Karena sangat berperan dalam pengaturan kemiringan Antena, Penyangga Utama Mounting yang keropos dan patah tersebut dapat mengganggu stabilitas penerimaan sinyal dari satelit. Akibatnya, Persentase Kualitas sinyal turun naik meski pun Solid Dish tidak digerakkan.

Ada banyak cara yang dapat kita tempuh dalam rangka melakukan perbaikan pada Penyangga Utama Mounting tersebut, tapi yang perlu mendapat perhatian di sini adalah biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan terlalu banyak, sehingga membuat kita menyesal. Perlu diingat bahwa bagian yang kita perbaiki adalah benda yang sudah tua dan keropos.

Salah satu cara sederhana dengan ongkos minim yang pernah penulis lakukan, adalah seperti yang terlihat pada Gambar. 11 berikut ini.


Gambar . 11 
 
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan :

Lembaran kayu Ulin atau kayu apa aja yang cukup kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca, panjang dan lebarnya di sesuaikan dengan panjang dan lebar Penyangga Utama Mounting, ketebalan nya juga perlu disesuaikan agar ujung Solid Dish tidak tersangkut pada lembaran pada saat digerakkan.
Pengikat dari bahan karet yang dipotong memanjang, bahan yang paling cocok digunakan adalah ban dalam Mobil bekas, karena selain kuat juga mudah didapatkan. Cara Memasangnya :

Tempel kan Lembaran kayu pada bagian atas Penyangga Utama Mounting.
Ikat kedua ujung lembaran kayu dengan menggunakan bahan pengikat karet yang sudah kita siapkan tadi.
Agar memudahkan pengikatan, sebaiknya Antena di jungkir balik lebih dahulu.
Faktor - faktor lain yang perlu mendapat perhatian

Baut dan Mur. Periksa semua baut dan mur yang terpasang pada semua bagian antena, baik yang terpasang pada Solid Dish, atau pun yang terpasang pada Mounting. Karena mur dan baut yang longgar dapat juga mempangaruhi stabilitas penerimaan sinyal dari satelit.
Faktor lingkungan, yang perlu mendapat perhatian di sini adalah pertumbuhan pepohonan dan perkembangan bangunan di sekitar lokasi antena. Bisa jadi pepohonan yang dahulunya masih kecil pada saat antena dipasang , sekarang sudah membesar dan menghalangi penerimaan sinyal dari satelit. Demikian pula dengan perkembangan bangunan-bangunan yang berdiri di sekitar lokasi antena tersebut.
Benda-benda yang terjebak di dalam solid dish. Dedaunan adalah benda yang paling sering terjebak, permukaan Solid Dish yang berbentuk parabola sering sekali menjadi tempat berkumpul nya dedaunan yang beterbangan. Awalnya mungkin tidak mengganggu karena jumlahnya yang masih sedikit, tapi bila jumlahnya sudah bertambah banyak, tentu akan berpengaruh pada peroses penerimaan sinyal.

Default Setting Eprom Televisi TCL N 1497 A




Televisi TCL N 1497 A

Keterangan singkat

Merek: TCL (The Creative Life)
Model: N 1497 A (Dilengkapi dengan Radio FM)
Produksi: TCL Corporation
IC Program: 13-T11M28-05M01 8873CSANG6J71


IC 8873CSANG6J71

Cara membuka Menu Factory Setting
Turunkan level Volume Suara sampai nol.
Tekan dan tahan tombol Volume Down pada Keyboard Televisi.
Kemudian tekan tombol Display pada remot kontrol.
Lepaskan kedua tombol tersebut jika Factory Menu sudah terbuka, menu Factory setting akan terbuka ditandai dengan munculnya opsi menu yang pertama di layar televisi



Tombol Navigasi

Tombol P + (Ch Up) untuk pindah ke menu selanjutnya.
Tombol P-(Ch Down) untuk kembali ke menu sebelumnya.
Tombol V + (Volume Up) untuk menambah nilai parameter menu.
Tombol V-(Volume Down) untuk mengurangi nilai parameter menu.Horizontal Center

Tes Horizontal Center dapat dilakukan dengan menekan tombol TV / AV pada remot kontrol.Menutup Factory Menu Matikan Televisi kemudian hidupkan kembali, bisa menggunakan remot kontrol atau pun tombol power yang ada di televisi. Default Setting Faktory Menu

