Masalah saat Penggantian Flyback pada Tv Asatron

Persamaan untuk flyback JF0501-19188 adalah BSC25-0111 pada tv Asatron, seperti yang pernah saya lakukan saat penggantian flyback pada tv tersebut, yang dapat anda baca pada postingan sebelumnya klik disini.
Namun mengganti flyback JF0501-19188 dengan BSC25-0111 tidak langsung begitu saja tv menjadi normal 100%, melainkan saat tv dinyalakan maka gambar akan sedikit menyempit disebelah kiri dan kanan sekitar 0,5cm dan gambar kurang fokus atau agak buram.


Dan untuk mengatasi gambar menyempit, yang pertama anda lakukan adalah menambahkan kapasitor sekitar 1 nano Farad 2000volt atau biasa ditulis pada badan kapasitor 102.2Kv antara kaki kolektor transistor Horizontal dengan ground pada pcb, bila gambar masih kurang penuh anda bisa menambahkan lagi kapasitor ke dua102.2Kv secara paralel dengan kapasitor pertama.

Bila dengan penambahan kapasitor ke dua gambar malah terlalu lebar berarti kapasitor yang ke dua tersebut terlalu besar, anda bisa menurunkan/mengganti nilainya dengan 470 piko Farad 2000volt (tertulis 471.2Kv) atau dengan nilai yang lainnya untuk sedikit menyempitkan gambarnya sampai normal.

Catatan:
Untuk menambah lebar gambar, yaitu dengan cara menambah nilai dari kapasitor pada kolektor transistor horizontal dan ground.
Untuk menyempitkan gambar, yaitu dengan cara sebaliknya alias mengurangi nilai dari kapasitor tersebut, tapi ingat penggantiannya sedikit-sedikit supaya tidak terjadi lonjakan tegangan pada flyback.

Sedangkan untuk mengatasi gambar kurang fokus atau buram, anda harus mencari potensio fokus bekas tv jadul, biasanya pada tv jadul ini potensio untuk pengaturan fokusnya terpisah dengan flyback, lihat seperti di gambar di bawah.




Cara pemasangannya yaitu kabel Fokus dari flyback yang biasanya langsung masuk ke soket CRT sekarang masukan ke potensio tersebut seperti terlihat pada gambar diatas ditunjukan dengan kabel merah, sedangkan kabel yang hitam menuju ke Ground, dan yang putih menuju ke soket yang masuk ke kaki fokus CRT. Bila pemasangan sudah selesai putar potensio tersebut ke kiri berlawanan arah jarum jam sampai mentok untuk menjaga supaya tegangan fokus yang keluar tidak berlebihan, sekarang coba nyalakan tv-nya dan atur potensio tersebut dan potensio fokus yang ada di flyback sampai mendapatkan gambar yang fokus atau tidak buram.
Mungkin itu saja solusi untuk mengatasi permasalahannya yang bisa saya sampaikan.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Blogger templates

sponsor