Tetap Sehat di Musim Hujan

Pergantian cuaca yang ekstrem dapat membuat tubuh kita mudah terserang penyakit. Selama musim hujan, penyakit mulai bermunculan seperti gangguan pencernaan, diare, cacingan dan bahkan leptospirosis.

Lembabnya udara meningkatkan penggunaan makanan berminyak, dan asin. Mudah lapar sehingga kita cederung makan lebih banyak, kemungkinan berat badan meningkat, gangguan metabolisme akibatnya kekebalan tubuh menurun.

Pada musim ini, beberapa sering merasa hidung mampet dan sesak napas karena meningkatnya kelembaban menjadikan suhu tubuh kita tidak nyaman dan timbul penyakit lain seperti flu dan asma atau bahkan jamur bagi kulit yang sensitif.
Agar tetap sehat, berikut tips yang dapat diikuti : 
  1. Kita sebaiknya makan makanan yang tidak terlalu berat dan mudah untuk dicerna. Makanan harus dikunyah dengan baik agar meringankan beban pencernaan.
  2. Usahakan tetap berolahrga. Lakukan pemanasan didalam ruangan sudah bagus untuk kesehatan anda. Lompat tali, stretching, sit up sudah membuat anda berkeringat dan menjaga suhu tubuh anda agar tetap hangat.
  3. Banyak minum air hangat. Boleh ditambah jahe. Hal ini kadang kurang dilakukan karena khawatir sering ke toilet yang dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih pada wanita.
  4. Hindari juga makan makanan pedas dan berminyak karena dapat membuat tenggorokan anda sakit dan berujung ke radang.
  5. Sediakan buah-buahan agar nutrisi vitamin anda tercukupi. Timun adalah buah yang sangat bagus bagi kesehatan anda karena mengandung fosfor (membantu fungsi ginjal untuk pencernaan).
  6. Anda bisa mencoba makanan tambahan seperti nutrishake by oriflame di jam-jam snack (jam 10-11 dan jam 3-4) agar asupan protein tetap terjaga dan menghindarkan kelebihan karbohidrat dari tepung (roti, nasi, biskuit, gula, kelebihan garam dan lemak).
  7. Jangan lupa sedia payung. Atau malah lebih baik lagi, jas hujan yang dapat melindungi anda dari basah karena angin yang kencang akhir-akhir ini.