CARA MEMBUAT DETERJEN CAIR MURAH

 

Formulasi deterjen cair untuk mesin cuci/ cuci pakai tanganberikut ini bisa rekan2 gunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau mungkin dijual kecil2an… karena mutunya cukup bagus dan secar ekonomis masih memungkinkan untuk dipasarkan…

Deterjen cair ini memiliki kemampuan anti noda, anti apek dan mencegah kotoran menempel kembali… dan menghindarkan bau tak sedap meski direndam dlm waktu agak lama.

catatan: ini hanya formulasi dasar/generik… anda bisa menambahkan bbrp bahan lain utk memodifikasinya.

Bahan:
Texapon (100 gram)
Sodium Sulfat (125 gram)
Oxalic Acid/citric acid (20 gr)
Water glass (100 gram)
parfum (secukupnya)

Prosedur pembuatan:
larutkan 125 gram Sodium Sulfat dan 20 gram Oxalic Acid dalam 1 liter air bersih (gunakan tempat bejana berbahan plastik).. aduk hingga benar2 terlarut sempurna (+/- 10 menit)
Di tempat terpisah (teko/bejana berbahan plastik) siapkan 100 gram texapon
Tuangkan larutan sodium sulfat dan oxalic acid secara bertahap kedalam bejana texapon sambil terus diaduk perlahan (jgn terlampau kencang utk menghindarkan terjadinya busa)
tuang dan dan aduk terus hingga merata sampai semua larutan sodium sulfat dan oxalic acid habis… anda akan memperoleh larutan kental.
Setelah cairan kental deterjen telah jadi, tambahkan 50 gram waterglass sbg redeposisi agent (mencegah kotoran menempel kembali)
tahap akhir tambahkan parfum secukupnya sesuai selera anda.

HOLAAA….. anda berhasil membuat deterjen cair sendiri…. selamat mencoba.

Catatan: Anda bisa memakai deterjen ini sbg sabun cuci piring cair.. tentunya dgn menambahkan warna dan parfum yg sesuai…… selamat bereksperimen…. dan nikmati kepuasan membuat sendiri kebutuhan anda!