Nikmatnya Jantung Pisang

Metrogaya - Jantung pisang atau ujung bunga pisang yang tersisa saat bagian lainnya tumbuh jadi buah pisang memang harus dipotong. Sebab jika tak dipotong akan menghambat pertumbuhan buah pisang. Jantung pisang yang berupa kelopak berwarna ungu dengan jajaran bunga berwarna putih kekuningan ini enak dibuat sayur.



Biasanya jantung pisang diolah bersama bumbu gulai dan santan kental. Rasanya gurih dengan tekstur berserat yang lembut dan empuk. Bisa juga diolah menjadi campuran urap sayuran atau dinikmati dengan bumbu pecel. Jantung pisang yang enak diolah adalah jantung pisang batu atau kepok karena tebal dan rasanya tidak sepet.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cobek jantung pisang adalah bawang putih, bawang merah, kencur, serta cabai merah besar. Bahan-bahan ini dibakar kemudian ditumbuk hingga halus seperti sambal. Bahan-bahan lainnya yang diperlukan adalah jahe, daun bawang, daun kemangi, santan, dan tomat hijau yang masih muda.

Jantung pisang yang sudah direbus sampai matang potong-potong kemudian tiriskan. Bumbu yang telah dihaluskan dimasukan ke wajan sampai harum. Masukkan santan, garam, gula, dan biarkan mendidih. Masukkan jantung pisang yang telah dipotong-potong. Setelah diaduk-aduk berapa saat, cobek jantung siap untuk disajikan.(yc/liputan6)