Cara Pembudidayaan Kelengkeng Pingpong dan Keunggulannya

Mungkin anda sering mendengar keluhan masyarakat yang memiliki kelengkeng local tidak bisa berbuah, walaupun sdh umur puluhan tahun dan memang berita itulah yang sering kita dengar. Bahkan masyarakat masih belum percaya kehadiran kelengkeng yang bisa berbuah pada umur 2 tahun pada dataran rendah.




buah kelengkeng hasil budidaya di lahan kering KSB

Kelengkeng Pingpong luar biasa keunggulannya, beberapa kelebihannya antara lain :
Cocok ditanam di dataran rendah (lahan kering di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa) berbuah umur +/- 2 tahun.
Buah sangat besar (sebesar bola pingpong).
Satu tahun berbuah lebih dari satu kali.
Berbuah tidak mengenal musim, karena berbuah secara bergantian pada ranting-rantingnya.
Pohonnya pendek dan bercabang banyak
Dapat ditanam di lahan sempit/kecil.



Cara Penanaman dan Perawatan
Siapkan lubang ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm.
Media tanam yaitu pupuk kandang dan tanah dgn perbandingan 1:2 (minimal pupuk kandang atau kompos 10 Kg per lubang).
Tanah digalian atas ± 25 cm diletakkan sebelah kiri lubang dan sisanya (tanah bawah) diletakkan disisi kanan lubang.
Pupuk kandang dicampur rata dgn tanah sisi kiri lubang, kemudian dimasukkan dalam lubang dan disiram sampai basah, diamkan selama 1 minggu dan bibit siap ditanam.
Pemilihan lokasi penanaman pada lokasi yang terbuka, terkena matahari pagi dan siang (tdk dibawah pohon) jarak tanam ideal 6 x 6m. Untuk lahan pekarangan yg sempit bisa pakai 4 x 4 m.
Pemupukan dilakukan 3 kali dalam setahun. Jika ditanam dalam pot, menggunakan media tanam 2 : 1 : 1 (tanah : pupuk kandang : sekam).
Agar berhati-hati membeli bibit kelengkeng pingpong, banyak pemalsuan dgn menjual bibit local. ciri khas bibit yang asli daunnya oval keriting, tebal dan berwarna hijau tua.

hasil panen pertama budidaya kelengkeng pingpong

Produksi Buah Kelengkeng Pingpong
Tanaman kelengkeng pingpong sudah mulai berproduksi umur 2 tahun, dengan tinggi ± 2 meter bisa memproduksi 25 kg buah/pohon.
Umur 4 tahun apabila dirawat baik sdh bisa memproduksi buah ± 75 kg/pohon dan umur 5 tahun bisa memproduksi buah ± 150 kg/pohon. Harga 1 kg kelengkeng biasa di KSB mencapai Rp. 30.000,-
Untuk menciptakan buah unggulan NTB, kami mengajak para pengusaha dan petani di NTB untuk bersama-sama mengembangkan agribisnis buah-buahan unggulan khususnya menanam Kelengkeng Pingpong pada lahan pekarangan maupun kebun.Tagged with: buah tropiskelengkengkelengkeng ping pongkelengkeng pingpongklengkengklengkeng ping pongklengkeng pingponglengkenglengkeng ping ponglengkeng pingpong