Cinta jantung matikan rokok, cinta rokok matikan JANTUNG












cinta jantung matikan rokok, cinta rokok matikan jantung

bagi kebanyakan orang mungkin rokok adalah suatu kebutuhan pokok. Banyak orang yang jika tidak merokok satu hari saja badan serasa pegal-pegal dan tak bertenaga. Kondisi seperti ini sudah masuk dalam kategori kecanduan. Hal ini dapat sangat berbahaya karena rokok mengandung zat-zat yang bersifat racun dan apabila zat-zat tersebut terhirup atau terkonsumsi oleh tubuh dapat menyebabkan penyakit seperti asma, angina, kanker paru-paru dan gangguan-gangguan kesehatan seperti yang tertera pada bungkus-bungkus rokok.

Kebiasaan merokok sudah timbul pada masyarakat sejak masih remaja. Faktor dari teman-teman dan lingkungan tempat tinggal dianggap sebagai factor utama yang menyebabkan timbulnya keinginan untuk merokok. Seorang pemuda atau bahkan anak-anak akan merasa mendapatkan penghargaan sosial atau merasa dianggap jagoan ketika berani untuk merokok. Faktor penasaran dan suka akan tantangan yang dimiliki anak muda dianggap sebagai faktor lain yang menyebabkan seseorang merokok. Keluarga dan orang tua juga mempunyai pengaruh besar yang menyebabkan kebiasaan merokok bagi anak-anak. Bukankah lucu jika orang tua yang suka merokok melarang anaknya untuk merokok. Karena pada dasarnya sifat anak-anak adalah meniru, maka anak akan cenderung meniru kebiasaan-kebiasaan orang di sekelilingnya termasuk kebiasaan merokok.

Kandungan utama rokok diantaranya adalah karbon monooksida(co) yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen, tar yang dapat merusak sel paru-paru serta menyebabkan kanker, nikotin yang menyebabkan penyakit jantung dan gangguan sirkulasi darah, serta zat-zat lain yang bersifat racun bagi tubuh. Pada saat orang merokok, nikotin akan diterima oleh tubuh melalui reseptor asetilkolin-nikotinik yang selanjutnya disalurkan pada jalur imbalan dan jalur adrenergic. Pada jalur imbalan akan menimbulkan efek rasa nikmat, ketenangan pikiran, menekan nafsu makan dan meningkatkan daya piker karena sifatnya memacu system dopaminergik. Sedangkan pada jalur adregenik akan meningkatkan sorotin yang menimbulkan rasa senang dan keinginan untuk merokok lagi. Nikotin inilah yang menyebabkan orang kecanduan dan sulit untuk berhenti merokok.

Kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya menimbulkan berbagai gangguan pada kesehatan, rokok juga dapat merusak penampilan anda. Diantaranya adalah warna kulit pucat, kulit kendur, timbul garis di sekitar bibir, keriput, gigi dan gusi rusak, jari menguning, kanker mulut dan rambut rontok. Asap rokok juga menimbulkan berbagai gangguan pada mata, yaitu menyebabkan iritasi mata, katarak dan kerutan mata seperti kaki gagak. Tidak hanya merusak penampilan dari luar, rokok juga dapat menimbulkan kerusakan pada bagian dalam tubuh kita. Diantaranya adalah menimbulkan rapuhnya tulang, menurunnya stamina dan kemampuan reproduksi, serta menopause dini.

Selain berbahaya bagi kesehatan diri sendiri, rokok juga berbahaya bagi lingkungan dan ekosistem. Asap rokok yang dihembuskan setiap kali merokok mengandung bahan berbahaya seperti cadmium, arsenic dan timah sehingga menimbulkan polusi udara. Zat ini juga dapat mencemari air tanah karena jika terkena air selama 1 jam zat-zat tersebut akan larut dan mencemari air tanah. Setengah dari ikan yang terkena zat ini akan mati dalam hitungan jam. Hewan-hewan jenis unggas akan mengira punting rokok sebagai makanan yang mengakibatkan rusaknya saluran pernafasan sehingga banyak ditemui hewan jenis ini mati muda. Rokok juga mengakibatkan lebih dari 4500 kasus kebakaran yang terjadi di dunia selama 1 tahun.












penyakit-penyakit yang dapat timbul akibat merokok















kanker paru-paru (lung cancer)













kanker pharynx













kanker perut













kanker liver

Akibat Merokok




sumber