Benarkah bawang putih dapat mengobati jerawat?

Bawang putih merupakan ras bawang yang memiliki banyak manfaat. Biasanya bawang ini dijadikan salah satu bahan untuk memasak. Harumnya yang khas dan rasanya yang gurih membuat masakan menjadi enak. Tapi ternyata bawang putih selain dipakai untuk memasak juga dipakai untuk pengobatan. Dari berbagai macam khasiat bawang putih, ada satu khasiat yang sangat dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki wajah berjerawat. Memang banyak sekali tips mengobati dan mencegah jerawat, tapi metode bawang putih ini lebih mudah. Tapi benarkah bawang putih bisa mengobati jerawat?


Ternyata bawang putih memang benar bisa mengobati jerawat, karena bawang putih mengandung minyak Astiri yang berguna membasmi dan menjauhkan bakteri dan bersifat anti septik. Diyakini bahwa bawang putih yang masih kecil lebih banyak mengandung antibiotik dibandingkan yang sudah manula alia tua. Pemakaiannya dapat langsung dimakan atau dijadikan masker atau hanya ditempel saja pada jerawat. Jika tidak mau terserang bau mulut dan ribet membuat masker wajah salah satunya yang paling mudah yaitu ditempel yang akan dijelaskan cara pemakainnya dibawah ini.

Berikut ini cara mengobati dan mencegah jerawat dengan bawang putih :

  • Cuci muka terlebih dahulu dengan air bersih.
  • Siapkan satu bawang putih dan pisau yang bersih. Pisau harus benar-benar bersih untuk itu sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan air hangat agar kuman-kumannya pada mati.
  • Kupas bawang putih
  • Setelah itu irislah bawang putih dengan irisan yang tipis dengan memakai pisau. Usahakan saat mengiris tidak melibatkan peralatan lain. Hanya memakai pisau.
  • Tempelkan irisan tipis bawang putih ke jerawat atau calon jerawat (maksudnya jerawat yang belum meradang)
  • Diamkan sampai irisan itu mengering dan menempel.
  • Karena setelah kering bawang sulit dilepas, maka basuhlah dengan air biasa yang bersih (kalau bisa air minum, biar terjamin kebersihannya).
  • Lakukan ini 2 kali sehari, pagi dan sore/malam.


Waktu penyembuhan jerawat tergantung parah tidaknya jerawat. Yang pasti yang paling penting adalah kesabaran dan ketelatenan. Dan yang tidak kalah penting adalah terus berfikiran positive bahwa jerawat akan sembuh agar mengurangi salah satu penyebab jerawat yaitu stress.

Semoga bermanfaat...