Membuat kabel VGA dari kabel UTP

Cara membuat sendiri kabel VGA dengan menggunakan kabel UTP , berarti biaya dapat lebih di tekan alias lebih murah “tetapi di lain hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk kelebihan dan kekurangannya akan di bahas di lain waktu/kesempatan. Untuk kali ini akan di share gratis Cara Setting atau Installasi Kabel VGA dari UTP.

Bahan yang di perlukan adalah :

Kabel UTP
Konektor VGA male 15 pin dan rumahnyaPeralatan untuk mendukung pemasangan :

solder
timah /kawat email
tank potongKeterangan Bahan yang di perlukan :
Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.








Konektor VGA male 15 pin konektor ini yang menghubungkan LCD ato monitor ke VGA yang ada di belakang komputer

Cara Setting atau Installasi Kabel :

Tentukan dulu pin konektor yang akan di hubungkan dengan kabel utp


1 Orange
2 Hijau
3 Biru
4 -
5 -
6 Putih Orange
7 Putih Hijau
8 Putih Biru
9 -
10 -
11 -
12 -
13 Coklat
14 Putih Coklat
15 -





Solder kabel UTP sesuai warna yang ada di tabel utp dengan pin pada konektor VGA. pada pin 4,5,9,10,11,12,15 tidak terpakai atau kosong. pastikan saat menyolder harus hati-hati agar tidak ada solder antara pin satu dengan yang lain terhubung atau dempet.


Semoga bermanfaat!