9 Tanaman Penyerap Polusi

Meskipun tanaman hijau dikatakan bisa memperbaiki ekosistem lingkungan, tetapi ada beberapa tanaman yang mempunyai nilai lebih dibandingkan tanaman hijau lainnya. Salah satu nilai lebihnya antara lain dapat menghambat polusi, menarik perhatian burung-burung, ataupun mendeteksi tingkat polusi udara. Berikut adalah bebarapa tanaman anti polusi.

1. Pohon Dadap Merah


Jenis tanaman ini sangat baik apabila ditanam di halaman terbuka, seperti di pekarangan rumah ataupun di pinggir jalan. Karena pohon dadap merah ini, bisa mendatangkan para burung, yang suka sekali menyantap buah si dadap merah.

2. Pohon Kelengkeng

Sebagian besar pasti tahu bagaimana nikmatnya rasa dari buah kelengkeng. Tetapi, ada beberapa fakta yang belum anda ketahui tentang buah khas Indnnesia ini, yaitu pohon kelengkeng dapat meredam polusi suara. Inilah sebabnya pada suatu pabrik yang menggunakan genset, lebih baik menanam pohon ini untuk meredam suara bising yang dihasilkan oleh genset tersebut.

3. Bungur dan Mahoni

Pohon ini dikenal dengan manfaatnya yang dapat menyerap polutan udara seperti timbal. Maka kedua pohon ini sebaiknya ditanam di kota besar seperti Jakarta, serta di jalan protokol yang padat akan aktivitas lalu lintas.

4. Bunga Warna-warni

Tanaman satu ini bisa menyegarkan mata layaknya bunga berwarna-warni yang dapat mencerahkan pikiran kita. Bunga warna-warni sangat cocok apabila ditanam di rumah sakit agar mempercepat kesembuhan pasien.

5. Lumut

Jenis tumbuhan satu ini mempunyai manfaat dalam mendeteksi tingkat polusi di suatu daerah. Apabila suatu tempat semakin banyak ditumbuhi oleh tumbuhan ini, bearti semakin baik kualitas udara di tempat itu.

6. Tanaman Sirih Belanda

Jenis tanaman ini bisa tumbuh dimana saja, termasuk bisa ditanam dalam pot. Manfaat dari tanaman ini adalah mampu menyerap formaidehida serta benzene. Rumah pun akan terasa lebih segar, apabila tumbuhan ini ditanam di sekitar perkarangan rumah.

7. Kembang Sepatu

Kembang sepatu terkenal dengan bisa menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru menjadi bersih. Tetapi jangan pernah, menaruh tanaman ini berdekatan dengan ruang radiografi, karena tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi, sehingga sangat berbahaya apabila ditanam berdekatan dengan ruang radiografi.

8. Sansevieria

Kalau sebelumnya, kembang sepatu berfungsi untuk melanjutkan radiasi berbeda halnya dengan tanaman sansevieria yang mampun menyerap 107 jenis racun termasuk polusi udara.

9. Pohon Trembesi

Pohon satu ini mampu menyerap karbondioksida dalam skala yang besar, sehingga sangat danjurkan ditanam sebagai pohon penghijauan. Meskipun begitu, pohon ini membutuhkan lahan yang luas.