Setting kabel UTP agar bisa dapat menghubungkan komputer dan komputer

Suatu hari temen saya datang kerumah agar kabel UTP yang dia beli dapat disetting agar dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer dua. Maksudnya agar bisa maen game LAN berdua gitu..
Sedikit Penjelasan mengenai kabel UTP, Maks Bandwith pada kabel UTP sebesar 100Mbps, Panjang kabel yang dapat digunakan Maks 100meter dan Soket yang digunakan Rj-45.
Pada saat kita menyetting kabel UTP yang perlu di perhatikan konfigurasi warna kabel,
karena berpengaruh pada kecepatan Proses Trasnfer.
Dua jenis konfigurasi yang sering digunakan pada kabel ini yaitu :
1. Straight Through
2. Cross OVer
Dalam Kasus temen saya, agar komputer dan komputer dapat terhubung maka digunakan konfigurasi Cross Over.Selain itu, Cross OVer digunakan untuk menghubungkan komputer- Modem DS, Komputer – Router, Komputer – access point, dan Switch – Switch.
Berikut gambar kabel UTP dan RJ-45





Begini urutan warna kabelnya


Begini tips membuat dari kabel yang kita beli tadi mejadi kabel yang tespasng RJ-45….
potong kulit luar sekitar 2cm, Uraikan Kedalapan kawat dari pasangnya seperti terlihat pada gambar UTP.. Sampe kawatnya lurus agar memepermudah pengaturanya..konfigurasi sesuai warna yang ditunjukan gambar urutab kabel.. luruskan lagi kabelnya.. Potong 1 cm.. Masukan kabel yang uda dipotong tadi ke RJ-45.. Pastikan ujung-ujungnya rata di soket RJ 45 (lihat kabelnya udah nyentuh bagian ujung RJ 45 ga??) trus crimping kabel RJ 45 ne agar menyatu antara kabel dan RJ45..Crimping dengan menggunakan Crimping tool (jika anda beli kabel UTP di toko biasanya disediain Crimping toolnya.. jadi anda bisa setting langsung ditokoh tersbut)
Trus untuk lebih memastikan kabel UTP ini sudah siap digunakan apa belom?? kita dapat menggunakan Network Cable Tester, Jika Kedelapan lampu pada Cable tester nyanla.. Kabel UTP Sudah Matang, heheh maksdnya siap digunakan.
Pada kasus tmen td, saya tidak menggunakan Cable tester.. coz saya ga punya ^0^.. Jadi langsung dicoba.. eh.. ternyata connect.. misalnya kejadiannya ga connect, ya dibuat lagi.. atau ke Tempat yang punya cable tester.. seperti tempat kuliah.. ngomong aja kayak gini : “mas permisi mas mau test kabel

Selamat mencoba ^^