OPT 8A
RB 80
GB 8A
BB 9E
GD 2A
BD 33
CNTX 59
Brtc 33
COLC 37
TNTC 3C
COLP 05
COLS 50
Vcd2 34
SCNT 0F
Cntc 47
CNTN 08
BRTX 20
BRTN 25
COLX 20
COLN 12
TNTX 4A
TNTN 48
ST3 1B
SV3 20
ST4 1B
SV4 20
SVD 18
ASSH 05
SHPX 07
SHPN 14
TXCX 1F
RGCN 00
ABL 27
DCBS 19
CLTB 05
CLTD 05
CLTM 2C
CLVO 2F
CLVD 08
DEF 01
AKB 03
BBCT 04
HPOS 0C
VP50 07
HIT 25
HPS 0C
VP60 03
HITS 25
VLIN 0B
VSC 15
VLIS 0B
VSS 15
SBY 08
Sry 08
BRTS 00
RF AGC 26
HAFC 86
V05 0D
V10 12
V30 38
V50 5A
V70 6E
V90 74
V100 7B
Mutt 00
STAT 00
FLG0 06
FLG1 1C
VCD1 41
VCD0 00
UBK 08
VBK 08
MOD 00
STBY 7F
Svm 00
VBLK 08
VCENP 12
VCENN 12
HSIZ 20
PRBR 20
TRUM 20
ECCT 10
ECCB 10
EHT 24
UCOM 00
PYNX 28
PYNN 18
PYXS 22
PYNS 1E
MODE0 93
MODE1 17
Mode2 01
HD DELAY 0C
NOIS 01
NDTC 05
NDTCT 05
OSDH 25
OSDHS 1B
AOPT 00
OSDF1 5A
OSD2 1B
OSDF2 64
STBG 08
STI 08
STDK 08
STM 08
SSBG 00
SSI 00
SSDK 00
SSM 00
SYNC DET 02
NOIS DET 0F
SYBBN 00
SYBBF 00
SYSR 02
FMRADIO 80
WRCUT 00
WGCUT 03
WBCUT 0A
WGDRV 8C
WBDRV 97
CRCUT 00
CGCUT 05
CBCUT 85
CGDRV 8B
CBDRV 0B
OEMC 07
OEMH 12
OEMV 17
OEMVS 08
HBP 44
UVRCUT 00
UVGCUT 00
UVBCUT 00
UVGDRV 00
UVBDRV 00

OSD1 12

Demikian, semoga bermanfaat
Terima kasih atas kunjungan nya

TIPS UKUR CRT TV

Saya beberapa kali menemukan kerusakan pada tabung CRT salah satunya shortpada G2 (screen) dengan G1. Pada awalnya saya hanya uji coba (untung – untungan).
Sembuh ya bershukur Mati ya sudah. Akhirnya cara yang saya pakai ternyata berhasil.
Uji coba yang saya lakukan pada tabung CRT LG 21″ flat. Sudah berjalan satu tahun, dan sampai 
sekarang masih baik baik saja


caranya sangat mudah :
-Sedot solderan soket CRT (pin G2/screen)
-Lepas kabel fokus dari soket CRT
-Nyalakan TV dan masukan kabel / tegangan fokus ke pin G2 , kira-kira satu detik saja .
-Matikan TV dan ukur (dengan skala x10K) masih ada induksi atau tidak, kalau masih ada bisa di ulangi lagi.
Atau anda juga bisa mencoba untuk memastikan kondisi CRT dengan cara:
1. Heater/filamen crt disupply tegangan kurang-lebih 4 volt(ac atau dc sama saja).
2. Ukur dengan avometer (posisi pada 1kohm):
-colok hitam avo pada G1 colok avo merah pada KR
-coloh hitam avo pada G1 colok avo merah pada KG
-colok hitam avo pada G1 colok avo merah pada KR
3. Semakin kecil nilai ohm yang ditunjuk jarum avometer, semakin bagus kondisi crt.
Anda juga bisa melihat artikel trik pada layar CRT di artkel Trik CRT.
Apa anda juga memiliki referensi CRT,,, kalau ada silahkan share,,,,,,

Daftar Kemampuan Kawat Email dilalui Arus Listrik Daftar Kemampuan Kawat Email dilalui Arus Listrik

DKE = 0,1 mm. - KA = 0,016 s / d 0,024 Ampere.
DKE = 0,2 mm. - KA = 0,064 s / d 0,094 Ampere.
DKE = 0,3 mm. - KA = 0,141 s / d 0,212 Ampere.
DKE = 0,4 mm. - KA = 0,251 s / d 0,377 Ampere.
DKE = 0,5 mm. - KA = 0,390 s / d 0,588 Ampere.
DKE = 0,6 mm. - KA = 0,566 s / d 0,849 Ampere.
DKE = 0,7 mm. - KA = 0,770 s / d 1,16 Ampere.
DKE = 0,8 mm. - KA = 1,01 s / d 1,51 Ampere.
DKE = 0,9 mm. - KA = 1,27 s / d 1,91 Ampere.
DKE = 1,0 mm. - KA = 1,57 s / d 2,36 Ampere.
DKE = 1,5 mm. - KA = 3,53 s / d 5,3 Ampere.
DKE = 2,0 mm. - KA = 6,28 s / d 9,42 Ampere.
DKE = 2,5 mm. - KA = 9,82 s / d 14,73 Ampere.
DKE = 3,0 mm. - KA = 14,14 s / d 21,20 Ampere.
DKE = 3,5 mm. - KA = 19,24 s / d 28,86 Ampere.
DKE = 4,0 mm. - KA = 25,14 s / d 37,71 Ampere.
Keterangan: DKE = Diameter Kawat Email. KA = Kuat Arus Listrik.

Mengatasi Anoda Cup Falyback Tramsfomer yang Menyembur

Anoda Flyback Transformer yang menempel di sisi belakang CRT ( Catoda Ray Tube )TV atau Monitor Computer dilindungi oleh sebuah Cup yang terbuat dari karet, hal ini bertujuan agar tegangannya yang mencapai ratusan Kilo Volt tidak menyembur kemana-mana.



Karena faktor usia atau debu yang menepel disekitarnya Anoda Cup sering mengalami kebocoran, hal ini ditandai dengan suara yang berdesis disertai dengan kilatan berwarna pink di bagian sisi Anoda Cup yang menempel pada CRT, pada kondisi yang parah suara desisan diselingi letupan kecil serta kilatan yang makin membesar dan menyambar-nyambar. Anoda Cup dengan kadaan yang sudah demikian sebaiknya segera diperbaiki, sebab kalau tidak kondisinya akan semakin parah dan berpotensi merusak komponen elektronik yang ada pada TV/Monitor tersebut, bahkan CRT itu sendiri.

Berikut beberapa hal yang dilakukan penulis untuk mengatasi Anoda Cup yang mengalami kebocoran :

Lepaskan Anoda Cup dari CRT,

Anoda Cup Sebelum dibersihkan



Kemudian bersihkan dengan menggunakan kain. Bagian CRT tempat Anoda Cup menempel juga dibesihkan.

Anoda Cup dan CRT yang sudah dibersihkan



Siapkan Termal Paste, Bahan yang sering dioleskan pada Transistor atau IC sebelum di tempelkan pada lembaran pendingin.

Termal Paste





Oleskan secara merata pada bagian dalam dari Anoda Cup

Anoda Cup yang sudah diberi Termal Paste



Pasang kembali Anoda Cup ke CRT

Anoda Cup Di pasang seperti semula



Perlu diperhatikan sebelum melepaskan Anoda Cup dari CRT, pastikan tegangan yang tersisa pada Anoda sudah di netral kan dengan cara menyisipkan ujung obeng yang di sambung kan ke ground dengan seutas kabel.


Cara seperti ini penulis lakukan untuk Anoda Cup yang kondisi nya belum parah, kalau pada sisi dalam Anoda Cup tersebut sudah terdapat guratan yang cukup dalam, sebaiknya diganti saja dengan Anoda Cup dari Flyback yang rusak dengan syarat kondisi Anoda Cup masih bagus.

BELAJAR JARINGAN ELEKTRONIK INVERTER





Popular Search: jaringan inverter inverter belajar elektronik jaringan elektronika lengkap jaringan UPS jaringan inverter sederhana jaringan inventer inverter dc ke ac mosfet inverter dc to ac cara kerja inverter jaringan lampu emergency gambar jaringan inverter jaringan inverter 500 watt prinsip kerja inverter harga inverter 500 watt cara membuat inverter emergency lamp inverter sederhana skema inverter sederhana fungsi inverter lm2917 merakit inverter pengertian inverter frequency to voltage frequency to voltage converter harga inverter jaringan flip flop 12v skema inverter skema inverter 12v ke 220v konverter tegangan ke frekuensi emergensi lamp inverter cara membuat inverter daftar harga inverter skema inverter jaringan inverter sederhana rangkaiankonverter inverter 12 to 220 jaringan DC TO AC inverter 500 watt jaringan inverter dc to ac penggunaan inverter jaringan konverter frekuensi ke tegangan Rangkaian Inverter DC to AC 1000 Watt trapo inverter gambar elektronik belajar elektronika jaringan inverter 100 watt membuat inverter, elektronika, electronics circuit , handphone terbaru belajar elektronika jaringan inverter gerbang logika makalah gelombang elektromagnetik transistor sebagai saklar sensor suhu fungsi ldr jaringan elektronika gerbang logika dasar aplikasi diode untuk power supply <10 ampere jaringan elektronika terbaru CARA MERAKIT amplifier sensor gerak jaringan adc sensor cahaya Cara kerja Pemanas ruang pengertian cahaya pencacah sinkron DAC0800 cara kerja amplifier line follower cara membuat amplifier jaringan sensor gerak dioda zener Pengertian radio fm belajar elektro pengertian sinar ultraviolet CARA KERJA TRIAC LM35 catu daya prinsip kerja sensor cahaya cara membuat alat penetas telur alarm kebakaran saklar cahaya cara kerja motor servo pengertian flip flop google penggunaan nikel pengertian pwm belajar elektronik rangkaian elektronika sederhana JARINGAN LDR jaringan integrator makalah tentang gelombang elektromagnetik jaringan elektronika lengkap penguat volt jaringan kipas angin teori dasar radio transistor dekoder cara kerja SCR

