Monitor Samsung 2/3 layar kanan terblok bayangan hitam


Kali ini saya mencoba menulis hasil servis saya kemarin. Monitor yg saya servis adalah samsung 15" dengan kerusakan sebagai berikut :

Gambar keluar tapi di setiap baris tulisan ada bayangan blok hitam yang mengikuti dengan arah menyamping ke kanan. Blok hitam ini hampir menutupi 2/3 dari layar monitor. Jadi bagian 1/3 kiri monitor nyala normal, kemudian diikuti dengan 2/3 kanan yang terblok oleh bayangan hitam.

Penyebab dan pemecahan Cara Servis Monitor Samsung 2/3 layar kanan terblok bayangan hitam :

Penyebab dari monitor 2/3 bagian kanan terblok oleh bayangan hitam adalah rusaknya ELCO REGULATOR Untuk tegangan G1 / Brightness.



Elco ini biasanya ukurannya 10-22uF/250v, dan letak elco ini adalah di dekat flyback. Kalau anda mencari di rangkaian, ELCO G1 ini akan anda temukan setelah dioda terbalik yang terhubung dengan pin G1 sekunder flyback.

Elco ini memang kelihatannya nggak rusak tapi sebenarnya cairan didalamnya sudah kering, Jadi ganti aja dengan ELCO baru / yang masih bagus.

Demikian sharing pengalaman tentang servis monitor samsung dengan kerusakan layar sebelah kanan terblok oleh bayangan hitam.

Semoga bermanfaat ......