Cara membersihkan LCD TV

Cara membersihkan LCD TV sangat penting diketahui karena seperti yang kita tahu layar LCD saat ini digunakan di hampir semua perangkat yang menggunakan display, misalnya laptop, tv lcd, handphone, smartphone, tablet dll. Memang LCD ini saat ini telah menjadi pilihan yang lebih baik bila dibandingkan layar konvensional yaitu layar tabung / CRT TV karena secara fisik lebih menghemat ruang dan pemakaian daya listrik yang rendah.

Membersihkan LCD TV sebenarnya sama saja dengan perawatan LCD monitor namun tetap ada beberapa hal yang berbeda. Pada saat membersihkan layar lcd memang perlu perhatian khusus, salah salah bila tidak mengetahui triknya LCD bisa tergores permanen atau mungkin lebih parah lagi bisa pecah.



Maksud hanya untuk membersihkan layar lcd malah merusaknya, tapi kita juga tidak bisa membiarkan layar lcd. Namun untuk perawatan LCD kita tetap harus membersihkannya tentu saja dengan cara yang praktis dan aman tentunya.

Berikut langkah-langkah dilakukan untuk membersihkan layar LCD TV maupun LCD pada perangkat lainnya:
Anda perlu menyiapkan larutan perbersih khusus untuk layar LCD yang bisa dibeli di toko elektronik dalam bentuk LCD cleaner kit.
Ada alternatif lain selain menggunakan cleaner kit yaitu dengan menggunakan air suling, namun bila kotoran yang menempel jika akan sulit dibersihkan Anda bisa menambahkan cuka putih dengan perbandingan masing2 setengah supaya proses membersihkan kotoran lebih sempurna.
Untuk kain lap nya bisa disiapkan kain katun yang lembut atau bisa juga dengan kaos / T-shirt bekas. Pastikan ukuran kain cukup sehingga tidak meninggalkan bekas jari di layar.
Pastikan untuk terlebih dahulu menonaktifkan perangkat lcd yang aka dibersihkan dan bila perlu cabut dari colokan listrik.
Rendam kain katun menggunakan cairan pembersih yang tersedia, peras airnya dan jangan sampai kain terlalu basah.
Seka layar LCD dari atas kebawah secara lembut dan berulang ulang, jangan melakukan gerakan melingkar, ulangi terus sampai kotoran hilang.
Langkah terakhir Anda bisa mengeringkan layar lcd menggunakan lap kering yang lembut.

Dalam membersihkan LCD TV juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Hindari cairan pembersih seperti " Windex "karena ada kandungan kimia amonia yang dapat menggerus layar.
Tidak perlu menggunakan sabun atau pembersih yang menggunakan alkohol
Jangan pernah untuk menyemprotkan cairan secara langsung ke layar LCD.
Jangan menggunakan air PAM, terlebih bila air PAM tersebut berwarna
Jangan menggunakan kain yang permukaannya kasar seperti misalnya serbet, karena mengandung serat kayu yang bisa menggores layar.
Sebisa mungkin gunakan lap pada cleaner yang tersedia, atau bisa menggunakan kain lembut yang tidak menggunakan benag jahit.
Bila menggunakan kain bekas pastikan kain tersebut bebas kotoran
Pada saat membersihkan jangan menekan Layar LCD terlalu keras atau mungkin menggosoknya, lakukan dengan lembut.
Untuk percobaan Anda bisa mencoba untuk terlebih dahulu membersihkan area yang lebih kecil pada layar.

Semoga artikel Cara membersihkan LCD TV ini bisa bermanfaat untuk Anda.