TV PANASONIC 21'' TAK HIDUP

kemarin aku terima sebuah tv panasonic 21 inci .. menurut kata tuan dia tv dia memang tak pernah tutup, aku faham dan dia off dgn remote jadi dalam kondisi standbye .. jadi nak jadikan cerita mati la tv ni.Aku buka dan check memang dah mati, langkah yang pertama periksa condeser 450uf-400 volt pada kebiasaan memang masih ada charge buang charge terlebih dahulu

gunakan mentol lampu 240v letakkan di polariti + dan - sampai mentol menyala .. seteruskan periksa STR W6754 kalau rusak ganti periksa zener diode dan resisten yang berkenaan.Aku periksa dan ada 3 ekor anak buaya yang melekat pada transistor horizontal output setelah diperiksa dengan baik aku ubah str dan aku on tv ... tv hidup sekejap dan led berkedip harus ada masalah lain ni .... aku periksa suplly +140 volt ok je rupanya ada resisten R5198 putus tapi masalahnya tak nampak berapa nilainya aku ambil resisten 4R7ohm 3watt aku pasang dan di tv ternyata hidup dgn normal ....





INVERTER TEGANGAN TINGGI HORISONTAL


INVERTER TEGANGAN TINGGI horisontal
Pada postingan kali ini kita akan membuat inverter bertegangan tinggi .. lebih 10kv .. entah bermanfaat atau tidak tapi banyak sekali yg bertanya dan minta di buat kan jaringan untuk menaikan tegangan.
perna suatu hari saya berkunjung ke tempat paman saya tepat nya di daerah batu raja sumatra selatan .. nah .. di sana saya banyak jumpai kebun yg sekeliling pagar nya di aliri listrik ... menurt cerita itu sebagai penghalang babi hutan yg sering merusak tanaman.
Wow ... bahaya sekali ... apalagi listrik nya dari pln yg daya nya cukup besar ... dan sangat mematikn ... padahal tujuan awal nya hanya mengejutkan saja .. Nah ...!! Dari sana sy punya inspirasi untuk menggunakan flyback bekas tv sebagai soda tegangan .....

Pada jaringan di atas di saran kan hanya memakai satu buah transistor saja dengan tujuan agar arus atau daya tidak terlalu besar ... dan hanya tegangan nya saja yg tinggi sehingga akan menimbulkan efek kejut .. (bukan berarti tidak berbahaya)
Di sini saya menggunakan flyback bekas tv .. karena kalau harus gulung sendiri sngat repot dan tentu biaya akan lebih besar ... buatlah jaringan seperti gambar di atas dan kabel keluaran yg akankita gunakan adalh kabel anoda (tegangan tinggi)
beri keping penyejuk trasistr supaya tidak terjadi overheat ..
Catatan: semakin besar tegangan input maka makin besar tegangan yg di hasilkn .. dan begitu sebalik nya semakin kecil tegangan input maka tegangan yg di hasilkan jg akan kecil.
Semakin besar nilai resistor maka semakin kecil tegangan yg di hasilkan dan daya suply lebih irit.
Hati2 penulis tidak bertanggu jawab atas segala resiko nya.
Good luck ...

Mati Total pada Televisi SHARP WONDER atau yang sejenis


Televisi mati total .... ? itu sih gampang. Paling IC / TR Regulatornya yang jebol, bonus nya sekring atau resistor batu yang putus. Kecil bos .... !

Eit .... ! tunggu dulu, ini TV SHARP tuan, bisa saja gejala mati total tersebut adalah bagian dari sistem proteksi nya yang sangat canggih.

Umumnya, sistem proteksi pada TV SHARP menggunakan lampu STANDBY nya sebagai indikasi terjadinya gangguan pada sistem firmware atau pun kerusakan pada komponennya. Tetapi bila gangguan yang dialaminya sangat serius dan bisa berakibat fatal, sistem proteksi pada TV SHARP tersebut akan memutuskan seluruh aliran tegangan, dan mematikan TV secara total.

Berdasarkan pengalaman penulis. Berikut langkah-langkah yang ditempuh untuk mengetahui apa yang menyebabkan TV SHARP WONDER atau yang sejenis mati secara total.

1. Cek kabel yang menghubungkan TV dengan Setop kontak, hal ini jangan dianggap sepele, apalagi kalau steker pada kabel tersebut sudah diganti dengan steker yang bisa dibongkar pasang. Pernah dialami penulis saat memperbaiki TV yang mati total, semua komponen pada rangkaian regolatur sudah diperiksa tapi tidak satu pun ditemukan adanya komponen yang rusak. Setelah kabel listriknya di cabut dari PCB TV dan dicek Tegangan nya, ternyata penyebabnya hanya gara-gara terlepas nya salah satu kabel pada steker bongkar pasang tersebut.


2. Periksa sekring ( F 701 ) kalau putus, periksa IC 701 ( STR F 6654 ) . Blia F 701 putus ada kemungkinan IC tersebut jebol, ganti dahulu dengan yang baru.

