Cara Ganti EEPROM Memory TV LCD Monitor DVD


Pada peralatan elektronika saat ini seperti televisi baik Catode Ray Tube (CRT) maupun Liquid Cristal Display (LCD) Plasma, DVD, ataupun monitor selalu terdapat IC memori / IC EEPROM yang berfungsi menyimpan settingan pemakai unit tersebut. Misalnya pada Televisi, EEPROM digunakan untuk menyimpan data volume terakhir, data program yang telah disimpan dan begitu juga pada perangkat DVD ataupun Monitor.

IC EEPROM memiliki peran yang sangat penting, pada IC ini tersimpan data power-on dan setting RGB dan video serta lainnya tersimpan pada memori. Bahkan bila terjadi kerusakan pada IC memori ini maka kebanyakan unit tidak bisa bekerja sama sekali atau no respon, karena untuk proses start up diawali dari IC ini.

Yang paling sulit bila terjadi kerusakan pada IC program memory ini adalah sulitnya mencari IC program pengganti yang sama persis, bila anda menemukan IC yang memiliki type / serial yang sama persis pun tidak akan berguna jika tidak memiliki data penting yang harus dimasukkan kedalam data / memori IC tersebut.

Salah satu elternatif adalah dengan cara copy data EEPROM / copy data IC memori yang asli dan dicopykan ke IC memori yang baru kita beli atau biasa disebut IC memori kosongan. Proses copy data ini sangat penting karena format untuk menghidupkan unit / Tv adalah dari settingan yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Kita bisa melakukan ini dengan Alat Copy EEPROM.

Saat ini sudah banyak terdapat Alat copy Memory / Alat copy EEPROM ini, beberapa contoh gambarnya seperti yang ada diatas, dan harga nya pun relatif terjangkau.

Untuk bisa mendapatkan alat copy eeprom ini anda bisa mengunjungi link referensi yang saya sediakan dibawah artikel. Semoga Artikel Mengganti EEPROM Memory TV LCD Monitor DVD ini bermanfaat.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Blogger templates

sponsor