Durian, Surga atau Neraka ?

Durian mungkin satu-satunya buah yang paling menimbulkan kontroversi, sebagian mencintai dan sebagian muak pada waktu yang bersamaan.

Bagi mereka yang berada dikubu kebencian (aroma /rasa durian),  biasanya mendeskripsikan durian : menjijikkan, aroma menyengat, berbau gas, daging lembek yang busuk, atau bahkan kotoran. (maaf, tapi kadang memang ada yang mendeskripsikannya sangat ekstrem)

Tapi untuk anda yang mencintai durian, menganggap durian adalah buah yang paling luar biasa yang diciptakan di muka bumi ini dan berpendapat daging berasal dari surga dan bisa menempatkan anda diposisi kecanduan. Fans buah durian ini bisa bersusah payah untuk mencari durian yang terbaik (ketika bukan musimnya) terlepas berapa jauh untuk membelinya dan tidak perduli berapa harganya.

Negara Asia Tenggara memberikan gelar "king of fruit" ke durian ini sejak jaman dahulu. Menurut Wiki, pohon durian mulai berbuah setelah 4-5 tahun namun dalam budidaya dapat dipecepat jika menggunakan bahan tanam hasil perbanyakan vegetatif menjadi 2-3 tahun saja.

Nilai Gizi
Setiap 100 gr mengandung 67 gr air, 28,3 gr karbohidrat, 2,5 gr lemak, 2,5 gr protein, 1,4 gr serat serta memiliki energi sebesar 520 kj. Dan juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin C serta kalium, kalsium dan fosfor. Jadi, dengan memakan durian 100 gr, ini sama saja anda harus berolahraga jogging selama 30 menit untuk menyeimbangkan energi yang masuk dan yang keluar. #phew

Durian dianggap makanan yang "panas". Biasanya, musim durian biasanya terjadi bersamaan dengan musim manggis, yaitu buah yang dianggap mendinginkan badan. Dengan demikian, kedua buah kemudian dimakan bersama-sama. Namun secara ilmiah, tidak pernah dibuktikan bahwa durian makanan yang panas dan hanya bisa dinetralisir dengan meminum air dari ceruk durian yang telah kosong.

Kemungkinan yang paling logis adalah kandungan nutrisi yang padat dari durian, menjadikan orang sering makan berlebihan sehingga akhirnya mengalami kenaikan tekanan darah. Hal tersebut merupakan reaksi yang alamiah jika terlalu banyak memakan makanan apapun.

Jika buah ini adalah hal yang baru bagi anda dan membaca artikel ini jadi merasa waspada dan takut akan durian, saran saya "just go for it". Coba dulu, jika anda tidak pernah mencoba, anda tidak akan pernah tahu. (namun rupanya saran ini tidak berlaku buat anak saya yang tidak menyukai buah durian ini :D)