Bila ternyata TV hidup, tapi terjadi penyempitan pada sisi kiri dan kanan layar, disertai gambar yang bergoyang ketika volume suaranya di keraskan. Periksa R 710 dan R 711 ( keduanya berukuran 0,33 Ohm / 1 Watt ) , mungkin salah satu diantaranya ada yang putus. Karena kedua resistor ini di pasang secara paralel, maka sebaiknya dilepas dahulu sebelum di periksa.


3. Setelah IC 701 diganti, tapi masih belum ada tanda-tanda kehidupan. Ukur hambatan R 723 ( 680 k Ohm ), kalau putus ganti dengan yang baru.


4. Masih belum mau hidup juga ... ? sekarang periksa Dioda Zener D 710 dan D 716, kedua dioda ini biasanya Short juga bila IC 701 jebol. Jika D 710 dan D716 tidak apa-apa, periksa kondisi Q 710 ( C 4517 ).




Sebenarnya masih banyak lagi bagian Regulator yang perlu di telusuri , guna melacak keberadaan komponen yang berma salah. Tapi kita batasi saja sampai di sini dulu ( Karena terbatasnya tempat dan juga keterbatasan Ilmu ), kita anggap saja bukan rangkaian Regulator yang menjadi penyebab mati total nya TV.

Sebelum pemeriksaan di lanjutkan pada bagian lainnya, kita rapi kan dahulu rangkaian Regulator yang sudah kita acak acak tadi. Kalau ada komponen yang dilepas, sebaiknya di pasang kembali seperti semula.

5. Sekarang kita beralih ke bagian lainnya, coba lepaskan D 762 dari papan PCB TV.



Bila pada tahap ini ternyata TV bisa hidup, berarti IC 801 ( TDA 9381 - IX 3410 ) sudah tidak berfungsi lagi dengan baik. Bukan D 762 yang kita cabut tadi.



Agar lebih yakin, tunggu beberapa saat. Biasanya setelah beberapa menit dihidupkan, TV akan mati Stanby dan hidup kembali dengan sendirinya.

Untuk melakukan penggantian, usahakan menggunakan IC yang sama tipe nya. Tapi bila mengalami kesulitan untuk mendapatkannya, bisa diganti dengan tipe TDA 9381 - IX 3412.

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat menyebabkan TV SHARP mati secara total, tapi pengalaman penulis hanya sebatas itu saja. Bila pada langkah-langkah di atas sudah dicoba tapi tidak membuahkan hasil, jangan menyerah, asal tekun dan sabar pasti pada akhirnya anda temukan juga solusi nya.

TV Sony KV-1405GE, Ada suara nggak ada foto!


Kemarin sore lagi-lagi dapet servisan tv sony yang blank, ada suara tapi nggak ada gambar, typenya KV-1405GE yang menggunakan aisy program M34302M8-712SP, aisy Kroma CXA1213BS, aisy vertikal LA7830, dan STR S6307.Box belakang saya buka dan tv saya ON kan kemudian saya amati heaternya dalam kondisi nyala, lalu saya puter maksimal potensio screen di blok RGBnya, gambar muncul tapi sangat gelap sekali, kemudian saya lakukan pengukuran di pin G2 soket CRTnya dan saya temukan tegangan 45V, padahal normalnya untuk jenis trinitron sekitar 450V DC , jelas ada yang nggak beres di jalur ini.
Pada tv ini untuk tegangan screen dan fokusnya mengambil dari jalur H.out FBT, dengan melewati R852 = 1K baru masuk ke D852 = RGP02, naaaaaaah .... R852 inilah penyebab dropnya tegangan screen dan fokus CRT, kondisi bodynya sih masih bagus tapi setelah di ukur ternyata putus, kemudian saya ganti dengan yang baru, saya coba ON kan tv mak craaaaaak ...... eeeee .... R852 tersebut langsung terbakar, waduuuh .... . apanya lagi nih? Setelah saya teliti ternyata penyebabnya adanya loncatan tegangan di pin 1000V ke GND, setelah saya bersihkan PCBnya jelas sekali jalur loncatan tersebut sampai membekas di PCB, setelah pembersihan PCB R852 saya ganti lagi dan saya coba ON kan tv nya lagi, dan m @ k craaaaak. ..... tv sudah normal kembali, hehehehehe ..... syukur Alhamdulillah!
Dan lagi-lagi penyebab kerusakannya adalah hanya sebuah resistor saja, maka dari itu jeli dan telitilah di setiap menghadapi setiap servisan tv, janganlah mikir yang susah-susah dulu, siapa tahu penyebabnya hanya part yang murah-murah saja. Semoga ada manfaatnya dan SUKSES buat ANDA semua.

