Pengkabelan (Konfigurasi Kabel Lan)

Untuk memasang konektor, kita harus mengetahui susunan kabel yang akan dipasang. Memang asal sama ujung kebujung bisa saja. Tetapi cara ini dalam jaringan salah dan tidak tepat. Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana susunan kabel dan instalasi ke konektor yang tepat, cepat dan sesuai dengan aturan.Untuk menghubungkan antara komputer I dengan HUB menggunakan sambungan lurus yaitu dengan dengan urutan warna: orang, orange putih, hijau putih, biru, biru putih, hijau, coklat putih, coklat.
Langkah-langkah pengkabelan
a) Potong kabel UTP dan kupas bagian luarnya menggunakan tang crimping.




b) Setelah kulit kabel bagian luar kabel tersebut dipotong makaselanjutnya susun urutan warna mengikuti petunjuk seperti dibawah ini:



c) Ratakan kabel tersebut untuk dimasukan ke konektor RJ45.Jangan lupa setiap ujung konektor posisinyaharus sama.Selain itu bagian luar atau pembungkus kabel harus terjepitagar kokoh dan tidak goyang.
d) Setelah kabel masuk dan rata sampai ujung konektor siapkantang crimping.
e) Masukkan konektor yang sudah ada kabelnya ke lokasi yangsesuai di tang crimping, kemudian jepit yang keras sehinggatembaga yang tadinya ke luar dan menonjol akan rata kembaliseperti sebelum dimasukan kabel. Proses penjepitan ini harusdilakukan dengan hati-hati agar tidak meleset dan salah satukabel tidak terjepit dengan baik.


f) Lakukan pengujian dengan menggunakan LAN Tester padakedua konektor.