Jangan Buang AKI kering anda dulu

gw punya aki kering yang udah ga kepake, kurang lebih ini aki udah gw diemin di gudang 7 bulanan, sebelum ini aki tekor/ rusak, sebelumnya waktu gw beli motor second ini aki udah lama ada (ga tahu selama yg punya dl pernah ganti apa ga) tapi sebelum 7 bulan gw diemin aja, sebelumnya ini aki juga udah gw charger di tukang aki, tapi cuma bertahan 2 bulan kurang lah, memang sudah ga bagus kli. akhirnya pada april 2008 gw gantilah aki yang baru, saat na aki yang rusak ini lengser.

tapi setelah 6 bulan pakai, ternyata aki kering gw kembali tekor, gw cek lah ke tukang aki dengan harapan di charger bisa kembali fit, eh ternyata kata tukang aki na, nih aki udah lemah, ga bisa di isi, wah makin sedih deh. akhirnya karena belum ada dana buat beli aki baru gw biarin aja dl tuh motor bohay tanpa aki. takut na gw sih setelah ganti aki ternyata 6 bulan kemudian soak lagi, kan apes nama na. setelah dipikir2, dan setelah looking2 di google dan beberapa blog ternyata tidak mendapatkan jawaban yang puas. terutama mengenai cara mengecek kerusakan kelistrikan, ternyata tidak ada yang bisa memenuhi hasrat gw mengenai pertanyaan tsb. yang sebel nya lagi udah nanya ke blog na ahass masih belum ada jawaban. mw bawa ke tempat service honda resmi tar malah biaya na jadi makin nambah lagi, maklum deh motor second klo di bawa service resmi malah mahalan service na.

dulu sempet kepikiran untuk ganti kiproknya dulu, karena kalau gw beli aki na dulu terus ternyata kiprok na juga belum bener nanti tuh aki ga beberapa lama tekor juga pasti, setelah nanya2 ke ahass deket rumah, harga kiprok asli sekitar 190rb-an, sedangkan aki keringnya sekitar 200rb-an, wah-wah makin pusing deh gw. setelah pusing2 na ilang akhirnya gw menemukan situs yang membahas cara mengecek spull motor, nah referensi inilah yg gw pakai untuk kedepan na. karena gw termasuk orang yang kalau gw bisa ngerjain sendiri buat apa periksa ke bengkel, muahal bo klo ga punya kenalan. lalu gw cek lah spull motor gw, ternyata memang kurang supply listrik ma, mungkin karena itu aki gw tekor, karena supply na dikit jadi na aki tidak terisi dengan sempurna. lalu dengan semangat gw bongkarlah tuh spull. ternyata setelah susah payah dibongkar akhir na dapat dibuka juga, eh ternyata tuh spull udah bekas gulungan juga, wah2 pantesan aja. akhirnya besok bokap gw berangkat beli spull dan kiprok (kurang lebih sekitar 200an). yang pada akhirnya kiprok na pun tidak terpakai. karena yang lama masih bagus. setelah spull terpasang gw cek lagi pakai multitester, bagus ternyata arus na lbh besar dari sebelumnya.

berhubung aki belom sempet dibeli, gw nyari2 referensi dulu, pengen na sih pakai aki maxima tapi gw kwatirnya kalau pakai aki kering lagi nanti bisa tekor lagi, karena menurut beberapa sumber ( ternyata lbh banyak yang bahas aki di internet daripada kelistrikan motor) aki kering itu kalau di diemin maka akan lebih cepat tekor na daripada aki basah. trus sempet bingung juga mw pakai aki basah tapi ada efekna ga yach sama motor atau sama kelistrikannya, hasil searching2 ternyata cuma ada yang memberitahukan ga kenapa2 asalakan arus ampere na sama, dan ada juga yang mengatakan bahwa ampere pengaruhnya kalau kita memakai banyak aksesoris kelistrikan. wah makin bingung deh, karena banyakan yang membahas soal ini adanya di klub2 motor cowo (maksud na kya tiger, thunder, megapro) kan motor gw bebek. akhirnya udahlah besok gw mw langsung beli aki aja, nekat deh mw beli yang basah aja.

sempet was2 juga setelah sampai ke rumah dan pasang nih aki, mana bentuk na lebih besar lagi, untung lebarnya cukup di karisma gw, cuma rada tinggi aja, setelah gw tambahin kabel lagi buat yang negatip, karena kurang panjang akhirnya bisalah dipasang nih aki. first impression setelah kunci d kontak ke on, akhirnya indikator gw nyala juga setelah beberapa minggu. dengan menggunakan kick starter gw nyalahin deh tuh motor, ngreng…….ngereng………………………

akhirnya my baby blue bala-bala nyala juga. duh seneng na bukan maen. ok kita skip karena mw membahas aki yang soak tadi. nah karena gw masih penasaran gw apain tuh aki, nyari2 di google lagi ternyata pernah ada yang membahas ttng mengubah aki keringnya menjadi basah, sebenernya cukup simple caranya, cukup di buka aja tutupnya, berhubung aki motor gw kaya gini. jadi lebih gampang deh buat masukin air aki na (air yang tutup biru yach)



setelah gw isi lalu gw charger deh, kebetulan di rumah ada ac-dc converter, gw coba aja buat charger nih aki, kan nih udah aki basah. 10 menit d charger gw tes pake lampu ternyata tuh nyala tuh lampu, wah akhir na gw charger lg deh selama sekitar 5 0r 6 jam. trus gw tes lagi pake lampu, lebih terang lah yang jelas. terus gw cobain deh di motor, ternyata lampu panel nya nyala, trus gw klakson juga kenceng, tapi pas s starter, ngek….ngek….ngek….. ternyata tetep ga bisa d starter elektik. mungkin emang udah ga kuat buat starter elektrik tp mungkin aki gw yang gw beli bulan april kalau gw ubah jadi basah mungkin mw kali, tp sayang ah, nanti2 aja buat stok experimen nanti. sekarang pakai yg aki basah yuasa dulu aja.

lumayan lah punya aki 1 buat cadangan mati lampu. bsk2 klo punya aki kering yang dah mati/ tekor cobain kya gw dulu aja, mungkin bisa idup lagi. kan itung2 berhemat, 100 lumayan kan klo beli aki baru (aki basah tapi na).