TV PANASONIC Led indikator kedip-kedip

 

Beberapa waktu yang lalu pernah dapet servisan tv Panasonic dengan kerusakan tv mau nyala dan keluar gambar sebentar kemudian mati standby dengan di sertai lampu LED indikator berkedip-kedip dari merah ke hijau terus merah lagi lalu hijau lagi begitu terus menerus.Tv ini bertipe TC-2088MNB menggunakan aisy single type TDA9381PS/N2/2i 1338, aisy vertikal AN5539, transistor penguat horizontal D2499, STR W6654 dan FBT G4GAM3F2.
Dalam hal ini tv bisa di katakan terprotek, bisa dari tegangan yang nggak stabil atau bisa juga karena settingan data yang berubah pada programnya, mau masuk service mode jelas nggak bisa karena tv baru nyala sebentar langsung mati hehehehe ........... Langkah pertama saya coba nonaktifkan dulu pusat titik proteknya yaitu pin 36 = EHT protect dari aisy singlenya dengan membuka dulu solderannya, kemudian tv saya coba nyalakan dan ternyata mau hidup dan nggak balik ke standby lagi, dan pin 36 pun saya solder kembali dan di lanjutkan dengan pencarian penyebab protek dengan menyisir titik-titik sensor yang lain.

 

Saya buka solderan D520 (sensor B +), masih tetep saja kondisinya, saya buka solderan R631 dan D403 (sensor tegangan 185V dan ABL)) masih sama juga, kemudian saya buka solderan D511 (sensor heater) tv mau menyala dengan normal ... NAAAAAAAHHHH ....... di sini rupanya sumber permasalahannya, setelah saya ukur diode tersebut ternyata sudah short, setelah pergantian pemain diode tersebut tv pun sudah nyala dengan normal kembali, Alhamdulillah ya Alloh, atas semua petunjukMu, Amin, SUKSES BUAT REKAN-REKAN SEMUA

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Blogger templates

sponsor