Hati-hati pasang flyback baru dari pasar

 

Hati-hati pasang flyback baru dari pasar Flyback yang dijual dipasaran umumnya bukan merupakan produk dari pabrik aslinya, tetapi merupakan produk dari suatu pabrik yang memporduksi berbagai macam tiruan part nomor flyback dari berbagai macam merk. Hal ini kadang dapat menimbulkan masalah jika kita tidak seksama dalam cara pemasangannya. Berikut adalah beberapa contoh kasus yang pernah diketemukan. Gara-gara ganti flyback, maka heater CRT putus. Ternyata tegangan keluaran pin-heater saat diukur adalah 24v (ceritera rekan teknisi) Kami sendiri kalau mengganti flyback, maka CRT soket selalu kami lepas dahulu. Kemudian pesawat coba diaktifkan dan selalu cek tegangan heater terlebih dahulu. Kalau tegangan sekitar 6v berarti aman. Suatu saat kami pernah mendapatkan tegangan heater keluarannya 12v. Masalah ini dapat kami koreksi dengan menginstal tambahan sebuah resistor 12 ohm/2w secara seri dengan jalur heaterTegangan 180v hanya 150v Kami pernah menemukan pin-tegangan (-) 12v hanya keluar (-) 8v sehingga menyebabkan problem pada bagian vertikal. Untungnya masalah ini dapat dikoreksi dengan menambahkan gulungan sendiri pada inti ferit. Hati-hati jika menambahkan gulungan, sebab kalau arah gulungan salah justru tegangan keluaran akan semakin drops. ******************************* ***** Aku juga pernah ketipu boss, tegangan 180 voltnya malah gak keluar alias gak sambung, untungnya pada tv china - jadi bisa kuambilkan dari sekunder SMPS-nya. Aisy - 7 June 2011 22:55 hahahahaha ..... saya juga pernah lo Pak Marsono! Ketipu sama FSV14Axxx abal-abal di pasar, waktu di tes si IC vertikal langsung pecah kebul-kebul, setelah ukur sana ukur sini ternyata pin 24V yang seharusnya keluar 24V la kok malah keluar tegangan sebesar 115V, ya sudah terpaksa beli lagi ke toko yang lainnya hehehehe ........... Sunday, May 8, 2011 Lidah api (corona) menyembur keluar dari sekitar karet anode kop CRT Achir-achir ini kami mendapat pertanyaan dari beberapa teknisi luar Jawa tentang penyebab terjadinya lidah api (corona ) dari kop anode tabung gambar dan cara mengatasinya. Problem biasanya disertai dengan suara mendesis. Kadang problem sulit diamati - dan hanya suara desis yang tersengar.Agar dapat diamati perlu dibuat gelap runagn sekitarnya. Suara desis kadang bukan berasal dari kop anode, tetapi dari kabel tegangan tinggi yang telah mengalami penurunan kualitas (degradasi) - sehingga bukan lagi sebagai isolator tegangan tinggi yang baik.Fungsi kop anode Udara mengandung kelembaban air ( humidity) sehingga dapat menjadi penghantar listrik tegangan tinggi. Dalam kondisi normal - kop anode berguna "mengisolasi" ruang dari dalam kop dari udara luar - agar listrik tidak menyembur ke udara. Kop anode yang baik harus bersifat menempel seperti ada semacam sedotan sehingga bagian-bagian pingigr sedikit susah kalau mau diangkat. Saat selesai menginstal kop anode - kemudian harus sedikit ditekan agar udara didalamnya sebagian keluar - agar dapat menempel seperti ada sedotan. Penyebab lidah api (corona) menyembur dari sekitar karet kop anode tabung gambar. Pada prinsipnya tidak bisa ada hubungan antara udara didalam dan udara diluar kop anode (walaupun hanya selembut pori-pori) Ada kotoran diantara kaca tabung CRT dengan karet ko anode. Kaca tabung CRT sekitar anode tergores. Kaca tabung CRT sekitar lubang anode kadang diberi lapisan seperti cat yang berwarna agak merah . Terjadi penurunan kualitas (degradasi) pada karet kop anode - sehingga tidak bisa menempel dengan baik (ada keboran udara) Kaca tabung CRT sekitar lubang anode terbakar oleh lidah api. Kalau diamati nampak ada alur-alur lembut yang berwarna hitam bekas terbakar lidah api. Karet kop bagian dalam terbakar.Kalau diamati pada sekeliling bagian dalam karet anode kop nampak ada seperti alur-alur hitam lembut yang berwarna hitam bekas terbakar lidah api Cara mengatasi Pertama - coba bersihkan karet kop bagian dalam dan kaca tabung CRT. Ganti karet kop anode (bisa digunakan kop dari flyback bekas yang masih bagus). Saya biasanya ambil dan kemudian simpan kop anode dari bekas flyback rusak. Jika kaca CRT ada bekas gores, saya biasanya beri lapisan plak band warna coklat