Raster Cacat Tv China

 

Siang ini dapet panggilan service tv di rumahnya Bu Yatni,Sambirembe,Karangrejo,Magetan.Tv nya produksi China dengan label PLASMA dengan kerusakan gambar yang di hasilkan abnormal yaitu gambar berbentuk bidang trapesium,gambar bagian atas lebih lebar daripada bagian bawah,dimana gambar dipenuhi oleh garis-garis horizontal.Awalnya saya menduga kerusakan pada defleksi bagian horizontalnya short atau terbakar,tapi setelah saya lepas defleksi dari leher CRT hmmmm.....nggak ada tanda-tanda kerusakan ataupun terbakar pada defleksinya,akhirnya saya pasang kembali ke CRT.Pekerjaan saya lanjutkan ke penyolderan ulang pada bagian FBT dan sekitarnya,kemudian tv coba saya nyalakan dan.........ada yang merokok(ngebul) di dekat TR horizontal(he he sory Kang Sarif istilahnya saya pinjem sebentar).Spontan langsung saya cek komponen yang merokok tadi,ternyata L441=37UH yang letaknya disamping soket kabel defleksi short yang akhirnya terbakar.Setelah penggantian komponen tersebut tv pun bisa normal kembali.Asyik Bayaran Lagi...he he he ALHAMDULILLAH!!