Bagian Bagian LCD TV 2

Setelah membahas di artikel sebelumnya tentang bagian bagian lcd TV bagian pertama yaitu untuk blok front panel display, backlight dan inverter, TCON, dan main board kita berlanjut ke bagian dua beserta fungsi fungsinya :

4. LVDS

LVDS merupakan kependekan dari Low Voltage Differential Signaling adalah sebuah teknologi yang digunakan pada LCD TV saat ini. LVDS bukanlah sebuah modul / rangkaian tetapi merupakan sebuah kabel konektor antara Video processor ke blok LCD Modul (TCON).

LVDS merupakan bagian yang penting pada LCD karena seperti yang kita tahu tingkat resolusi gambar LCD adalah cukup tinggi yang menyebabkan perlunya sebuah koneksi data yang memerlukan bandwith tinggi, kecepatan tinggi, arus rendah, serta merupakan kabel serial yang bisa mengurangi banyaknya konektor yang tersedia.


Kerusakan pada kabel – konektor LVDS menyebabkan gambar yang dihasilkan cacat, kurang atau bahkan tidak ada gambar sama sekali.

5. Scaler

Seperti dijelaskan pada bagian lcd artikel bagian 1 bahwa sinyal video dari main board LCD tidak bisa langsung ditampilkan ke bagian front panel display ini karena adanya perbedaan resolusi antara video yang dihasilkan rangkaian analog (tuner) dengan bagian panel display (digital).

Sehingga sinyal video RGB analog ini harus dikonversikan terlebih dahulu ke dalam bentuk digital, sirkuit yang berpersan dalam fungsi ini adalah Scaler.



Sinyal gambar, OSD, text yang biasa dihasilkan TV analog dimasukkan ke rangkaian analog to digital converter sedangkan outputnya merupakan LVDS transmitter.

6. Power Board / Power Supply LCD TV

Tidak perlu diragukan lagi pemakaian daya pada LCD TV mapun Plasma akan cukup besar dan tentunya dibutuhkan sebuah power board yang benar benar stabil dan tidak mudah terkena interferensi dari perangkat lain sehingga bisa kita lihat banyak sekali filter yang digunakan.





Ke depan saya akan mencoba share beberapa kerusakan LCD TV yang pernah saya temui beserta kerusakannya

Itulah kira Bagian Bagian LCD TV beserta sedikit masing masing fungsinya dan tentunya semoga bermanfaat buat rekan teknisi yang sedang mempelajari LCD TV
Read more: http://www.infoservicetv.com

Posting Lebih Baru Posting Lama

One Response to “Bagian Bagian LCD TV 2”

ideasqu Corp mengatakan...

saya mau tanya untuk kerusakan pada sisi sebelah kiri LCD sktr 10cm sebelum tepi, ada 2 garis vertikal tipis transparan seperti benang, kira2 itu kerusakan pada apanya ya?ini terjadi pada LCD tOSHIBA 24 inch

Leave a Reply

Blogger templates

sponsor