pada sekitar lubang anode. Pasang plak band agar menempel dengan sempurna sehingga nanti kop anode akan menempel pada lapisan plak band ini. Beri lapisaan cat ulang (tapi hal ini cukup repotkan - dapat digunakan cat meni) Cek apakah karet kop telah menempel dengan baik (seperti ada sedotan) Catatan: Pengalaman kami menggunakan lapisan dari plak band bening - ternyata plakband tersebut dapat terbakar oleh lidah api. Tuesday, January 18, 2011Kerusakan kabel tegangan tinggi dan kop tegangan tinggi. Adalah cerita dari teknisi anymous (tanpa nama) yang mengirimkan email kepada kami. Wahh. . Bener2 lagi apes deh, saya minggu ini ......... bagaimana tidak?? Saya dapat garapan tv 29 "polytron big beauty dengan penyakit lampu power kedap kedip dan speaker bagian kiri ada suara BLEK ..... blekk. Saya cek ternyata ic sound TDA2050 bagian kanan short dan regulator diukur ternyata B + 153v .. ohh pantass. Setelah maintenance regulator dan ic sound diganti, tv pun dijajal 3 jam dan OK ..!! Nah .. dari sinilah awal mula apes kecelakaan itu terjadi. Sebenarnya saya sudah tau kalo kop karet fbt udah kendor gak ngepress lg ke tabung dan ada suara desis dan bau khas dari fbt tapi tidak lamgsung saya ganti, gak sempet karen ada panggilan keluar ..... pikir saya ..... ah gampang nanti aja ...... tv pun dibiarkan terbuka tanpa casing dan saya matikan, udah beres ngejajalnya dan lalu saya tinggal pergi. Pas pulang ke rumah saya langsung memasang casing tv dan tv pun saya coba hidupkan .... dan yang terjadi adalah PLETAK-PLETEK-PESSS .. tv langsung stand-by ....... Wahhh ..... dasar bego ..... ternyata saya lupa mengganti cop fbt .... sehingga ... api fbt dari kop loncat menghantam casing tv ...... dan saya langsung lemes ...... ternyata HBT-00-01 nya yg jebol ... mahal lagi ..... udah gitu ditambah 2 macam penyakit lain yg rumit sekali dan susah ketemu penyakitnya ...... seolah2 kena petir aja .. sial aku ... tv yg tadinya cuma 2 jam dah kelar sekarang jadi 2 minggu ngerjainnya ..... ditambah lagi kebingungan masalah biaya spare part. Ulasan kami untuk cerita diatas. Kalau menurut pengalaman kami penyebab loncatan api bukan karena kop yang sudah bocor. Lompatan api berasal dari kabel tegangan tinggi yang sudah mengalami "degradasi" atau penurunan kualitas sehingga tidak tahan tegangan tinggi lagi. Ketika rear cabinet (tutup belakang) dipasang kabel tegangan tinggi nempel atau terlalu dekat dengan cabinet sehingga terjadi loncatan api tersebut yang disertai suara pletek-pletek. kabel tegangan tinggi (terutama 29 inch) yang mengalami degradasi kalau didekati tangan dapat menyebabkan kita kena sengatan listrik yang cukup kuat. Untuk memeriksa kerusakan kabel tegangan tinggi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: Ambil kuas yang kering. Buat agar ruangan menjadi gelap Oleskan pelan-pelan kuas sepanjang kabel tegangan tinggi dan amati dengan seksama ujung kuas yang dioleskan. Jika kabel tegangan tinggi rusak, maka akan muncul corona. Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah: Mengganti kabel tegangan tinggi, tetapi hal ini agak sulit dilakukan. Memberikan isolasi tambahan pada kabel tegangan . Menggunakan slang plastik sedotan minum sebagai isolasi. Untuk memasukkan slang ini cukup sulit, tetapi dapat dibantu dengan memolesi kabel dengan sedikit oli. Pastikan bahwa kabel tegangan tinggi tidak menempel atau terlalu dekat dengan tabung gambar, def yoke atau rear cabinet. Apakah kop bocor dapat menyebabkan kerusakan? Pengalaman kami kop yang bocor dapat menyebabkan kerusakan. Ini terjadi pada teve china 14 ich dimana berulang kali selalu rusak transistor A1015 nya setelah diaktifkan beberapa jam. Setelah kami amati dengan seksama ternyata: Kebocoran kop menyebabkan kadang terjadi loncatan api kearah kabel degausing yang melintang pada bagian sebelah atas kop. Dan hal ini menyebabkan kerusakan part yang lokasinya dekat dengan konektor kabel degausing, dimana kebetulan ada transistor A1015, Sebagai solusi maka kami lilitkan beberapa gulungan kabel engkel pada kabel digausing yang kena loncatan api tersebut. Ujung kabel tersebut lalu dihubungkan ke ground, dengan tujuan agar kalau terjadi loncatan api, langsung lari ke ground lewat kabel ini.

