Cara Membersihkan Mata Solder

Membersihkan mata solder adalah sangat perlu dilakukan untuk mendapat hasil penyolderan yang maksimal, dengan mata solder yang baik dan bersih proses penyolderan kaki komponen ke PCB tidak terjadi dalam waktu yang lama.

Ini karena semakin lama proses penyolderan semakin buruk juga hasilnya selain itu ada juga resiko komponen rusak karena mendapat panas berlebih / overheat. Lihat juga artikel cara menyolder yang baik untuk referensi Anda.

Membersihkan mata solder biasanya dilakukan dengan menggunakan flux dan spons, tapi tahukah Anda cara yang tepat untuk melakukannya?
Pertama tentu saja kita harus memanaskan solder terlebih dahulu
Gosok perlahan permukaan mata solder dengan menggunakan spons besi sampai bersih atau bila Anda tidak memiliki spons besi bisa juga menggunakan sabut nilon basah
Setelah itu usap mata solder dengan spons basah lalu lapisi dengan timah solder. Ulangi terus sampai timah solder dapat melapisi mata solder dengan sempurna. Bila ada permukaan yang tidak tertempel timah maka permukaan tersebut harus dibersihkan lagi.

Selain itu perlu diketahui bahwa ada dua jenis mata solder, mata solder yang biasa yang pake logam atau mata solder yang menggunakan Crystal. Mata solder Crystal lebih baik kualitasnya. Tergantung kepada jenis solder yang Anda miliki juga.



Untuk membersihkan mata solder dengan logam bisa dibersihkan dengan mengampelasnya terlebih dahulu bila permukaan mata solder sudah tidak mau timah menempel. Setelah itu panaskan dan celupkan solder ke pasta timah / pasta solder sampai berubah putih dan sisanya diusap pake kertas.

Sedangkan untuk mata solder Crystal kita hanya perlu membersihkan dengan menggunakan kertas saja pada ujung ujung nya.

Semoga artikel Cara Membersihkan Mata Solder ini bisa bermanfaat untuk Anda.