Mengganti Flyback Rusak

Pergantian komponen pada TV rusak sudah menjadi hal biasa untuk teknisi service, namun jika mengganti flyback rusak harus diperiksa lagi apakah memang sudah yakin kerusakan tv penyebabnya berasal dari flyback transformer? Selain karena harga komponen flyback ini sendiri yang cukup mahal tentunya.

Bisa berkisar antara 35 ribu (21 ") sampai 170 ribu (29"). Tentunya tidak menjadi masalah jika kita memiliki flyback yang sesuai (flyback alternatif) dengan flyback yang rusak.

Sebelum memutuskan untuk mengganti flyback ada baiknya mengetahui terlebih dahulu fitur fitur flyback rusak seperti apa.



Perlu juga diketahui hal hal penting sebelum mengganti flyback karena bila flyback tidak sesuai akan menyebabkan tampilan berubah, sampai yang paling parah bisa menyebabkan kerusakan ke blok TV yang lain. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti flyback:
Kita harus mengetahui terlebih dahulu tegangan pada IC Vertikal out. Juga tentu saja dengan sistem supply single atau double
Berapa besarnya tegangan B + yang menuju flyback
Apakah Flyback menggunakan ssistem Boost up, untuk yang belum mengetahui, boost up flyback adalah sebuah sirkuit yang berfungsi untuk menaikkan tegangan sumber (B +) menjadi tegangan yang lebih tinggi untuk kemudian diberikan ke kolektor TR Horizontal. Misalnya menaikkan tegangan 90 ke 115V. Biasanya sirkuit boost up ini hanya terdiri dari dioda, elco dan kumparan boost up.
Sebelum mengganti periksa juga rilis FBT yang terdaftar untuk supply blok lain yang biasanya berkisar antara 16-40V.

Kalo tetap "ngeyel" mengganti flyback dengan yang tidak sesuai, berikut adalah resiko yang bisa terjadi:
Tegangan keluaran yang berubah (anode)
Gambar raster berubah. Berubah disini maksudnya adalah ukurannya, bisa lebih besar atau mungkin lebih kecil. Solusinya dengan menambahkan kapasitor paralel dengan kapasitor resonan (letaknya antara GND-colector Horizontal) dengan nilai kapasitansi antara 102 sampai 502 NF, perhatikan bahwa penggunaan kapasitor minimal adalah 1600V.
OSD / On screen display tidak tampil / kedip. Solusinya yaitu dengan memodifikasi resistor dari pin mikrokontroller ke H-AFC. Jika memiliki skema akan lebih mudah trackingnya.
Cahaya / brightness pada layar yang kurang sebagai akibat dari tegangan heater yang berubah. Seperti yang kita tahu bila tegangan heater makin tinggi akan menyebabkan umur pemakaian tabung menjadi pendek. Solusinya yaitu dengan mengganti nilai resistor pada heater.

Semoga artikel tentang mengganti flyback rusak ini bermanfaat untuk rekan teknisi service

Sumber: marsonotv, google

Read more: http://www.infoservicetv.com