7 Fakta Penuaan Dini






Menua itu pasti. Tapi penuaan dini, tunggu dulu. Untuk mencegahnya datang di usia 30 tahun, simak langkah sehat apa saja yang efektif melawan penuaan dini.

Konsumsi Vitamin C
Yes or not is always YES. Konsumsi vitamin C melalui buah dan sayur untuk menstimulasi produksi lebih banyak kolagen. Menurut Audrey Kunin MD, founder of Dermadoctor, kolagen dibutuhkan untuk mengurangi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Annet King, Director of Training and Develoment for The International Dermal Institute mengatakan, saat masih muda kita mengonsumsi sayur dan buah untuk mengatasi 70 persen masalah jerawat dan 30 persen penuaan. Sedangkan di masa tua, konsumsi serat dan vitamin alami 80 persen membantu anda melalui penuaan dan 20 persen mengatasi jerawat


Pilih yang mengandung kopi
Mengutip Total Beauty, kandungan kafein dalam produk kecantikan efektif mengatasi strecthmarks, garis halus karena vasoconstricting, menghilangkan selulit, dan penyumbatan pembuluh darah. Kafein yang diserap tubuh mampu melebarkan pembuluh darah dan menekan timbunan air di jaringan kulit yang menyebabkan lemak ‘’menempel’’ di lapisan kulit atas hingga terbentuk selulit. Kafein juga membantu memperbaiki kulit yang mulai menurun dan tampak bengkak

Perlindungan maksi dari sinar matahari
Menurut Katie Rodan, Co-Founder of Proactiv and Rodan +Fields Dermatologist, 80 persen penuaan dini disebabkan kelebihan paparan sinar matahari. UVA dan UVB sifatnya merusak kolagen dan elastisitas kulit. Karena itu, mereka yang sering terpapar sinar matahari tanpa pelindung sangat rentan mengalami kerusakan pigmen dan memiliki lebih banyak kerutan. Katie menyarankan penggunaan sunscreen setiap waktu. Termasuk di cuaca mendung. Karena UVA tetap dapat menembus kabut, mendung, bahkan air sekalipun. Pilih produk sunscreen yang mengandung zinc dan avobenzone untuk menangkal penyerapan sinar UVA di kulit.

Exercise .. exercise!
Berolahraga ringan setelah bangun tidur membantu melancarkan sirkulasi darah. Menurut Marion Simms, Founder of SkinSense Wellness Center menyarankan untuk meletakkan kepala di atas lantai, sehingga posisi hati di atas. Menurut Marion, posisi ini melancarkan peredaran darah dan mengurangi lingkaran hitam di mata.

Hati-hati dengan make up!
Aplikasi make up memang bisa membantu terlihat lebih muda dan menyamarkan penuaan. Tapi bila berlebih justru akan membuat wajah terlihat tua. Audrey Kunin MD, Founder of Dermadoctor menyarankan untuk menggunakan sunscreen, sedikit blush on, pelembab bibir, dan hindari penggunaan bedak tabur.

Perhatikan posisi tidur
Bila anda terbiasa tidur dengan posisi tertelengkup, dan wajah menghadap bantal, secara perlahan namun pasti, akan muncul garis halus. Katie Rodan, Co-Founder of Proactiv and Rodan+ Fields Dermatologist menyebut garis ini sebagai deepens natural lines of expressions.

Sex battle aging!
Menurut Amy Wechsler MD, penulis ‘’The Mind-Beauty Connection’’ aktivitas seksual membantu anda melepaskan zat anti peradangan yang mampu melawan penuaan dan hormon stres.