TV POLYTRON LAMPU STANBY KEDIP CEPAT

ketika kita menemui pasen tv politron yg memakai ic prog HBM 00 O1 croma STV 2286 ic vert TDA 8174aw dengan kerusakan lampu stanby yang berkedip cepat dan disertai dengan suara desis di spiker,maka solusinya gampang saja ganti saja D522/IN4002,dan jangan sampai lupa untuk mengecek elco2 yang berada di jalur 14v kalo kelihatan botak/sedikit botak langsung ganti dgn yg baru ,taklupapula saya ingatkan untuk elco yangberada di vcc50v 10mf 50v ganti 47mf/100mf 100v . semoga sukses buat semuaya



TV PANASONIC GAMBAR ILANG CUMA ADA SUARA KECIL

TV PANASONIC sasis TC-1450R REG STR 50213 VER AN 5521 PRG MN15142TEA1 CRM AN 5601K
kemarin aku dapan pasien tv panasonic dgnkerusakan tv kalo dinyalakan normal tapi kurang lebih 5 atw 10 menit tv ilanggambar disertai suara dengik dari regulator tapi anehnya masih ada suara di sepiker meskipun sedikit pelan, setelah itu ukur2 para ukur dioda zener tr sampe str pun saya ganti tapi hasilnya tetap sama yah puyeng kepala kalo begini, pas saya lagi pusing datang teman seprofesi saya untuk membeli alat, terus saya adukan kepuyengan saya, wah kebetulan temensaya pernah alami kerusakan YG begitu, dia bilang cabut aja komponen Q504, setelah saya cabut mak creet tv menyala dan tidak mati lagi jadi caer deh alias gajian 'cuman untuk resiko nya 1 atw 2 bulan / tahun kemudian itu yg saya ndak tau, bagi temen2 yang tau solusinya bagi2 ilmunya yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa saya tunggulhooooooooo?

Kerusakan - kerusakan pada Tv Goldstar

 

Kerusakan - kerusakan pada Tv Goldstar
1. Kerusakan power suply
• STR S6707 sering rusak atau short penyebabnya adalah elco suply STR 35V220uf nilainya berubah.
• Untuk STR yang short / koslet bisa di modif dengan mengganti dgn TR biasa / D2498 dengan memotong 3 buah kaki.Yaitu pin 1, 2 dan 3.
• Pin 1 untuk colector
• Pin 2 untuk Emiter
• Pin 3 untuk Basis
• IC SE110/115. Opto coupler PC817 juga sering bermasalah, efeknya tegangan drop / mendut2.
• Bila STR rusak / short R 37 ohm softstart sering putus.
2. Kerusakan TR horizontal biasanya disebabkan Flyback rusak 3. Tv tidak mau menyala karena B + Drop ganti elco B + 160V220UF dan 100uf. 4. Tv bisa menyala dan setelah beberapa menit Standby, ini karena TR horizontal panasnya sudah berlebihan (over heat) mungkin lama2 bisa jebol. • Kerusakan pada elco2 tegangan drive dan oscilator horizontal. 5. Gambar bergeser dan tidak bisa disimpan otomatis, kerusakan pada coil Gambar dan aft. • Ganti Travo / coil Gambar dan aft, atau bisa juga dgn mengganti C yang ada di dalam Travo / coil dengan C ceramic 60pf. Pada saat pengetriman dibutuhkan kesabaran. 6. Gambar / suara tidak ada tapi OSD Normal, sering bermasalah pada IC swicth AV / TV LA7222 yang ada didekat tuner. 7. Gambar mbleber / mblobor atau terang separuh, Ganti elco label video 180v. 8. Kerusakan IC Memory. • Tv bila diaktifkan selalu pada Channel tertinggi • Untuk Tv Goldstar tertentu, Tombol panel bekerja tidak sesuai fungsinya / kacau. 9. Dan yang jangan pernah terlupakan yaitu solderan retak / kendor pada IC atau komponen lainnya.

TV PANASONIC TC-14S20 tak ada OSD



Kemarin siang dapet panggilan garapan TV Panasonic type TC-14S20 dengan kerusakan gambar dan suara normal tetapi OSD tidak nampak sama sekali.
TV ini menggunakan aisy program MN152811TZX, aisy Kroma AN5192K-B, aisy vertikal LA7837, dan TR regulator C5253.
Pertama kali ukur dulu tegangan vital yang berhubungan dengan nampaknya OSD yaitu pin AFC di FBT, pin H, sync dan V.sync di aisy program, tapi sebelum itu saya buka dulu skemanya di ponsel untuk bahan perbandingan nilai referensinya, alhamdulillah di skemanya pada aisy program ada nilai-nilai tegangan di masing-masing pin yang bisa di jadikan acuan pengukuran.
Pada pengukuran di temukan pada pin AFC FBT terukur 24VAC ini adalah normal, kemudian beralih ke pin V.sync di sini terukur 4.3VDC ini juga normal, beralih lagi ke pin H.sync dan terukur 9.9VAC, naaaaaah ..... di sini rupanya letak penyebabnya, padahal normalnya sekitar 4VAC sampai 6VAC saja, akhirnya perburuan pun di mulai di sepanjang jalur H.sync nya, dan akhirnya tertangkaplah biangnya yaitu Q1135 = C945, pada beberapa type ada juga yang pakai C2785.
Setelah penggantian TR tersebut akhirnya OSD kembali nampak.
Alhamdulillah Ya Alloh atas semua petunjukmu, dan SUKSES buat rekan-rekan semua!!

Posting Lebih Baru Posting Lama

Blogger templates

sponsor