Manfaat Kurma untuk kesehatan baik untuk Berbuka puasa


Manfaat Kurma untuk kesehatan
Pada bulan Ramadhan jika anda pergi ke pusat perbelanjaan atau pasar yang khusus menjual makanan anda akan sering melihat para pedagang menjajakan buah kurma, berbeda dengan hari hari biasa atau bukan ramadhan para pedagang makanan tidak banyak yang menjajakan buah kurma. hal itu wajar saja karena buah kurma memang identik dengan bulan ramadhan.
Ketika berbuka puasa buah kurma merupakan salah satu hidangan pembuka sebelum mengkonsumsi makanan lain, hal ini mencontoh kebiasaan yang dilakukan oleh para nabi ketika berbuka puasa, berbuka puasa dengan kurma juga merupakan sunah rasul.
Wajar saja jika kebanyakan kaum muslim mengikuti kebiasaan para nabi yang mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa, karena selain mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunar rasul juga mendapatkanmanfaat kurma bagi kesehatan tubuh setelah sehari penuh menahan lapar dan haus menjalankan ibadah puasa.
manfaat kurma
Buah kurma memang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia, mengapa bisa banyak bermanfaat ? berikut ini penjelasannya.
Buah kurma mempunyai rasa manis yang berbeda dengan buah kering lain. Buah kurma mempunyai sifat mudah meleleh dimulut. hal ini sangat cocok dikonsumsi mereka yang berbuka puasa, karena organ pencernaan khususnya lambung membutuhkan makanan yang lembut setelah sehari tidak  tersentuh oleh makanan.
kurma juga mengandung air dan gula sehingga kurma mudah dicerna dan sampai ke darah, kurma juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah serta membantu kerja otot.
jika dibandingkan dengan buah kering lainnya, kurma memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. tapi kurma juga mempunyai kandungan kalium yang mempu menekan natrium atau garam yang berlebih penyebab hipertensi.   itulah sebabnya mengapa pengidap hipertensi juga disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. dengan memakan buah kurma sebanyak 5 biji sudah bisa mencukupi kebutuhan kalium harian.
yang cukup menarik lagi adalah berdasarkan penelitian di University of Scranton, manfaat kurma lainnya adalah kurma juga memiliki konsentrasi polyphenol tertinggi jika dibanding buah-buahan kering lainnya. peran dari polyphenol adalah berperan dalam kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit.
Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat kurma yang sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan, baik ketika berbuka puasa ataupun ketika tidak berpuasa.  Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin