INVERTER TEGANGAN TINGGI HORISONTAL


INVERTER TEGANGAN TINGGI horisontal
Pada postingan kali ini kita akan membuat inverter bertegangan tinggi .. lebih 10kv .. entah bermanfaat atau tidak tapi banyak sekali yg bertanya dan minta di buat kan jaringan untuk menaikan tegangan.
perna suatu hari saya berkunjung ke tempat paman saya tepat nya di daerah batu raja sumatra selatan .. nah .. di sana saya banyak jumpai kebun yg sekeliling pagar nya di aliri listrik ... menurt cerita itu sebagai penghalang babi hutan yg sering merusak tanaman.
Wow ... bahaya sekali ... apalagi listrik nya dari pln yg daya nya cukup besar ... dan sangat mematikn ... padahal tujuan awal nya hanya mengejutkan saja .. Nah ...!! Dari sana sy punya inspirasi untuk menggunakan flyback bekas tv sebagai soda tegangan .....

Pada jaringan di atas di saran kan hanya memakai satu buah transistor saja dengan tujuan agar arus atau daya tidak terlalu besar ... dan hanya tegangan nya saja yg tinggi sehingga akan menimbulkan efek kejut .. (bukan berarti tidak berbahaya)
Di sini saya menggunakan flyback bekas tv .. karena kalau harus gulung sendiri sngat repot dan tentu biaya akan lebih besar ... buatlah jaringan seperti gambar di atas dan kabel keluaran yg akankita gunakan adalh kabel anoda (tegangan tinggi)
beri keping penyejuk trasistr supaya tidak terjadi overheat ..
Catatan: semakin besar tegangan input maka makin besar tegangan yg di hasilkn .. dan begitu sebalik nya semakin kecil tegangan input maka tegangan yg di hasilkan jg akan kecil.
Semakin besar nilai resistor maka semakin kecil tegangan yg di hasilkan dan daya suply lebih irit.
Hati2 penulis tidak bertanggu jawab atas segala resiko nya.
Good luck ...