TV Cina Wcom mati



Lama udah gak posting dikarenakan banyaknya aktivitas dan kesibukan, sebelumnya mohon ma'af kepada para pembaca yang sudah singgah di blog ini. Kali ini saya Lagi ngerjain TV mesin china dari seorang teman yang kebetulan juga service, karena kesulitan dan dianya agak repot jadi dilempar kerjaanya ke tempat saya. Kerusakannya umum yaitu tvnya mati. Setelah kuperiksa, jaringan regulator tidak bekerja, tegangan di elco 220 uf/400 volt normal tapi di ouput trafo regulator tegangan kosong.Kapan dilepas tegangan dari stock kontack, tegangan elco masih nyimpan dan tidak mau habis.




Transistor regulator, driver dan osilatornya normal (tidak rusak) begitu ujarnya, selanjutnya aku periksa tahanannya satu persatu nilainya tidak ada yang berubah. Pemeriksaanku sampai pada dioda-diodanya sampai aku menemukan kejanggalan pada satu dioda VD517 sebuah dioda silicon 1 ampere yang ternyata banyak. Umpan kalau dioda ini kurang menjadi perhatian dikarenakan letaknya yang tertutup resistor 2 watt dengan nilai 68 ohm. Tidak lama-lama langsung aku lepas dan kuganti, alhasil tv menyala dengan sempurna.